Daftar 10 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Enak - WisataHits
Jawa Timur

Daftar 10 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Enak

Bisnis.com, JAKARTA – Surabaya merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. Kota ini menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Selain sejumlah tempat wisata yang menarik, ada juga kuliner khas Surabaya yang rasanya enak.

Lalu apa saja kuliner khas dari kota pahlawan ini? Lihat daftar khusus untuk Anda.

Rekomendasi makanan khas dari surabaya

1. Rawon

Salah satu makanan khas Surabaya adalah Rawon. Makanan ini terdiri dari daging dan disajikan dengan saus hitam kental. Warna kuah unik ini berasal dari campuran Kluwek. Rawon memiliki rasa yang hangat dan segar yang cocok dinikmati dengan nasi putih.

2. Soto Gubeng

Selain Rawon, Soto Gubeng adalah makanan khas daerah Surabaya lainnya yang berkuah. Makanan ini terdiri dari daging sapi dan jeroan yang disiram kaldu. Rasa sup ini hangat dan lezat.

3. Sego Sambal

Makanan berat lain yang patut dicoba saat berkunjung ke Surabaya adalah sambal sego. Satu porsi Sego Sambal terdiri dari nasi hangat, sambal, tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, suwiran ayam dan ikan. Seperti namanya, makanan ini memiliki rasa yang pedas, sehingga cocok bagi Anda yang menyukai makanan pedas.

4. Lomba Lontong

Jika Anda datang ke Surabaya, tidak lengkap rasanya tanpa mencoba makanan yang satu ini. Ciri khas makanan Surabaya ini adalah lontong yang dicampur dengan tauge, tahu, lento, daging sapi dan terasi. Rasanya yang unik membuat banyak orang menyukai makanan ini.

5. Mengenal teknologi

Tahu tek atau dikenal juga dengan tahu telur merupakan olahan tahu yang dicampur dengan tahu kemudian digoreng. Kemudian tambahkan bahan makanan lain seperti tauge, kentang dan kerupuk. Rasa makanan ini semakin nikmat dengan gerimis bumbu kacang yang pedas.

6. Sate klopo

Daftar makanan khas Surabaya selanjutnya adalah Sate Klepo. Seperti sate lainnya, sate kopo terbuat dari daging sapi. Bedanya, untuk membuat Sate Klopo, daging sapi diiris tipis-tipis dan dilumuri kelapa sebelum dibakar. Parutan kelapa inilah yang membuat sate Klopo terasa nikmat dan berbeda dengan sate lainnya.

7. Rujak Cingur

Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, Rujak Cingur merupakan kuliner khas Surabaya yang sayang untuk dilewatkan. Rujak cingur terbuat dari potongan moncong sapi yang dimasak hingga mendidih. Setelah itu dicampur dengan lontong, tauge, kangkung, tahu dan tempe.

Ada juga cingur pecah yang dicampur dengan aneka buah-buahan seperti: Nanas, mangga muda, timun dan jicama. Makanan khas Surabaya ini cukup mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau.

8. Tahu Campur

Makanan khas daerah surabaya lainnya adalah tahu campur. Makanan ini terbuat dari tahu goreng yang ditambahkan berbagai sayuran, daging, mie kuning dan bahan lainnya. Setelah itu bahan-bahan dituangi kuah kaldu dan petis yang gurih. Anda juga bisa menambahkan kerupuk dan saus sambal untuk rasa yang lebih enak.

9. Lontong Kupang

Hidangan khas Surabaya lainnya adalah Lontong Kupang. Perlu diketahui bahwa kerang yang dimaksud bukan kota Kupang di Nusa Tenggara Timur, melainkan kerang yang merupakan kerang kecil berwarna putih.

Lontong Kupang terbuat dari lontong yang disajikan dengan kerang dan di atasnya diberi kuah. Rasa pakan ini akan semakin enak dengan tambahan petis.

10. Sate Karak

Sate karak adalah olahan sate yang terbuat dari jeroan sapi, khususnya jeroan. Bahan utama tersebut kemudian diberi bumbu khusus. Biasanya sate karak disajikan dengan ketan hitam dan kelapa. Meski demikian, ada juga masyarakat yang menikmati makanan khas Surabaya ini dengan Serundeng.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button