Ramai pengunjung, Desa Patroli Garut menjadi desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Ramai pengunjung, Desa Patroli Garut menjadi desa wisata

CAPOL.ID – Suasana berbeda di Desa Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut akhir pekan ini.

Desa ini mendadak ramai sejak diadakan kompetisi JQR River Rescue Challenge (JRRC) di Sungai Cimanuk pada 30 September hingga 2 Oktober 2022.

Warga Desa Patroli memanfaatkannya untuk mencari nafkah dalam kegiatan kompetisi JRRC ini.

Salah satunya adalah seorang pedagang bernama Emak Ros yang mengaku mendapat untung dari kegiatan kompetisi desa tersebut.

Ia mengungkapkan merchandise-nya mengalami peningkatan pendapatan yang berbeda dari sebelum kompetisi.

“Alhamdulillah, penjualannya booming tidak seperti hari-hari menjelang kompetisi ini,” kata Emak Ros.

Emak Ros juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menjadi tuan rumah lomba penyelamatan sungai pertama di Indonesia di desa tempat tinggalnya.

Sementara itu, Enjang Sukandar (56), warga Kampung Patroli, bangga ada lomba se-Indonesia di kampung halamannya.

“Ya ramai sekali, Sungai Cimanuk suka melihat banyak aktivitas, tapi lain halnya, ramai sekali, saya juga dengar ini event pertama di Indonesia,” kata Enjang.

Enjang mengakui kompetisi JRRC berdampak pada pembangunan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar, seperti B.akses jalan

“Di sini juga banyak pembangunan baru, seperti jalan baru dibangun, ada juga bale yang bisa dimanfaatkan warga sekitar sini, pokoknya positif,” ujarnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Patroli Deni Hermansyah mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Respon Cepat Jabar yang mempercayakan daerahnya menjadi tuan rumah lomba Penyelamatan Sungai.

Menurut Deni, acara ini berdampak positif karena para pemuda di sini terlibat dalam acara ini. “Ada sekitar 25 orang dari warga di sini, itu luar biasa, terima kasih kepada penyelenggara,” kata Deni.

Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bandung Jumaril yang ditemui di lokasi acara JRRC mengatakan, sungai tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Manfaat sungai antara lain dimanfaatkan untuk olahraga, pariwisata, konservasi dan penguatan ekonomi nasional.

“Kalau dari sisi pariwisata tentu Kementerian Pariwisata atau dinas pariwisata daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana JRRC Sandi Prisma Putra optimistis dengan diadakannya kompetisi JRRC di Desa Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut ini akan mendorong pembangunan desa yang berkelanjutan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Sandi mengatakan setelah kompetisi JRRC, Desa Patrol berpotensi menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Garut ke depan dengan nilai jual wisata olahraga arung jeram di Sungai Cimanuk ini.

“Salah satu tujuan JRRC tidak hanya kompetitif, tetapi juga ditujukan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Dengan adanya kegiatan ini, banyak warga sekitar yang memanfaatkannya untuk berdagang di sini,” kata Sandi.

Sandi melanjutkan, tujuan penerapan JRRC bukan hanya untuk mengadakan kompetisi, tujuan lain untuk mempromosikan potensi SAR, membuat SOP untuk kegiatan saat ini yang kuat, kesadaran lingkungan dan akhirnya pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Sandi juga mengapresiasi warga Kampung Patroli yang menyukseskan lomba tersebut.

Bahkan panitia dan warga bekerja sama selama 4 hari untuk menyelenggarakan acara tersebut. ***

Source: kapol.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button