Rute, tempat, harga tiket, tips - WisataHits
Yogyakarta

Rute, tempat, harga tiket, tips

Saat berwisata ke Gunungkidul, kurang lengkap rasanya jika tidak berwisata ke pantai. Gunungkidul memiliki banyak tempat wisata pantai yang populer harta karun tersembunyi itulah tujuan wisatawan. Satu dari harta karun tersembunyi Wisata yang menarik adalah Pantai Watunene. Pantai ini terletak di antara Pantai Seruni dan Pantai Poktunggal.

Pantai Watunene adalah pantai baru yang tersembunyi di balik tebing tinggi. Karena letaknya yang tersembunyi, pantai ini mirip dengan pantai-pantai di Bali dan juga dikenal sebagai alam mimpi Gunungkidul lho. Daripada penasaran, ini dia beberapa informasi tentang Pantai Watunene!

1. Lokasi, Jam Operasional dan Harga Tiket

Pantai Watunene Gunungkidul: rute, tempat, harga dan tipsPantai Watunene (instagram.com/anifathul_)

Lokasi: Padukuhan Ngasem, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: Buka 24 jam

harga tiket:

  • Tiket masuk kawasan pantai Rp 10.000
  • Parkir Rp 5.000
  • Parkir motor Rp2.000

2. Rute menuju tempat wisata

Pantai Watunene Gunungkidul: rute, tempat, harga dan tipsPantai Watunene (instagram.com/egysitorus)

Anda bisa mengambil jalur menuju Pantai Watunene dengan menggunakan jalur di pantai lain di Gunungkidul yaitu melalui Jalan Jogja-Wonosari. Setibanya di Wonosari, Gunungkidul, Anda harus mengambil jalur selatan menuju Baron. Setibanya di Mulo-T Junction, ambil jalur ke kiri menuju Desa Tepus dengan berkendara mengitari Geopark Ngingrong melewati Hutan Rakyat.

Lurus terus hingga sampai di pertigaan SMA 1 Tepus, lalu belok kiri menuju Tepus. Setelah itu ambil jalur ke kanan menuju Pantai Poktunggal dan Pantai Indrayanti. Lurus dan ikuti jalan, akan ada plang menuju pantai Seruni. Pantai Watunene terletak sebelum mencapai Pantai Seruni, Gunungkidul.

Saat tiba di Pantai Seruni, akses menuju Pantai Watunene adalah melalui jalan setapak di sisi barat Pantai Seruni. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di tempat parkir Pantai Seruni. Dari Pantai Seruni perjalanan dilanjutkan dengan mengikuti jalan setapak mendaki bukit sebelah barat Pantai Seruni.

Pengunjung harus lebih berhati-hati karena jalannya cukup sempit dan berada tepat di tepi tebing. Berkendaralah hingga pengunjung tiba di puncak bukit dan melihat pemandangan kawasan Pantai Watunene yang tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya.

Baca Juga: Destinasi Pantai Watu Nene Gunungkidul yang Masih Perawan

3. Fasilitas di Tempat Wisata

Pantai Watunene Gunungkidul: rute, tempat, harga dan tipsPantai Watunene (instagram.com/nencywulan)

Pantai Watunene merupakan pantai baru yang masih kekurangan fasilitas. Namun Anda tidak perlu khawatir, pantai-pantai di sekitarnya telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang yang dapat digunakan wisatawan untuk berlibur, antara lain:

  • Parkir Kendaraan
  • daerah berkemah
  • kamar mandi umum
  • warung makan
  • akomodasi
  • Sewa Jeep
  • Spot foto menarik

4. Keindahan yang tersembunyi di balik tebing

Pantai Watunene Gunungkidul: rute, tempat, harga dan tipsPantai Watunene (instagram.com/zia_muhammad15)

Pantai Watunene terletak di antara Pantai Seruni dan Pantai Poktunggal yang memiliki keindahan alam yang indah dikelilingi oleh bebatuan besar yang mengelilingi pantai. Selain itu, kawasan di sekitar Pantai Watunene juga dikelilingi oleh bebatuan karst yang cukup tinggi. Batuan karst yang memiliki ketinggian sekitar 100 m ini menjadikan Pantai Watunene sebagai surga tersembunyi.

Panoramanya terlihat menakjubkan jika dilihat dari ketinggian. Anda dapat mendaki ke puncak tebing karst melalui jalur menanjak. Berada di atas tebing karst Anda bisa menikmati pemandangan sambil berfoto dan menikmati keindahan sunset yang mempesona. Dikelilingi oleh tebing dan bebatuan, Watunene Panti memiliki pemandangan yang indah seperti berada di Pantai Dreamland Bali yang sudah terkenal di luar negeri.

Karena tidak begitu ramai, Anda bisa menikmati kawasan pantai ini dengan leluasa dengan bermain di pantai, berfoto-foto, memancing dan berkemah di sini.

5. Tips liburan yang menyenangkan

Pantai Watunene Gunungkidul: rute, tempat, harga dan tipsPantai Watunene (instagram.com/bagassaditama)

Bagi anda yang berencana berwisata ke Pantai Watunene Gunungkidul. Berikut adalah beberapa tips liburan yang menyenangkan dan aman untuk digunakan pada liburan Anda berikutnya!

  • Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Watunene adalah pada pagi atau sore hari untuk merasakan indahnya pemandangan wisata yang satu ini
  • Datanglah saat cuaca cerah dan hindari datang saat mendung atau musim hujan
  • Selalu gunakan krim matahari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Bawa perlengkapan atau perbekalan pribadi, karena warung di tempat wisata masih sedikit
  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen seru di Pantai Watunene
  • Untuk membuat liburan Anda lebih seru dan tak terlupakan, ajak teman, keluarga dan teman-teman

Tertarik untuk mengunjungi Pantai Watunene di Gunungkidul?

Baca juga: Pantai Gunungkidul Gesing: Rute, Tempat dan Tips Liburan

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button