Bikin kapok! Di balik nama besar Wisata Batik Trusmi Cirebon ternyata jalannya rusak - WisataHits
Jawa Barat

Bikin kapok! Di balik nama besar Wisata Batik Trusmi Cirebon ternyata jalannya rusak

INDOZONE.ID – Kawasan Wisata Batik Trusmi merupakan pusat industri kerajinan batik terbesar di Cirebon. Tak jauh dari Jalan Syekh Datul Kahfi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Berjarak 4 kilometer dari pusat pemerintahan daerah, pengrajin batik tersebar di beberapa desa, mulai dari Trusmi Wetan, Trusmi Kulon, Wotgali hingga desa Kaliwulu.

Batik TrusmiJalan di Wisata Batik Trusmi Cirebon hancur. (Z Pencipta/Baihaqi)

Beberapa motif khas Trusmi yang tidak bisa ditemukan di sentra ikat celup lainnya adalah Mega Mendung, Patran Keris, Pakistana Lima, Alas Ayam, Simbar Rusa, Singa Baro dan Kendo Simnar.

Namun dibalik kepopuleran kawasan wisata Batik Trusmi terdapat hal yang membuat sejumlah wisatawan tidak nyaman. Banyak dari mereka yang mengeluhkan buruknya kondisi jalan di daerah tersebut.

Batik TrusmiJalan di Wisata Batik Trusmi Cirebon hancur. (Z Pencipta/Baihaqi)

Berdasarkan pantauan di kawasan wisata Batik Trusmi pada Minggu, 20 November 2022, ruas jalan yang rusak sepanjang 1 kilometer mulai dari gerbang masuk hingga pertigaan di Desa Sarabau, Kecamatan Plered.

Kerusakan ini memaksa wisatawan atau masyarakat yang berada di kawasan tersebut untuk menghindari jalan berlubang dan mengurangi kecepatan kendaraan.

Kondisi akan semakin parah setelah hujan turun. Genangan berukuran hingga lima sentimeter terbentuk di semua lubang.

Batik TrusmiJalan di Wisata Batik Trusmi Cirebon hancur. (Z Pencipta/Baihaqi)

Seorang turis Jakarta, Samuel Ranto, 40 tahun, mengatakan kawasan wisata itu seharusnya memiliki kondisi jalan yang mulus. Ini menawarkan kenyamanan dan keamanan selama kunjungan.

“Nggak nyaman, padahal wisata belanja batik di sini,” kata Samuel Ranto di kawasan wisata Batik Trusmi, Minggu (20/11/2022).

Seorang turis lainnya, Yuni Rahmawati, 56 tahun, mengatakan selama berada di kawasan itu dia terpaksa menggunakan jasa transportasi sepeda online. Berjalan-jalan sangat tidak nyaman.

“Kalau jalannya licin, enak juga jalan-jalan. Kapok juga ada di sini, ”katanya.

Artikel menarik lainnya:

Ciptakan kisah seru Anda dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button