FIB UGM Yogyakarta dan Nuhantra Foundation Fasilitasi Penulisan Artikel Pariwisata untuk SMA-SMK di Kabupaten Purworejo – Purworejo24.com - WisataHits
Yogyakarta

FIB UGM Yogyakarta dan Nuhantra Foundation Fasilitasi Penulisan Artikel Pariwisata untuk SMA-SMK di Kabupaten Purworejo – Purworejo24.com

PURWOREJO, purworejo24.com – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Dinas Pemuda, Pariwisata, dan Olahraga Purworejo dan Yayasan Nuhantra Bakti Budaya akan memfasilitasi penulisan film layar lebar untuk sekolah menengah atas di seluruh Indonesia. Pemkab Purworejo memfasilitasi.

Acara yang dirancang sebagai workshop ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 23 Juli 2022 pukul 08.00 WIB di Pendapa, Kabupaten Purworejo. Acara ini juga mengikutsertakan peran aktif guru SMA/SMK se Purworejo yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia.

“Acara ini juga melibatkan Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UGM, targetnya 100 mahasiswa yang akan kami dukung untuk menulis artikel untuk memperkenalkan pariwisata Purworejo,” kata ketua tim PkM Dr. Sudibyo, M.Hum saat dikonfirmasi pada Senin, 18 Juli 2022.

Sudibyo menambahkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program studi PkM Basindo FIB UGM tahun lalu. Tahun lalu Tim PkM FIB UGM bertajuk “Workshop Menceritakan Kembali Cerita Rakyat Berbentuk Cerpen untuk Siswa SMA/SMK di Purworejo”

“Alhamdulillah, acara PkM tahun lalu cukup mendapat perhatian dan menelurkan kumpulan cerpen berjudul DIORAMA,” ujarnya.

Dalam workshop yang digelar tahun 2022 ini, selain tim PkM, akan hadir dua kontak yang sangat berkompeten, yakni Soekoso DM (Penyair dan Budayawan Purworejo) dan Dr. Cahyaningrum Dewojati, M.Hum. (Staf Pengajar Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FIB UGM).

Workshop Penulisan Tempat Wisata Purworejo ini bertujuan untuk ikut mempopulerkan tempat wisata Purworejo agar semakin dikenal, diminati dan dikunjungi masyarakat.

“Selain itu, workshop ini juga akan menjadi wahana untuk membimbing siswa SMA/SMK mempelajari potensi dirinya secara tertulis tentang hal-hal yang dekat dengan dirinya dan kehidupannya yaitu destinasi wisata,” ujarnya.

Tulisan mahasiswa ini dimaksudkan untuk menjadi sarana promosi dan dokumentasi penting bagi destinasi wisata di Purworejo, khususnya bagi calon wisatawan muda dan masyarakat umum.

Seperti tahun sebelumnya, karya mahasiswa juga akan dipublikasikan di feuilleton setelah melalui proses konsultasi dan perbaikan.

Mengingat Purworejo memiliki destinasi wisata yang cukup banyak, tim PkM berharap mahasiswa dapat mengeksplor semua objek wisata dan menuliskannya dalam bentuk fitur yang gamblang dan menarik.

“Tentu tidak menutup kemungkinan set fitur tersebut akan dijadikan salah satu bahan bacaan penting bagi para pemandu wisata dan wisatawan yang akan berkunjung ke Purworejo,” ujarnya.(P24/Bayu)

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Source: www.purworejo24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button