Pada pembukaan Jambore Nasional XI, Dedie mendorong Pramuka Kota Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Pada pembukaan Jambore Nasional XI, Dedie mendorong Pramuka Kota Bogor

Membelah


menciak

Membelah

Membelah

Surel


BOGOR-KITA.com, BOGOR – Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim, menghadiri pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/ 2022). Sekitar 11.000 anggota Pramuka dari seluruh Indonesia juga menghadiri Jamnas.

Tema Jamnas ke-11 Tahun 2022 adalah “Ceria, Berkarya dan Berprestasi” yang diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61. Jamnas akan dilaksanakan pada 14-21 Agustus 2022.

Jamnas dibuka langsung oleh ketua Kvarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn.) Budi Waseso. Turut hadir Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan tamu undangan lainnya.

Dalam Jamnas XI, Budi Waseso melaporkan, terdapat 11.506 Pramuka yang menominasikan delegasi triwulan cabang (kabupaten/kota) dari seluruh tanah air dan Gudep yang berbasis di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), serta delegasi dari organisasi Pramuka di kawasan Asia – Pasifik.

Ada ratusan kegiatan Jamnas di Buperta Cibubur. Antara lain Kepramukaan Keterampilan, Desa Pembangunan Berkelanjutan yaitu peran Pramuka dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Desa Teknologi, Kegiatan Petualangan, Forum Raising, Permainan Persaudaraan dan Wisata Edukasi di Kota Jakarta.

“Jamnas ini bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang. Dan yang terpenting, komitmen terhadap pengakuan dan pengamalan kode etik Pramuka yaitu Pramuka Satya dan Darma,” kata Budi Waseso dalam sambutannya.

Budi melanjutkan, Jamna XI yang digelar pekan ini juga diarahkan untuk mencapai tujuan gerakan Pramuka. Ini adalah pengembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik (sesosif) untuk membentuk manusia yang berkarakter, berakhlak mulia dan mandiri melalui kegiatan di perkemahan.

Kegiatan Jamna bersifat edukatif, rekreatif, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif dan menantang, dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan berupa permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan lomba.

“Meskipun kami senang dapat menghadiri peringatan Hari Pramuka saat ini, serta perayaan HUT ke-60 gerakan Pramuka, pandemi Covid-19 yang berlangsung selama setahun memaksa kami untuk disiplin menahan diri, untuk peduli dan berusaha membantu mengatasi pandemi ini,” tegasnya.

Oleh karena itu tema Dies Natalis ke-60 Gerakan Pramuka adalah “Pramuka Tanpa Lelah Mengabdikan Diri untuk Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional”. Sedangkan slogan yang menjadi inti dari tema tersebut adalah “Show Service Without Stop”.

Kondisi pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan telah berdampak pada banyak orang. Begitu pula dengan gerakan Pramuka. Banyak kegiatan yang harus dihentikan, termasuk kegiatan latihan pribadi di kelompok depan – kelompok depan Pramuka.

“Tapi kita tidak boleh menyerah dan menyerah. Sebaliknya, kita harus menghadapi tantangan dengan semangat Pramuka, jangan pernah putus asa dan tetap mau membantu dan berdiri teguh,” ujarnya lagi.

Di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan 14 anggota Pramuka Kota Bogor merupakan bagian dari Jamnas XI. Baginya, Dedie berharap bisa mewakili Kota Bogor di tingkat nasional.

“Ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kwarcab Kota Bogor. Anggota yang mengikuti Jamnas dapat aktif dan berhasil mengikuti seluruh rangkaian kegiatan,” kata Dedie.

Kegiatan Jamnas ini, lanjut Kak Dedie, panggilan akrabnya, menjadi momen bagi para anggota untuk mengasah kemampuannya. Kota Bogor harus menjadi contoh yang baik bagi peserta lainnya.

Usai pembukaan, Wakil Walikota Bogor bersama Ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya juga mengunjungi anggota yang mewakili Jabar (termasuk Kota Bogor).

Bahkan Dedie sempat melihat tenda-tenda anggota Pramuka Kota Bogor dan memotivasi mereka. [] Hari

Source: bogor-kita.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button