Warga Gasol Cianjur memposting pesan “Ini bukan wisata bencana”, sindiran, orang hanya datang foto - WisataHits
Jawa Barat

Warga Gasol Cianjur memposting pesan “Ini bukan wisata bencana”, sindiran, orang hanya datang foto

Laporan wartawan tribunnews.com Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Warga Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat, memposting pesan di media kardus bertuliskan “Ini bukan wisata bencana,” Kamis (24/11/2022).

Pesan tersebut, dikutip dari siaran langsung TribunJabar di Facebook, dipasang di pinggir salah satu jalan dengan menggunakan kardus dan sebatang bambu.

Berita ini merupakan sindiran bagi masyarakat yang baru saja mengunjungi atau melewati lokasi bencana gempa bumi di beberapa wilayah Cianjur termasuk desa Gasol, namun hanya untuk melihat-lihat dan mengabadikan momen tersebut melalui foto dan video.

“Sebenarnya tim kami membuat postingan ini karena kami tidak tahu apakah orang benar-benar ingin berdonasi atau hanya ingin mendapatkan lebih banyak pengikut atau apa yang tidak kami mengerti untuk tujuan mereka tetapi kami mencoba untuk berpikir positif tetapi sebenarnya banyak penduduk lokal. dan relawan di lokasi, rasakan seperti apa,” kata salah satu relawan, Eka, di lokasi, Kamis.

Baca Juga: Empat Korban Gempa Meninggal Saat Dirawat di RSUD R Syamsudin Sukabumi

Pesan ini, kata Eka, sengaja dibuat untuk mengingatkan bahwa kegiatan “wisata bencana” tidak baik di tengah situasi saat ini.

Karena itu, dia meminta semua orang yang lewat untuk menunjukkan simpati dan menahan diri untuk tidak pergi ke lokasi bencana jika hanya untuk mengambil foto.

Baca juga: Rohmat Harus Berpisah dengan Bayinya Usai Melahirkan di Tenda Pengungsi Gempa Cianjur

“Makanya kami memasang benda ini untuk mengingatkan diri sendiri bahwa ketika saudara-saudara kita tertimpa bencana, tidak baik hanya memposting atau memfilmkan saja. Apalagi banyak mayat yang beredar di media sosial, tanpa blur, tanpa sensor, mereka posting. Sebagai manusia, marilah kita memiliki sedikit welas asih di dalam hati, apa implikasinya? yang kami posting untuk keluarga korban. Tolong jangan pikirkan dirimu sendiri,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button