Peristiwa F1H20 di Danau Toba merupakan peluang normalisasi ekonomi - WisataHits
Jawa Barat

Peristiwa F1H20 di Danau Toba merupakan peluang normalisasi ekonomi

Bogoronlinetravel – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengundang media nasional untuk mempromosikan Kejuaraan Dunia Powerboat Formula Satu Danau Toba (F1 H20) di Sumatera Utara.
Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (11/12/2022) mengatakan, kejuaraan tertinggi atau F1 kapal motor di Danau Toba yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 – 24 November 2022 .hingga 26 Februari 2023 merupakan salah satu strategi pemulihan ekonomi dan peluang usaha bagi masyarakat.

“Kegiatan F1 H20 ini sangat penting karena kelas ini seperti MotoGP yang kami harapkan dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. Dengan adanya ajang internasional ini, kami berharap dapat menghidupkan kembali perekonomian masyarakat, khususnya UMKM,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Baparekraf Dwi Marhen Yono mengatakan, pihaknya secara khusus menggelar kegiatan bertajuk “Perjalanan Pengenalan Media Nasional di Danau Toba”. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mempopulerkan lomba jet air yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian warga setempat, guna meningkatkan citra positif Danau Toba di mata dunia.
“Acara ini diadakan di Balige, kami berharap acara ini dapat meningkatkan citra dan daya tarik Danau Toba di dunia internasional. Kemudian bisa menciptakan lapangan kerja karena diharapkan 25.000 turis datang untuk melihat F1 H20,” ujarnya.

Untuk itu, kata Marhen, jelang ajang balap bertajuk F1 PowerBoat Danau Toba Indonesia, pihaknya berupaya memperkenalkan ajang tersebut kepada masyarakat dan mempromosikan keindahan Danau Toba dengan segala potensi yang dimiliki.
“Pada 2022 hanya ada enam seri balap F1H20. Tahun 2023 akan ada lagi dan Danau Toba akan menjadi awal dari rangkaiannya. Ini secepat F1 di darat kecuali dilakukan di air. Kecepatannya juga bisa mencapai 200-240 kilometer per jam. Kami berharap acara ini dapat membuat keindahan Danau Toba lebih dikenal dunia dan banyak wisatawan mancanegara juga akan datang,” ujarnya.
Kemudian Bupati Toba Poltak Sitorus optimistis acara H20 FI bisa terselenggara dengan sukses. Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat Toba, khususnya yang terkena dampak diadakannya acara ini, agar membantu pemerintah mensukseskan acara tersebut.

“Untuk itu masyarakat harus bisa memanfaatkan event ini untuk mempromosikan semua produk UMKM lokal seperti kopi bubuk, serta souvenir lainnya seperti Ulos berupa fashion, serta aneka jajanan. Sehingga event internasional ini memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button