Rekomendasi Destinasi Wisata Religi di Sukabumi - WisataHits
Jawa Barat

Rekomendasi Destinasi Wisata Religi di Sukabumi

Sukabumi.Suara.com – Sukabumi memiliki pesona tersendiri yang wajib dikunjungi oleh masyarakat. Kota ini tidak hanya memiliki tempat wisata alam atau kuliner khas, tetapi juga berbagai bentuk objek wisata lainnya, salah satunya wisata religi.

Apa saja destinasi wisata religi di Sukabumi? Berikut rekomendasinya:

1. Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman Sukabumi [Instagram.com/sukabumi_]Masjid Baiturrahman, Sukabumi (Sumber: Instagram.com/sukabumi_)

Masjid ini dapat dikunjungi tidak hanya untuk komunitas muslim tetapi juga untuk masyarakat umum. Masjid ini terletak di Desa Cibogo, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Masjid Baiturrahman sering digunakan oleh banyak wisatawan sebagai tempat istirahat dan wisata religi. Masjid dengan ratusan anak tangga ini berdiri di atas lahan seluas satu hektar dengan gaya arsitektur seperti Masjid Wali Songo.

Baca Juga: Ingin Menguji Pria, Ini Tips Mengetahui Dia Cemburu atau Tidak

2. Nam Hai Kwan Se Di Kuil Pu Sa

Biara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, Sukabumi [Foursquare/antz]Biara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, Sukabumi (Sumber: Foursquare/antz)

Selain itu, wisata religi di Sukabumi adalah vihara. Vihara ini terletak di Desa Cibutun, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa atau yang lebih dikenal dengan Vihara Dewi Kwan Im ini dibangun oleh “Mama Airin”, seorang wanita etnis Thailand yang menjadi warga negara Indonesia. Biara ini digunakan sebagai tempat persembahyangan bagi umat Buddha, khususnya Buddha Thailand.

Klenteng Dewi Kwan Im terletak di atas bukit dengan pemandangan laut dan Pantai Loji yang indah dan mempesona.

Untuk mencapai puncak terdapat 8 lantai dengan sekitar 400 anak tangga yang harus dilalui untuk menikmati puncak Vihara Dewi Kwan Im ini.

3. Museum Islam Prabu Siliwangi

Museum Raja Siliwangi, Sukabumi [googlemaps]Museum Raja Siliwangi, Sukabumi (Sumber: googlemaps)

Museum ini diresmikan pada tahun 2011 oleh mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Museum Prabu Siliwangi telah menyimpan berbagai kesaksian peradaban Sunda pada zaman prasejarah.

Baca Juga: Sinopsis Sri Asih, Film Super Hero yang Dibintangi Pevita Pearce

Hampir 70 persen benda yang ada di Museum Prabu Siliwangi berasal dari keluarga Bedar RD. Sumavinata.

Di dalamnya terdapat berbagai macam peninggalan sejarah, antara lain Kitab Al-Qur’an dari zaman Sunan Gunung Djati dari abad 14 hingga 18, 25 buah naskah kuno dari bahan Daluang.

Selain itu, juga terdapat naskah kitab Suwasit sebanyak 23 lembar yang terbuat dari kulit bambu. Jangan lupakan aksara Sunda kuno dengan Sasakala Prabu Siliwang, terjemahan tulisan tangan dari kitab Suwasit yang ditulis oleh Raden, dan masih banyak lagi.

4. Masjid Sri Soewato

Masjid Perahu, Sukabumi [Instagram.com/masjiperahusukabumi]Masjid Perahu, Sukabumi (Sumber: Instagram.com/masjiperahusukabumi)

Masjid Sri Soewarto memiliki arsitektur yang unik karena menyerupai perahu. Terletak di Desa Sikup, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Masjid ini memiliki bentuk dan warna yang khas berupa perahu dengan warna dasar ungu.

Meski masih dalam tahap pembangunan, masjid ini sudah memiliki penggemar tersendiri. Tak sedikit orang yang datang hanya untuk berfoto atau melihat keunikan arsitektur bangunan tersebut.

Source: sukabumi.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button