Tips liburan hemat di Jember - WisataHits
Jawa Timur

Tips liburan hemat di Jember

Tips liburan hemat di Jember

Siapa yang tidak mengenal Jember. Daerah ini terkenal dengan Jember Fashion Carnaval dan tembakaunya sampai ke pasar dunia. Jember juga memiliki banyak destinasi wisata alam terutama pantai karena berbatasan langsung dengan Laut Selatan atau Samudera Hindia. Daya tarik alamnya yang mempesona menjadikan kawasan ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai tujuan liburan.

Bagi anda yang ingin mencoba liburan atau backpacker Hemat untuk Jember, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti di bawah ini!

1. Mengunjungi wisata gratis atau murah seperti pantai atau kebun teh

6 tips liburan hemat jember, cocok untuk backpackingPantai Papuma Jember (Instagram/jemberawesome)

Jika Anda sedang berlibur hemat, sesuatu yang murah atau bahkan gratis pasti akan sangat menarik! Nah, di Jember sendiri ada banyak wisata gratis dan populer yang bisa kamu kunjungi saat liburan hemat. Beberapa tempat wisata gratis tersebut adalah Alun-alun Jember, Pantai Watu Ulo, Pantai Tanjung Papuma, Air Terjun Tancak, Air Terjun Antrokan, Situs Duplang, Museum Surat, Taman Kota Sumbersari, Kampung Durian Panti dan masih banyak lagi lainnya.

Selain mengunjungi tempat wisata gratis, Anda juga bisa menikmati liburan di Jember di tempat wisata murah yang menarik dan menjadi lebih eksis dengan berfoto di tempat wisata tersebut.

Wisata dengan tiket di bawah Rp 15.000 di Jember antara lain Pantai Payangan, Love Bay, Taman Dira, Pantai Asmara, Taman Nasional Meru Beriti, Museum Tembakau, Kebun Teh Gunung Gambir dan masih banyak lagi lainnya.

2. Gunakan transportasi kereta api

6 tips liburan hemat jember, cocok untuk backpackingAngkutan Kereta Api (Instagram/Jember Charme)

Bagi Anda yang tinggal jauh dari Kota Jember, Anda bisa mengunjungi Kota Tembakau menggunakan kereta api karena biaya perjalanannya lebih murah.

Jember memiliki banyak stasiun yang dilewati kereta api jarak menengah dan jauh, seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Purwokerto, Surabaya, Malang, dan Banyuwangi. Terdapat 9 stasiun di Jember yaitu Stasiun Jember, Stasiun Arjasa, Bangsal Sari, Stasiun Mangli, Garahan, Stasiun Rambipuji, Tanggul, Stasiun Kereta Api Kalisat dan Stasiun Ledokombo. Banyaknya stasiun ini akan memudahkan Anda dalam memilih destinasi wisata.

3. Angkutan umum di Jember kurang membantu, sewa sepeda motor saja

6 tips liburan hemat jember, cocok untuk backpackingIlustrasi persewaan sepeda motor (freepik.com/prostooleh)

Tentunya setelah naik kereta, Anda perlu menyewa kendaraan agar bisa menjelajahi keindahan kota karnaval ini. Maklum, angkutan umum kurang mendung di sini. Anda dapat menyewa sepeda motor jika berlibur dengan kurang dari 4 orang.

Beberapa rental motor murah di Jember adalah Rental Motor Retrocakti Jember, Rental Motor GeJe Jember, Pegasus Motorent, Rental Blackjeck, Trans Journal dan Rental Motor Sky Jember.

Namun jika anda berlibur lebih dari 5 orang maka sewalah mobil dari perusahaan rental mobil murah dan dapatkan unlock atau gunakan driver seperti Rafael Rent Car, Gund Rock Travelling, Cahaya Rent Car, Laura Rent Car dan Mandiri Rent Automobile.

Baca Juga: 5 Rumah Makan Jember yang Buka Sampai Larut Pagi

4. Pesan hotel di dekat Alun-alun Jember

6 tips liburan hemat jember, cocok untuk backpackingAlun-alun Jember dilihat dari atas (Instagram/pemonajember)

Tidak banyak penginapan di dekat tempat wisata Jember, jadi Anda bisa menginap di kawasan Jember Alun-alun. Ada banyak hotel murah yang bisa Anda temukan. Selain itu, Anda juga semakin dekat dengan wisata gratis seperti Alun-alun Jember.

Hotel dekat Alun-alun Jember dengan rate di bawah Rp 200.000 antara lain Lestari Hotel & Resto, JC Hotel Jember, Hotel Karunia, Hotel Ebizz, Mitra Guest House dan Demasto Homestay.

5. Cari warung makan tradisional atau yang dekat kampus

6 tips liburan hemat jember, cocok untuk backpackingSoto Ayam Dahlok Jember (Instagram/ketostepup)

Anda tidak perlu khawatir tentang makanan. Jember merupakan salah satu tempat dengan harga makanan yang murah. Ada beberapa kuliner khas yang bisa Anda coba di sana seperti Sup Ayam Dahlok seharga 10.000 rupiah, Pecel Pincuk Garahan, Pia Tape, Mie Rahma dan makanan lain yang tersedia di warung tradisional lokal atau di dekat kampus di Jember.

6. Jika ingin memiliki oleh-oleh yang harganya bisa nego, lebih baik ke Pasar Tanjung

6 tips liburan hemat jember, cocok untuk backpackingPasar Tradisional Tanjung Jember (Instagram/charmjember)

Jika Anda sedang berlibur hemat di Jember, tidak ada salahnya membeli barang atau oleh-oleh di pasar tradisional. Salah satu pasar terlengkap di Jember adalah Pasar Tanjung. Barang-barang di sana cukup lengkap dan harga bisa dinegosiasikan.

Namun jika ingin mengunjungi pusat oleh-oleh di Jember, cobalah untuk mengunjungi pusat oleh-oleh di Jember yang terkenal dengan harga yang murah seperti Toko Primadona, Taste of Souvenirs, Toko Sari Rasa, Toko Oleh-Oleh Purnama Jati dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang suka backpacking atau liburan hemat, maka wajib banget mengunjungi salah satu kabupaten besar di Jawa Timur yang kaya akan tradisi, budaya, dan keindahan alamnya. Jadi jangan lewatkan liburan seru Jember hanya dengan budget pas-pasan!

Baca Juga: 8 Kafe Populer di Jember, Obat Tahun Baru

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button