Kompetisi JQR mendorong Desa Patroli Garut menjadi desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Kompetisi JQR mendorong Desa Patroli Garut menjadi desa wisata

JQR merupakan satuan kerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bertugas membantu masyarakat dan bencana.

Bandung (ANTARA) – Lomba yang diselenggarakan oleh West Java Quick Response (JQR) yaitu Water Surface Rescue Exercise yaitu “Jabar River Rescue Challenge (JRRC) di Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, telah dilaksanakan sejak 30 September hingga September mendatang. 2. Oktober 2022 Desa Patroli mendorong Desa Dangdeur (di lokasi lomba) menjadi desa wisata.

“Kami optimis dengan diadakannya kompetisi JRRC di Desa Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut ini akan membantu mendorong pembangunan desa yang berkelanjutan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” kata Ketua Pelaksana JRRC Sandi Prisma Putra, Selasa di bandung.

JQR merupakan satuan kerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bertugas membantu masyarakat dan bencana.

Sandi mengatakan setelah kompetisi JRRC, Desa Patrol berpotensi menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Garut ke depan dengan nilai jual wisata olahraga arung jeram di Sungai Cimanuk ini.

“Salah satu tujuan yang dilaksanakan JRRC tidak hanya kompetitif, tetapi juga ditujukan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar. Dengan kegiatan ini, banyak warga sekitar yang memanfaatkannya untuk berbisnis di sini,” kata Sandi.

Sandi melanjutkan, tujuan penerapan JRRC bukan hanya untuk mengadakan kompetisi, tujuan lain untuk mempromosikan potensi SAR, membuat SOP untuk kegiatan saat ini yang kuat, kesadaran lingkungan dan akhirnya pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Sandi mengapresiasi warga Kampung Patroli atas keberhasilan lomba tersebut bahkan panitia dan warga bekerja sama selama empat hari untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Sementara itu, salah satu pedagang di Desa Patrol, Emak Ros mengaku diuntungkan dengan kegiatan kompetitif desa tersebut.

Ia mengungkapkan merchandise-nya mengalami peningkatan pendapatan yang berbeda dari sebelum kompetisi.

“Alhamdulillah, penjualannya booming tidak seperti hari-hari menjelang kompetisi ini,” kata Emak Ros.

Emak Ros juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menjadi tuan rumah lomba Water Surface Aid Training pertama di Indonesia di kampung halamannya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Patroli Deni Hermansyah juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil dan Tanggap Cepat Jabar atas kepercayaan daerahnya pada kompetisi Water Surface Relief Training akan menjadi tuan rumah.

Menurut Deni, acara ini berdampak positif karena para pemuda di sini terlibat dalam acara ini.

“Ada sekitar 25 orang dari warga di sini, ini suatu kebanggaan tersendiri, terima kasih kepada pihak penyelenggara,” kata Deni.

Baca Juga: Wagub Garut Berharap Pacuan Kuda Jadi Wisata Baru Penguat Perekonomian
Baca Juga: Langkah Maju Situ Bagendit di Garut Menuju Wisata Kelas Dunia
Baca Juga: Legislator Promosikan Pariwisata dan Dukung Penayangan Film Seni di Pelosok Garut

Reporter: Ajat Sudrajat
penerbit : muhammad yusuf
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button