Sempat viral karena keindahannya, Coban Nirvana kini malah gersang dan terabaikan - WisataHits
Jawa Timur

Sempat viral karena keindahannya, Coban Nirvana kini malah gersang dan terabaikan

INDOZONE.ID – Kabupaten Malang, Jawa Timur tak hanya terkenal dengan pantai dan puncak bukitnya. Namun juga menyimpan banyak tempat wisata lainnya seperti air terjun. Pemerintah Kabupaten Malang dan warga sekitar mulai menyadari potensi air terjun (Coban) sebagai objek wisata.

Salah satunya seperti Air Terjun Nirvana atau Coban Nirvana. Terletak di Desa Sumberbendo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Jarak ke coban ini adalah 1,5 jam dengan sepeda motor dari pusat kota Malang.

coba nirwanaCoban Nirwana kering dan terabaikan. (Z Pencipta/Rani Rachmania)

Kreator Tim Z, Rani Rachmania mencoba melacak Coban Nirvana yang beberapa tahun lalu viral di media sosial karena keindahan alamnya. Berbekal google map dan sesekali meminta warga sekitar untuk menuju coban ini.

Dari tempat parkir motor anda harus berjalan kaki melewati semak belukar di jalan yang cukup terjal untuk sampai ke lokasi. Tidak ada penarik tiket sama sekali di depan pintu masuk. Suasananya sangat tenang.

coba nirwanaCoban Nirwana kering dan terabaikan. (Z Pencipta/Rani Rachmania)

Menurut warga sekitar, coban ini dikelola secara swadaya. Akibat konflik internal antar warga dan dampak pandemi Covid-19, Coban Nirwana belum dilayani.

Saat Anda tiba di Coban Nirvana, Anda akan disambut dengan tumpukan bebatuan yang diselimuti lumut. Namun, saya tidak melihat hujan deras kali ini karena baru memasuki musim kemarau yang mengurangi debit air.

coba nirwanaCoban Nirwana kering dan terabaikan. (Z Pencipta/Rani Rachmania)

Tapi di Coban Nirvana sangat cocok untuk spot foto. Karena coban ini dikelilingi tanaman hijau, latar belakang bebatuannya tertata rapi dan warna airnya jernih.

Jika Anda ingin mengunjungi Coban Nirvana, disarankan pada musim hujan karena debit airnya tinggi dan pancuran air terjunnya tampak deras. Anda juga perlu berhati-hati karena akses ke ujian ini naik turun dan licin.

Artikel menarik lainnya:

Buat cerita lucumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button