Pj Wali Kota Jogja periksa Mata Air PDAM Tirtamarta di lereng Merapi dan jamin ketersediaan air bersih - WisataHits
Yogyakarta

Pj Wali Kota Jogja periksa Mata Air PDAM Tirtamarta di lereng Merapi dan jamin ketersediaan air bersih

SLEMAN—Pj Walikota Jogja Sumadi meninjau mata air Umbul Wadon dan Umbul Lanang di lereng Gunung Merapi.

Sumadi melihat langsung sumur dan perpipaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta.

“Ini merupakan bukti komitmen Pemprov DKI Jakarta” [Pemkot] Jogja dan PDAM Tirtamarta akan terus memberikan pelayanan terbaik dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat kota Jogja,” ujarnya, Rabu (24/822).

Kedua spanduk tersebut merupakan sumber air baku PDAM Tirtamarta. Air di kedua spanduk itu sangat jernih, bahkan Pj Wali Kota Jogja dan rombongan minum langsung dari kedua spanduk yang ada di objek wisata alam Plunyon Kalikuning ini. Sementara itu, Dirut dan Dirut PDAM Tirtamarta Majiya mengatakan, pembangunan penangkap air di kedua spanduk itu dibangun antara 1986 hingga 1990.

“Dana pemerintah pusat digunakan untuk memasang pipa DM 250, panjang 6.131 meter, untuk mengalihkan air dari Umbul Wadon ke Bedoyo Pressure Release Tub (BPT),” katanya.

Pemasangan pipa tersebut melengkapi jaringan pipa yang ada. Termasuk jaringan jalur distribusi 94.000 meter yang terpasang pada periode 1969-1982.

Pihaknya mengumumkan PDAM Tirtamarta akan terus melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal dan terbaik kepada masyarakat. Antara lain dari segi kualitas dan kuantitas air yang dihasilkan untuk pelanggannya.

Dalam konteks ini, sejumlah perbaikan dan optimalisasi layanan terus dilakukan. Termasuk juga penggantian jalur dan jaringan distribusi.

Pada tahun 2019, PDAM Tirtamarta menambah debit air produksi di beberapa tempat, memperbaiki filter IPA Pengok dan mengganti meter air pelanggan.

Selain itu, pada tahun 2020, jaringan pipa distribusi utama dari Wirobrajan Junction hingga Jembatan Sayidan juga akan dikonversi dari pipa asbes atau pipa semen asbes (ACP) menjadi high density polyethylene (HDPE).

Tahun 2021 melanjutkan pekerjaan sebelumnya yaitu mengganti jaringan pipa distribusi utama dari ACP ke HDPE dari Jembatan Sayidan ke Gembiraloka. Penyeberangan Patangpuluhan ke Tamansari, Jalan Mas Suharto ke Kentungan, Jalan C. Simanjuntak, IPA Gemawang ke Jalan Magelang. (***)

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button