Profil PT ASDP Indonesia Ferry, Port and Ship Management Company - WisataHits
Jawa Barat

Profil PT ASDP Indonesia Ferry, Port and Ship Management Company

Profil PT ASDP Indonesia Ferry, Port and Ship Management Company

Profil PT ASDP Indonesia Ferry, Port and Ship Management Company

Perbesar

Salah satu kapal PT ASDP Indonesia Ferry melayani rute Kariangau-Penajam. (Spesial)

Inilah kisah PT ASDP Indonesia Ferry dari tahun ke tahun E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta:

1. Sejarah PT ASDP Indonesia Ferry tahun 1981 – 1983

Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni merupakan pelabuhan milik sendiri dan pengelolaan operasionalnya berada di bawah pengawasan langsung Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang bertanggung jawab kepada Kanwil VIII Kementerian Perhubungan Provinsi Lampung.

2. Sejarah PT ASDP Indonesia Ferry 1983 – 1986

Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.136/OP.001/PHB.1986, status Pelabuhan Lintas Batas Bakauheni sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) berada di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan bertanggung jawab kepada Kakanwil VI Ditjen Perhubungan Darat Provinsi Lampung.

3. Sejarah PT ASDP Indonesia Ferry 1987 – 1992

Berdasarkan Keputusan Pemerintah No. 8 Tahun 1992, pegawai di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dimutasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ke Perum ASDP. Sejak saat itu, perusahaan pelabuhan sepenuhnya ditangani oleh Perum ASDP.

Sesuai dengan Surat Keputusan Direksi ASDP Peru nomor KD.164/HK.203/P.ASDP/1998 tanggal 25 Februari 1987 tentang penyelenggaraan Cabang Pelabuhan Feri Kelas I Bakauheni yang mempunyai tugas pokok kegiatan usaha jasa angkutan keluar pelabuhan untuk penyediaan, pengembangan, pemeliharaan fasilitas dan penyesuaian peralatan serta kebijakan perusahaan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.36 Tahun 1989 mulai tahun 1986, selain diserahi tugas pengoperasian pelabuhan peralihan, pengelola pelabuhan penyeberangan juga diberi tugas melaksanakan tugas pemerintahan di pelabuhan peralihan. Artinya, pengelola pelabuhan merupakan satu-satunya koordinator dari pejabat yang berwenang di pelabuhan dalam bidang tugasnya.

4. Sejarah PT ASDP Indonesia Ferry 1992 – 2008

Berdasarkan Keputusan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 1992 tanggal 19 Maret, pengalihan bentuk Perum ASDP menjadi Perseroan Terbatas atau PT. ASDP (Persero), berlaku sejak Juni 1992.

5. Sejarah PT ASDP Indonesia Ferry 2008 – sekarang

Pada tanggal 5 Agustus 2008 di hadapan Deputi Bidang Usaha Logistik dan Pariwisata Kementerian Negara BUMN dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi.

Perseroan menandatangani Pakta Integritas yang menandai pelaksanaan perubahan struktur perusahaan, diawali dengan perubahan nama dan logo dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjadi PT Indonesia Ferry (Persero).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button