Pesona tempat wisata Situ Gede di balik legenda besar Eyang Prabudilaya - WisataHits
Jawa Timur

Pesona tempat wisata Situ Gede di balik legenda besar Eyang Prabudilaya

Pesona tempat wisata Situ Gede di balik legenda besar Eyang Prabudilaya

PESAN PRIBADI – Situ Gede merupakan salah satu objek wisata alam di kota Tasikmalaya yang sangat terkenal. Pesona danau yang memiliki luas 47 hektar ini ternyata menjadi legenda besar di Priangan Timur, yaitu legenda Eyang Prabudilaya.

Dikisahkan oleh Kunci Kunci (Kuncen) Situ Gede Mbah Herman, Situ Gede memiliki sebuah legenda tentang wafatnya Raja Muda Sumedang Larang yaitu Eyang Prabudilaya atau Prabu Adilaya.

“Di tengahnya ada sebuah pulau, Prabu Adilayas Makom, yang dikenal dengan nama Prabudilaya, beliau adalah sosok Raja Muda Mahkota Sumedang Larang,” kata Mbah Herman dalam wawancara pada Selasa, 3 Januari 2023.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 4,9 Skala Richter Terjadi di Pangandaran, Warga Merasakan Getarannya Cukup Lama

Mbah Herman adalah juru kunci atau kuncen dari pewaris ketiga Situ Gede. Dia diangkat pada rapat pengurus di Jawa Barat pada tahun 2005.

“Saya mulai menjadi kuncen tahun 2005, banyak peziarah yang datang ke Jawa Timur, antara lain dari Banten, Jakarta. Biasanya mereka mengirim doa, tapi ada juga yang meminta hadiah yang kaya, tapi saya melarangnya,” ujarnya.

Ia mengatakan legenda kematian Eyang Prabudilaya dibunuh istrinya karena cemburu dan kesalahpahaman.

Baca Juga: Cara Mencari Acara RCTI, MNCTV, Global TV di Apple DVD T2 Matrix Top Box Set

“Ceritanya Eyang Prabudilaya dibunuh oleh kedua istrinya, yaitu Nyi Mas Karembong dan Nyi Mas Siliwati. Nenek dibunuh karena lalai dalam kewajibannya menjaga kerohanian karena Nenek fokus belajar ilmu Kanuragan dan Islam,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button