Sandiaga Uno siap mendukung anggaran Ijen Geopark Bondowoso - WisataHits
Jawa Barat

Sandiaga Uno siap mendukung anggaran Ijen Geopark Bondowoso

Sandiaga Uno siap mendukung anggaran Ijen Geopark Bondowoso

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Tidak ada anggaran pengembangan Geopark Ijen di Bondowoso pada tahun 2023 terkait dengan Ijen Geopark Day Management (PHIG).

Bahkan jika sertifikat dari UNESCO Global Geopark (UGG) akan segera diserahkan. Kegiatan percepatan, pemberdayaan dan pengembangan harus terus dilakukan.

iklan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan siap membantu melalui anggaran pusat. Hal itu disampaikan Sandiaga Uno saat berkunjung ke kantor PHIG sekaligus TIC Ijen Geopark Bondowoso pada Minggu 15 Januari 2022.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Departemen Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM). Pihaknya juga siap mendukung pemerintah daerah agar bisa mempertahankan status yang akan segera disahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno juga melihat Geopark Week. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap dua minggu sekali. Menurutnya, memang ada kendala anggaran pascapandemi Covid-19. Ia bersedia berkomunikasi dengan Kementerian ESDM untuk mendapatkan dana melalui sport tourism.

“Ada Geopark Run, ada Geopark ecotourism. Kami juga akan melibatkan pelaku ekonomi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga mendukung pengembangan Ijen UGG yang sudah melalui tahapan-tahapan sebelumnya. Pembenahan Geopark Ijen, kata Sandi, bukan hanya tugas pemerintah. Tapi itu juga tugas semua orang.

“Jangan terpecah belah, jangan saling menyalahkan,” tambahnya.

Jika sertifikat diserahkan secara resmi oleh UGG, dia yakin akan semakin banyak wisatawan yang datang.

Menurutnya, hal ini dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). “Akhirnya anggaran cukup untuk pengembangan Geopark Ijen di Bondowoso,” jelasnya.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button