Pantai Penyusuk, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Bangka - WisataHits
wisatahits

Pantai Penyusuk, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Bangka

Pantai Penyusuk, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Bangka
Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Pengusuk, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Penyusuk merupakan salah satu pantai yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung dengan keindahan alam pantai yang khas. Bisa dibilang pantai ini adalah salah satu yang tercantik di pulau ini. Tidak berlebihan, karena selain pemandangan laut, banyak pulau yang terlihat saat berada di bibir pantai. Bahkan, beberapa pulau yang dimaksud bisa Anda kunjungi dengan menggunakan perahu milik warga.

Setiap destinasi wisata berupa pantai memiliki ciri khas tersendiri. Sementara tempat lain lebih didominasi pasir putih, di Kabupaten Bangka Kepulauan Bangka Belitung tidak. Hampir semua pantai yang ada di pulau ini memiliki ciri khas tersendiri berupa batuan granit dengan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini juga terdapat di Pantai Penyusuk yang menambah keindahannya.

Meski lokasinya terpencil dan jauh dari kota, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya. Terbukti dengan padatnya pengunjung setiap harinya, baik hari aktif maupun hari libur. Tidak bisa dipungkiri bahwa liburan pasti lebih ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah.

Atraksi Pantai Penyusuk

Atraksi Pantai PenyusukFoto oleh Adrian di Instagram

Mengetahui daya tarik suatu destinasi wisata sebelum mengunjunginya adalah wajib. Tentu Anda tidak ingin kecewa jika ternyata destinasinya kurang menarik atau di luar ekspektasi. Lantas, apa saja daya tarik Pantai Penyusuk? Berikut beberapa poin penting yang telah kami rangkum!

✦ Keindahan Alam yang Luar Biasa

Pengunjung yang datang ke pantai cantik ini hampir pasti bertujuan untuk menikmati pemandangan alam yang disajikan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ciri utamanya adalah adanya batuan granit yang tersebar tidak merata di beberapa titik. Terdapat gundukan batu dengan berbagai ukuran yang menarik perhatian wisatawan.

Karena keindahan dan keunikannya tersebut, banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang batu tersebut. Bahkan ada bebatuan yang menjorok ke laut sehingga keindahannya tidak bisa diabaikan begitu saja. Jaraknya tidak jauh dari pantai dan bisa diakses langsung. Dan bisa menggunakannya sebagai tumpuan jika ingin mengabadikan momen.

Meski tidak bisa dikatakan luas, hamparan pasir putih yang terdapat di Pantai Penyusuk juga menambah keindahannya. Pasir ini umumnya digunakan sebagai media bermain bagi anak-anak. Dengan membentuk struktur pasir, senyum dan kegembiraan mereka terkadang mekar begitu jelas.

✦ Kejernihan air pirus

Daya tarik selanjutnya adalah kejernihan airnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar pantai di Kepulauan Bangka memiliki air yang jernih dengan warna hijau kebiruan atau dikenal dengan hijau tosca. Di pantai Penyusuk Anda juga bisa melihat jernihnya air. Meski jernih, pasir dan bebatuan kecil di dasarnya terlihat sangat jelas.

Menariknya, pantai dengan pemandangan eksotis ini memiliki arus yang cukup tenang dengan ombak besar yang minim. Meski tidak bisa digunakan untuk aktivitas selancar, setidaknya membuat aktivitas pantai lebih aman. Arus tenang inilah yang membuat warna air di tempat itu selalu jernih dan transparan seperti kaca.

Namun, ada kalanya pada musim tertentu air terlihat agak keruh. Pemandangan ini biasanya dijumpai pada saat air mengalami pasang surut. Namun, kejernihan air di tengah kisaran tidak terpengaruh karena faktor kedalaman.

✦ Ada banyak pulau kecil

Pada pembukaan sebelumnya disebutkan bahwa Pantai Penyusuk dihiasi dengan beberapa pulau kecil yang terlihat jelas dari bibir pantai. Hal ini ternyata menjadi daya tarik dan alasan sebagian wisatawan untuk berkunjung. Dua pulau yang paling terkenal adalah Pulau Putri dan Pulau Lampu.

Letak kedua pulau ini tidak berjauhan dan dapat ditempuh dalam hitungan menit dari satu pulau ke pulau lainnya. Pulau Putri memiliki ciri khas pepohonan dan bebatuan yang hampir menutupi daratan di tengah lautan. Sedangkan Pulau Lampu memiliki mercusuar sebagai penunjuk jalan bagi kapal yang melintas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PemasukanFoto oleh PenyusukPutri di Instagram

Pantai Penyusuk terletak di bagian utara Pulau Bangka, tepatnya di Jl. Isusuk, Belinyu, Bukit Ketok, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya cukup terpencil dan membutuhkan banyak waktu dalam perjalanan. Dengan jarak sekitar 100 kilometer dari Pangkalpinang, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke sana.

Namun jaraknya lebih pendek lagi jika Anda datang dari Sungailiat yang hanya membutuhkan waktu 50 menit dengan kendaraan bermotor. Meski akses jalan sudah bagus, namun lokasinya masih sedikit dilalui kendaraan umum. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan untuk menuju ke sana.

Bagi yang datang dengan kendaraan sewaan, Anda juga bisa menyewa guide atau supir agar mudah menemukan lokasinya. Khusus bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, silahkan gunakan Google Maps. Jika tidak, Anda bisa memanfaatkan rambu-rambu jalan raya yang ada di sekitar lokasi.

Harga tiket masuk dan jam buka

Setelah sampai di Pantai Penyusuk, jangan lupa siapkan sejumlah uang sebagai tiket masuk. Tidak perlu banyak, cukup 3000 rupee untuk satu orang jika harganya tidak berubah. Biaya lain yang perlu disiapkan adalah untuk parkir kendaraan. Sepeda motor dikenakan tarif normal Rp 2.000, sedangkan mobil dikenakan tarif Rp 5.000.

Jika Anda ingin naik perahu lokal di sekitar pantai atau pergi ke pulau yang disebutkan di atas, Anda hanya membutuhkan 10.000 rupee. Anda bisa datang kapan saja karena pantai cantik ini buka setiap hari. Namun, usahakan datang pada pagi atau sore hari jika ingin memanfaatkan panorama alam laut yang menanti Anda.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Pantai PenyusukFoto oleh Sigitto Channel di Google Maps

Berkunjung ke objek wisata belum lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas apapun disana. Di Pantai Penyusuk, ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Dari yang berhubungan dengan air, pasir atau eksplorasi keindahannya. Beberapa kegiatan berikut dapat memperjelasnya lebih lanjut!

1. Berenang dan bermain air

Atraksi kali ini sebagian besar berupa air, jadi wajar jika aktivitas seru pertama yang dilakukan adalah berenang atau bermain air. Bagi yang sudah mahir berenang, tak ada salahnya menguji kemampuan di pantai ini. Meski arusnya tidak terlalu deras, Anda tetap harus berhati-hati karena kedalaman air di tengah cukup lumayan.

Pengunjung yang tidak bisa berenang tidak disarankan untuk mencobanya karena tidak ada pelampung yang disewakan. Meski begitu, bermain air di pantai tak kalah seru untuk dilakukan. Apalagi jika datang bersama rombongan, suasana yang meriah dan seru tentu lebih mudah didapatkan.

2. Bermain di pantai pasir putih Penyusuk

Kegiatan menarik lainnya di Pantai Penyusuk adalah bermain pasir. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh anak-anak. Tapi jangan mengesampingkan kemungkinan kesenangan juga untuk orang dewasa. Pasir putih dengan tekstur lembut tidak mudah dibentuk. Hal inilah yang justru menambah keseruan, yang menjadi tantangan tersendiri untuk membentuknya sesuai keinginan.

3. Berburu foto dengan panorama laut

Tentu kurang lengkap jika berwisata tanpa berfoto, apalagi kali ini dengan pemandangan laut yang eksotik. Tidak ada spot khusus yang sengaja dibangun oleh pengelola, namun Anda bisa menggunakan berbagai titik strategis untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus.

Contohnya adalah bongkahan batu granit yang tersebar di pantai indah ini, atau gundukan batu dengan berbagai ukuran. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan batu yang menjorok ke laut, pelan-pelan saja, airnya tidak terlalu dalam, Anda bahkan bisa berjalan ke arah batu.

4. Jelajahi pulau-pulau sekitarnya

Keberadaan pulau-pulau di sekitar Pantai Penyusuk memberikan aktivitas tambahan bagi pengunjung. Mereka bisa menjelajahi pulau menggunakan perahu yang disewa warga. Kalau tidak berubah, harganya sekitar Rp 10.000 per penumpang.

Ada enam pulau di sekitar tempat wisata utama. Dua di antaranya adalah yang disebutkan di atas, yakni Pulau Putri dan Pulau Lampu. Berbagai spesies laut dapat ditemukan di kedua pulau tersebut. Berbeda dengan pantai utama yang lebih didominasi batu granit, justru banyak terdapat bebatuan karang yang indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai PemusukFoto oleh Winnela Chandra di Google Maps

Keindahan Pantai Penyusuk didukung dengan berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan secara bebas oleh pengunjung. Banyak stand makanan yang disediakan bagi mereka yang ingin mengisi ulang baterainya. Minuman menyegarkan seperti jus jeruk juga tersedia dengan harga rata-rata objek wisata.

Untuk fasilitas umum lainnya, Anda bisa menggunakan toilet dengan jumlah yang cukup untuk semua wisatawan yang berkunjung. Tak jauh dari pantai Anda akan menemukan mushola yang bisa digunakan sebagai tempat ibadah. Fasilitas lain yang pasti didapat adalah tempat parkir yang cukup aman. Meski tidak persis di pinggir pantai, Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan.

Traveling tidak harus mahal, yang penting tujuan utamanya tercapai. Bukan hanya keindahan alam yang bisa didapatkan saat berkunjung ke Pantai Penyusuk di Pulau Bangka. Apalagi ada berbagai fasilitas yang layak disebut memadai. Sebelum berkunjung, pastikan kondisinya dalam keadaan prima, baik bodi maupun kendaraan yang digunakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button