RS Telogorejo SMC Gelar Seminar Kesehatan Lindungi diri dan keluarga melalui vaksinasi - WisataHits
Jawa Tengah

RS Telogorejo SMC Gelar Seminar Kesehatan Lindungi diri dan keluarga melalui vaksinasi

RS Telogorejo SMC Gelar Seminar Kesehatan Lindungi diri dan keluarga melalui vaksinasi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Semarang Medical Center (SMC) Rumah Sakit Telogorejo (RS) mengadakan seminar kesehatan “Lindungi Diri Anda dan Keluarga Melalui Vaksinasi”.

Seminar berlangsung pada Kamis (12/1/2023) mulai pukul 09.00 WIB di ruang serbaguna Mezzanine SMC RS Telogorejo.

Acara ini dipandu oleh Faizal Arif Dramawan selaku Service Manager, Humas dan Digital Marketing Rumah Sakit SMC Telogorejo untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya vaksinasi bagi wisatawan mancanegara.

Kegiatan ini juga memberikan rekomendasi vaksinasi dewasa dan anak serta dihadiri oleh biro perjalanan wisata dan umrah.

“Selain pembukaan kembali penerbangan internasional, vaksinasi merupakan salah satu hal terpenting saat ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebelum bepergian ke luar negeri,” ujarnya kepada Tribun Jateng.

Andreas menambahkan, vaksinasi merupakan bagian dari imunisasi aktif untuk membuat tubuh memproduksi antibodi terhadap penyakit tertentu.

Hal ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk mengurangi potensi penularan penyakit dan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Vaksinasi.

Pasal 9 menjelaskan tentang vaksinasi khusus dan situasi khusus bahwa setiap orang yang masuk atau keluar dari negara endemis atau negara tertular, atau memerlukan vaksinasi khusus, harus memiliki International Certificate of Vaccination (ICV).

Seminar tersebut juga menjelaskan pentingnya memilih fasilitas vaksinasi yang tepat bagi wisatawan mancanegara.

Vaksinasi atau imunisasi tidak hanya penting untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak.

“Dalam seminar ini Dr. Vira Ari Nindia Dewi, Sp.A selaku dokter spesialis anak RS Telogorejo SMC menjelaskan vaksinasi dasar dan rekomendasi vaksinasi untuk anak,” jelas Faizal.

Sambutan tersebut disampaikan oleh H. Musta’in Ahmad, SH, MH, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Pemaparan materi pertama dilakukan oleh Dr. Hans Aditya Suwignjo, MH sebagai Dokter Kontrol Medis dan dr. Vira Ari Nindia Dewi, Sp.A., sebagai dokter anak.

“Salah satu layanan kesehatan di RS Telogorejo SMC adalah Klinik Vaksin yang terletak di Lobby Gate 2 atau SIM Square,” kata dr. Hans.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button