Praktek Inseminasi Buatan, Pelajaran Biologi UNIPMA bekerjasama dengan BBIB Singosari Malang - WisataHits
Jawa Timur

Praktek Inseminasi Buatan, Pelajaran Biologi UNIPMA bekerjasama dengan BBIB Singosari Malang

WAKTU INDONESIA, MADIUN – Pembelajaran berbasis proyek saat ini sangat relevan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Inovasi dalam perkuliahan harus membawa suasana baru dan meningkatkan produktivitas dosen dan mahasiswa. Dalam rangka mewujudkan perkuliahan aktif dan berbasis proyek, mata kuliah didaktik biologi bekerja sama dengan praktisi dari Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan siswa untuk mempraktekkan teori secara kontekstual. Kegiatan ini dibiayai oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui hibah dari Program Kompetisi Mandiri Kampus (PKKM).

Biologi-UNIPMA-a.jpg

Praktik mengajar ini dilakukan pada mata kuliah embriologi hewan yang diampu oleh Dr. drh Cicilia Novi Primiani, M.Pd. Pembelajaran mata kuliah ini menghadirkan praktisi dari Dr.drh. Andi Widodo Wijanarko, M.Si. yang menyampaikan materi tentang inseminasi buatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 November 2022 di laboratorium terpadu UNIPMA.

“Melalui kegiatan ini, kami di BBIB dapat menularkan bidang keilmuan kami kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa mengenal konsep inseminasi buatan dan penerapannya dalam peternakan,” ujar Dr. Andi Widodo sebagai pembicara.

Biologi-UNIPMA-b.jpg

Selain pemaparan teori, mahasiswa juga berkesempatan melakukan simulasi kegiatan inseminasi buatan dengan perangkat dari BBIB. Para mahasiswa sangat antusias dalam berdiskusi dan berceramah dengan para praktisi.

“Awalnya saya tidak bisa membayangkan apa itu inseminasi buatan, namun setelah magang mengajar ini saya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga,” ujar Duvdinding, mahasiswa pendidikan biologi.

Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam membangun kemitraan dengan BBIB. Diharapkan kegiatan menuju magang dan penelitian ini terus berlanjut di BBIB Singosari Malang.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button