20 Tempat Wisata di Yogyakarta untuk Liburan Super Lengkap - WisataHits
Yogyakarta

20 Tempat Wisata di Yogyakarta untuk Liburan Super Lengkap

20 Tempat Wisata di Yogyakarta untuk Liburan Super Lengkap

jakarta

Yogyakarta selalu menjadi salah satu tujuan wisata paling populer untuk keluarga. Nah, itulah 20 tempat yang wajib dikunjungi jika datang ke Yogyakarta untuk berlibur.

detikcom telah merangkum tempat wisata Yogyakarta mulai dari pantai hingga kuliner yang wajib dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta.

1.Malioboro

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Berkunjung ke Yogyakarta tidak cukup jika tidak melewati Malioboro. Jalan ikonik dengan Yogyakarta ini menawarkan banyak hal menarik untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan membeli aneka baju tie-dye atau sekadar jalan-jalan santai.

Selain itu, kendaraan kini tidak bisa lagi melintas di kawasan Malioboro, sehingga Anda dapat berjalan-jalan santai di sekitar kawasan ini tanpa perlu khawatir dengan kendaraan yang melintas. Coba juga kuliner malam disana.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan Foto: Getty Images/iStockphoto/zodebala

Salah satu candi yang bisa dikunjungi di Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Candi yang indah dan megah ini merupakan salah satu bukti peninggalan agama Hindu di Indonesia.

Untuk memasuki kawasan Candi Prambanan, traveler perlu membeli tiket, dewasa Rp 50.000, anak-anak hanya Rp 25.000. Akses menuju Candi Prambanan sangatlah mudah karena berada di jalur utama Yogyakarta-Solo.

3. Pusat Buku Belanja Yogyakarta

Terletak di belakang taman pintar, Jogja Shopping Book Center juga terkadang dianggap sebagai bagian dari taman pintar oleh banyak wisatawan. Mengapa tempat buku itu menjadi tempat wisata?

Ya, karena di tempat wisata ini Anda bisa berbelanja sekaligus berwisata. Anda bisa berburu foto, memanfaatkan suasana berkelas khas toko buku di sini.

Selain itu, berbagai buku menarik ada di sini, mulai dari buku sekolah, ceramah, pembaca, hingga buku langka dan sulit ditemukan. Harganya juga sangat murah disini, karena banyak toko di Shopping Book Center yang menawarkan buku bekas.

4. Bukit pasir

Destinasi anti mainstream ini dijuluki Sand Dune. Di sini Anda bisa berselancar di pasir. Cantik atau? Anda juga bisa mengambil foto ala gurun pasir di Dubai sambil menikmati sand boarding.

Gumuk pasir ini terletak di Gumuk Pasir Parangkusumo di Jl. Pantai Parangkusumo Rt. 1, Grogol 10, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dengan kendaraan umum, Anda bisa menuju gumuk pasir Pantai Parangkusumo dengan bus Jogja – Parangtritis. Untuk memasuki kawasan ini, traveler akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000.

5. Pinus Pengger

Sejumlah wisatawan bermain di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018).  Menawarkan spot foto yang unik dan menikmati pemandangan dari atas bukit, hutan pinus menjadi tujuan wisata alternatif bagi wisatawan dari Yogyakarta ke daerah sekitarnya.Sejumlah wisatawan bermain di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018). Menawarkan spot foto yang unik dan menikmati pemandangan dari atas bukit, hutan pinus menjadi tujuan wisata alternatif bagi wisatawan dari Yogyakarta ke daerah sekitarnya. Foto: Pradita Utama

Bantul punya hutan pinus yang cocok buat instagram namanya Pinus Pengger. Pinus Pengger tidak hanya menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, tapi juga banyak spot foto yang Instagramable. Ada tujuh spot foto dengan bentuk yang berbeda antara lain telapak tangan, jempol dan jembatan setengah lingkaran.

Untuk mencapai tempat wisata yang terletak di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini, pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan darat sejauh 23 kilometer dari jantung kota Yogyakarta menuju Desa Mangunan, Dlingo.

6. Jurang Tembelan

Ngarai Tembelan merupakan salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk menikmati pemandangan yang sangat indah dan luar biasa. Ngarai Tembelan memiliki keunikan dengan tampilan deck atau viewpoint yang menyerupai kapal.

Traveler bisa menikmati berbagai pemandangan alam sambil minum kopi atau menikmati makanan di warung-warung makan di kawasan Ngarai Tembelan. Ngarai Tembelan terletak di Mangunan, Dlingo, Bantul.

7. Taman Pendidikan Sindu Kusuma

Taman Pendidikan Sindu KusumaSindu Kusuma Edupark Foto: Widi Arini/d’Traveler

Bagi Anda yang mencari wisata dekat kota, Sindu Kusuma Edupark bisa menjadi pilihan liburan Anda. Sindu Kusuma Edupark merupakan taman rekreasi wisata yang sangat populer di kalangan traveler di Jogja.

Di dalamnya terdapat berbagai wahana, seperti bioskop 3D, kereta hantu, mobil boom-boom, flying fox, sepeda, kolam renang, bahkan bianglala. Bianglala raksasa menjadi favorit para traveller karena bianglala ini berukuran sangat besar sehingga memungkinkan Anda untuk melihat keindahan suasana Jogja dari ketinggian.

Berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark selalu menyenangkan bersama keluarga atau pasangan.

8. Tirta Budi atau Blue Lagoon

Bagi yang ingin bermain air di Yogyakarta bisa datang ke Pemandian Tirta Budi atau dikenal dengan Blue Lagoon. Seperti namanya, Blue Lagoon karena airnya berwarna biru dan jernih seperti oasis di padang pasir.

Pemandian ini berupa kolam yang tidak terlalu besar, yang di tengahnya terdapat pancuran kecil yang airnya mengalir dari batang bambu. Pemandian ini dulunya digunakan oleh penduduk setempat untuk aktivitas sehari-hari, namun karena keindahan tempat ini, banyak orang yang tertarik untuk berkunjung dan mandi di sana.

Meski kolam di Blue Lagoon tidak besar, namun ada yang unik di sini, yaitu adanya ikan-ikan kecil di dalamnya. Saat tubuh kita memasuki kolam ini, bersiaplah untuk pasukan ikan kecil mendekat.

9. Taman Bunga Matahari

Anda yang suka berfoto bisa datang ke Taman Bunga Matahari yang terletak di Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta. Lokasi sangat dekat dengan pantai dan sepanjang jalan dekat pantai terdapat taman bunga matahari.

Di sana kamu bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan background bunga matahari yang tinggi. Anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah untuk tiket masuknya. Ada juga alat peraga seperti topi, kaca mata dan lain-lain untuk berfoto.

10. Bunker Kaliadem

Tempat wisata alam Yogyakarta di Sleman ini menyuguhkan keindahan alam yang sejuk, dingin dan seru. Di sini Anda bisa langsung melihat pemandangan keindahan di bawah Gunung Merapi.

Untuk memasuki kawasan Bunker Kaliadem, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Di sini traveler bisa memilih melihat bunker dan pemandangan Gunung Merapi atau menjelajahi kawasan dengan jeep.

11. Pantai Parangtritis

Suasana di Pantai Parangtritis, Bantul, DIY, Jumat (4/1/2022).Suasana Pantai Parangtritis Bantul DIY foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Salah satu pantai yang paling populer di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini memiliki keunikan dengan ombak yang besar dan gunungan pasir yang mengelilingi pantai yang biasa disebut gumuk pasir.

Pantai ini terletak di Desa Kretek, Kretek, Bantul. Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp10.000.

Selain menikmati pantai berpasir, traveler bisa menunggu sore di sini. Baik dengan duduk-duduk menikmati buah kelapa muda, bermain air atau mengendarai becak di sekitar pantai.

Selanjutnya Tebing Breksi Yogyakarta Tour.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button