Pulau Ranoh, pulau eksotis yang mempesona dan tempat glamping yang seru di Batam - WisataHits
wisatahits

Pulau Ranoh, pulau eksotis yang mempesona dan tempat glamping yang seru di Batam

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 12.00-24.00 WIB, Alamat: Sukajadi, Kecamatan. Batam, Kota. Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Pulau Ranoh terletak di wilayah Batam Kepulauan Riau. Pulau ini terkenal dengan pantai pasir putihnya yang bersih. Apalagi laut yang mengelilingi pulau ini begitu indah, bersih dan berwarna biru kristal. Dari kejauhan, pulau ini memiliki potret pemandangan alam yang sangat indah. Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama yang menyukai liburan pantai.

Destinasi wisata berbentuk pulau ini memiliki luas yang tidak begitu luas. Luas pulau ini sekitar 536.125 meter persegi. Apalagi keliling pulau ini hanya 3,24 kilometer. Anda bahkan dapat sepenuhnya menjelajahi pulau kecil ini dalam waktu kurang dari setengah jam. Namun, sejauh ini pulau ini tidak dapat dikelilingi oleh daratan, karena banyak pohon bakau yang berdiri di tepi pantai.

Pohon-pohon bakau tumbuh subur dan rapat mengelilingi pantai. Hal ini dikarenakan Pulau Ranoh sudah lama menjadi vegetasi mangrove. Pemandangan yang sangat indah tentunya membuat anda wajib berlibur ke pulau ini saat berkunjung ke Kota Batam. Anda bahkan dapat mengambil foto instagenic dengan latar belakang pantai yang mempesona yang membuat pulau ini semakin populer.

Tempat Wisata Pulau Ranoh

Aktivitas Pulau RanohKredit gambar: Twitter Petualangan Super

1. Kecantikan Alami

Pulau ini dikelola oleh panitia khusus dalam pengelolaan tempat wisata ini bernama Adventure Ranoh Island. Hal ini memudahkan pengunjung untuk menemukan berbagai fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini. Dengan ini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan di pantai atau menikmati barbekyu sambil menyaksikan indahnya pantai di sore hari yang menyenangkan.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan informasi tentang berbagai restoran yang menawarkan makan malam di pantai. Kemudian Anda juga dapat menemukan mini bar terdekat di sekitar pantai. Anda juga bisa merasakan penyediaan hammock untuk berbaring yang bisa Anda nikmati di pagi hari sambil menghirup udara segar pantai.

2. Pesona pasir putih

Pulau Ranoh memiliki pasir putih yang indah ditumbuhi pohon kelapa yang menjulang tinggi. Ketinggian daratannya sendiri adalah 10 meter di atas laut, tidak ada bukit atau pulau lain di sekitar pulau. Untuk membuat tempat wisata ini terlihat megah di dataran yang terhampar. Masyarakat menyebutkan bahwa tempat wisata ini tidak memiliki penghuni.

Pulau ini baru disulap menjadi tempat wisata yang menarik dalam beberapa tahun terakhir. Pantai pasir putih yang semula tidak berpenghuni ini telah disulap menjadi destinasi wisata yang digunakan untuk hiburan. Pulau ini sangat cocok menjadi tujuan wisata tropis yang banyak diminati kalangan wisatawan. Anda juga bisa merasakan ketenangan pulau untuk relaksasi tubuh.

3. Warga yang Ramah

Sekarang tempat wisata ini sudah memiliki aktivitas warga yang normal pada umumnya. Ada beberapa warga dan pengelola tempat tempat wisata ini. Pulau ini menawarkan pelayanan yang sangat ramah kepada wisatawan dari setiap pegawai yang bekerja di pulau ini. Karyawan yang merupakan warga lokal bahkan menjadi teman saat berlibur untuk mengunjungi wisatawan.

Wisatawan juga akan merasakan suasana kebahagiaan yang berbeda dengan wisatawan lain yang sudah seperti keluarga. Hal ini tentunya membuat liburan semakin nyaman dan membuat Anda ingin berlama-lama di pulau Ranoh ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau RanohKredit gambar: Facabook Dheny Rini Dharmawan

Pulau Ranoh terletak di Kecamatan Galang Baru, Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau. Letak pulau ini berada di antara dua pulau yang terletak di ujung kota Batam. Karena terletak di antara dua pulau, ombak di lautnya tidak terlalu besar dan sangat tenang. Dari pusat kota Batam, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke tempat wisata ini.

Untuk rute menuju tempat wisata, Anda bisa menggunakan kapal umum atau speedboat yang biasa digunakan untuk menyeberangi pelabuhan Hasyim atau pelabuhan lainnya. Namun, sebelum tiba di tempat wisata, Anda perlu melakukan reservasi hotel terlebih dahulu. Karena fasilitas akomodasi di pulau ini selalu penuh dan tidak bisa dipesan langsung saat liburan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit gambar: Google Maps Joelrankiy

Biaya untuk masuk ke Pulau Ranoh sekitar 100.000 hingga 200.000 rupee. Namun, Anda membutuhkan minimal satu juta rupiah untuk paket liburan ke pulau ini. Untuk paket liburannya sendiri sekitar Rp 300.000 untuk satu hari dan satu juta untuk dua hari. Menyewa speedboat, tenda dan fasilitas lainnya juga datang dengan harga yang cukup mahal di tempat wisata mewah ini.

Untuk jam bukanya sendiri, pulau ini hanya buka dari pukul 12:00 WIB hingga 24:00 WIB. Jadi anda tidak bisa mengunjungi tempat wisata ini di pagi hari untuk melihat matahari terbit.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Ranoh

Aktivitas di Pulau RanohKredit gambar: Twitter Paket Wisata Bintan – Wisata Malaysia dan Singapura

1. Perkemahan

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata berbentuk pulau dengan perpaduan laut yang indah ini adalah berkemah. Anda bisa berkemah di tepi pantai sambil menikmati barbekyu bersama teman-teman. Jangan lupa ajak banyak teman selama liburan di tempat wisata ini. Namun, menyewa kamar backpacker di tenda glamping mahal.

Sewa kamar backpacker sendiri sekitar Rs 350.000 per malam. Sedangkan untuk menyewa glamping yang akan digunakan di tenda, yaitu sekitar Rp 450.000 untuk satu tenda. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat wisata ini, pastikan Anda benar-benar membawa uang tunai yang banyak. Hal ini disesuaikan dengan ramainya lokasi yang peminatnya tinggi.

2. Bola voli dan sepak bola

Banyak jenis permainan dan olahraga yang bisa dimainkan di Pulau Ranoh. Namun, olahraga yang paling menarik untuk dipraktikkan di pantai tentu saja voli pantai dan sepak bola. Anda bisa bermain bersama teman-teman, yang membuat liburan Anda semakin seru. Selain itu, Anda juga dapat membuat tim untuk bermain dengan tim wisata lain yang akan menambah pengetahuan Anda.

3. Snorkeling

Snorkeling tentunya menjadi suatu keharusan bagi wisatawan yang akan berlibur di pulau ini. Menikmati keindahan kekayaan laut Kepulauan Riau tak lain adalah snorkeling. Anda bisa menikmati keindahan berbagai jenis ikan dan keindahan terumbu karang yang hidup di perairan laut Batam. Anda juga bisa berfoto sambil snorkeling untuk oleh-oleh.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di Pulau RanohKredit Gambar: Instagram Travel Batam

1. Vila di tepi pantai

Jika ingin menginap dengan fasilitas lengkap di dekat pulau ini, sebaiknya pilih villa pantai. Villa ini memiliki berbagai fasilitas yang lengkap antara lain ruang keluarga, balkon tempat Anda bisa bersantai dan dapur untuk memasak. Anda akan memiliki perasaan pergi berlibur di rumah. Vila ini sangat luas dan memiliki dua kamar tidur yang dapat menampung hingga delapan orang.

2. Tempat tidur susun

Tempat tidur susun di Pulau Ranoh sendiri merupakan hostel yang tidak memakan tempat. Bentuk asrama ini mirip dengan asrama atau dormitory. Setiap kamar tidur terdiri dari banyak kasur double-decker. Kamar-kamar ini sangat cocok bagi Anda yang datang secara rombongan ke pulau cantik ini. Setiap tempat tidur memiliki penutup privasi yang tidak dapat dilihat oleh pengguna lain.

Selain itu, setiap tempat tidur dilengkapi dengan kasur empuk yang besar, bantal dan selimut. Bahkan ada sumber listrik untuk setiap tempat tidur.

3. Glamor

Glamping sendiri merupakan singkatan dari kata Glamour Camping dimana kamu akan merasa seperti sedang camping dengan fasilitas yang cukup mewah ketika menginap di dalam tenda. Bahkan, Anda harus membayar ratusan ribu rupiah untuk menyewa tenda tersebut. Namun, itu bisa menyelamatkan Anda dari menginap di tempat lain yang harganya jauh lebih mahal dari fasilitas glamping ini.

Fasilitas yang tersedia di Kawasa Pulau

Fasilitas di Pulau RanohKredit gambar: Google Maps Joelrankiy

Fasilitas lokasi Pulau Ranoh sangat lengkap dan memadai. Mulai dari jenis olahraga air hingga fasilitas permainan tersedia di tempat wisata ini. Permainan yang bisa dinikmati wisatawan antara lain catur Cina dan Frisbee. Ada juga fasilitas untuk bermain voli, sepak bola, fasilitas camping, lazy bag dan payung dengan bangku untuk bersantai bagi wisatawan.

Sedangkan fasilitas water sport antara lain waterpark, jet ski, double canoe hingga snorkeling. Semua fasilitas tersebut dapat Anda nikmati selama berlibur di pulau yang indah ini. Itu membuat liburan Anda sangat sempurna karena Anda dapat menikmati fasilitas luar biasa ini.

Itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi wisata di Pulau Ranoh yang terletak di kota Batam. Jadi, ketika Anda mengunjungi kota ini, Anda harus menjelajahi keindahan pantainya yang menjadi primadona kota Batam itu sendiri.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button