Pulau Pari Jakarta - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Pari Jakarta – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp380.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Menghabiskan liburan di tempat yang memiliki pemandangan indah pasti menjadi dambaan bagi setiap orang. Rasa lelah setelah bekerja bisa diatasi dengan cara ini. Oleh karena itu sudah menjadi rahasia umum bahwa akhir pekan atau musim liburan adalah waktu yang ditunggu-tunggu banyak orang. Destinasi wisata yang bisa Anda pilih juga sangat regional di wilayah Indonesia. Misalnya, berlibur ke Pulau Pari di wilayah Jakarta.

Atraksi Pulau Pari

Atraksi Pulau PariKredit gambar: Google Maps Iwan Xherdan

Pulau Pari adalah salah satu pulau yang bisa Anda temukan di Kepulauan Seribu. Setiap pulau di Nusantara juga dikenal memiliki pesona tersendiri. Misalnya, daya tarik yang dimiliki pulau ini. Pulau yang berbentuk pari ini menawarkan banyak pantai bagi wisatawan yang datang untuk menghabiskan liburannya di kawasan tersebut.

Pantai yang dimaksud disini adalah Pantai Pasir Perawan dan Pantai LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Nama Pantai Pasir Perawan sendiri bisa dikaitkan dengan legenda yang melingkupi lokasi wisata tersebut. Sedangkan pantai lainnya mendapat nama tersebut karena pantai yang ada digunakan oleh LIPI untuk melakukan penangkaran dan penelitian hewan dan tumbuhan.

Selain kedua pantai tersebut, masih ada pantai lain yang bisa kamu kunjungi di Pulau Pari. Pantai lainnya adalah Pantai Pasir Kresek. Kresek yang dimaksud bukanlah nama kantong plastik pembungkus makanan, melainkan singkatan dari cool and sexy. Di pantai, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang menawan di bawah rindangnya pepohonan pinus dan kelapa yang mengelilinginya.

Daya tarik lain yang dimiliki Pulau Pari adalah sebuah bukit di kawasan tersebut. Bukit ini bernama Bukit Matahari dan menjadi salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi orang. Salah satu alasannya adalah di bukit ini Anda bisa menikmati waktu matahari terbit dan terbenam di pagi dan sore hari. Di pulau ini juga terdapat kawasan hutan mangrove yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau Pari

Alamat pulau PariKredit gambar: Google Maps Jhony Hansen

Bagi seseorang yang tinggal di wilayah Jakarta, Pulau Pari merupakan destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satu alasannya adalah jarak dari Ile de Pari yang tidak terlalu jauh dari kota metropolitan. Jarak Pulau Pari dengan Kota Jakarta kurang lebih 45 kilometer. Dengan jarak tersebut, Anda bisa sampai ke pulau sejuta pesona ini dalam waktu kurang dari 2 jam.

Anda dapat mencapai pulau ini dari berbagai rute yang tersedia. Misalnya dari Tanah Abang, Bekasi, Bogor, Depok dan daerah lainnya. Dari dermaga yang ada, Anda akan menggunakan transportasi berupa kapal untuk menuju Pulau Pari. Jadwal kapal untuk sampai ke pulau ini juga patut dicek terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat liburan, seperti ketinggalan kapal.

Harga tiket kapal juga cukup terjangkau. Dengan nominal yang akan Anda keluarkan akan terbayar dengan keindahan dan pengalaman liburan yang menyenangkan di salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Jenis kapalnya juga beragam, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan waktu keberangkatan yang diinginkan.

Biaya perjalanan ke Ile de Pari

Biaya kunjungan Pulau PariKredit Gambar: Google Maps Jastria Rahmat

Biaya masuk ke pulau itu sendiri akan tergantung pada objek wisata yang ingin Anda kunjungi. Misalnya harga tiket masuk ke Pantai Pasir Perawan sekitar 5.000 rupee. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat banyak tempat wisata di Pulau Pari. Harga tiket yang ada juga dapat berubah tergantung kebijakan pengelola.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata lainnya, Anda juga harus membayar tiket masuk kembali dengan nominal yang tertera. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menyewa sepeda, speedboat dan sejenisnya, tarifnya umumnya akan lebih tinggi dari harga masuk ke kawasan tersebut. Dengan sepeda sewaan dapat Anda gunakan untuk berkeliling pulau.

Kegiatan menarik di pulau Pari

Kegiatan menarik Ile de PariKredit gambar: Google Maps Hilyah _zahitanis

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di Ile de Pari. Contohnya adalah menikmati pemandangan surga bawah laut di perairan sekitar pulau. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dan scuba diving untuk kegiatan ini. Untuk pemula juga disarankan untuk melakukan aktivitas snorkeling terlebih dahulu.

Hamparan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan yang dikandungnya tentu akan membuat liburan Anda berkesan. Anda juga bisa menikmati pengalaman liburan yang berbeda dengan menjelajahi hutan mangrove pulau ini. Kendaraan yang digunakan adalah perahu dayung yang banyak disewakan di kawasan tersebut. Berkunjung ke hutan mangrove, kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda dan sayang untuk dilewatkan.

Bagi Anda yang menyukai pantai, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah bermain air di Pantai Pasir Perawan yang ada di pulau ini. Pantai ini sendiri merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Pulau Pari. Anda bisa mencoba menggunakan jetsky, donut boat, kano, sofa boat dan berbagai olahraga air lainnya di perairan pantai Pasir Perawan.

Hal lain yang tak kalah menarik untuk dilakukan di pulau ini adalah bersepeda keliling pulau. Dengan menggunakan sepeda, Anda bisa menikmati keindahan pulau ini lebih dalam. Anda juga bisa melihat aktivitas warga saat berburu kuliner di kawasan tersebut. Anda juga bisa mencari spot foto menarik di pulau ini.

Akomodasi di pulau Pari

Akomodasi di pulau PariKredit gambar: Google Maps Sun Sun

Meski kalah dibandingkan di Pulau Tidung, akomodasi di Pulau Pari juga memiliki standar yang lebih tinggi bagi wisatawan yang datang. Biasanya bentuk akomodasi berupa homestay. Ada juga asrama lain berupa rumah penduduk yang disulap menjadi tempat menginap bagi pengunjung pulau Pari. Harga yang ditawarkan hostel juga bervariasi

Biasanya harga akan tergantung dari fasilitas yang disediakan disana. Agar tidak kesulitan mencari akomodasi, Anda bisa memesan akomodasi jauh-jauh hari. Ini tentang mendukung kegiatan liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan sesuai rencana. Asrama LIPI di kawasan tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat menginap.

Sedangkan bagi Anda yang menginginkan pengalaman berbeda, Anda bisa menginap di Virgin Sand Beach. Untuk berkemah di tepi pantai, Anda akan dikenakan biaya tambahan selain biaya masuk. Dengan pemandangan pantai yang indah saat berkemah bersama keluarga di pantai, pasti akan menjadi nilai lebih tersendiri untuk momen liburan Anda.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Pari

Fasilitas Menarik di Pulau PariKredit Gambar: Google Maps Jastria Rahmat

Seperti di kawasan wisata lainnya, di Pulau Pari sendiri juga terdapat berbagai fasilitas yang turut menunjang kenyamanan masyarakat yang datang. Seperti fasilitas berupa WC umum, gubuk, mushola dan mushola. Dengan fasilitas tersebut tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Pulau Pari.

Di pulau Pari Anda juga akan menemukan banyak warung makan. Sambil menikmati pemandangan alam yang indah, Anda bisa mencari hidangan lezat di pulau ini. Tak perlu khawatir, karena di pulau ini juga terdapat listrik selama 24 jam. Sinyal internet di Ile de Pari juga cukup bagus mengingat lokasinya yang berada di tengah laut.

Anda juga dapat memanfaatkan kemungkinan menyewa berbagai peralatan yang diperlukan. Contohnya adalah tempat persewaan donat, kano, pisang dan sepeda. Tentunya harga peralatan yang disewa juga akan bervariasi. Dengan fasilitas ini, kami berharap dapat membantu Anda menikmati liburan Anda menjadi lebih berkesan.

Daya tarik pulau ini bisa dibilang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Mulai dari daya tarik berupa pantai berpasir yang masih alami yang menawarkan pemandangan indah, hingga kawasan hutan yang dipenuhi mangrove yang kaya akan nilai pendidikan. Akomodasi dan fasilitas umum di pulau ini juga sangat menguntungkan wisatawan yang datang berkunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button