Pesan liburan akhir tahun, tiket, dan hotel sekarang untuk lebih berhemat - WisataHits
Yogyakarta

Pesan liburan akhir tahun, tiket, dan hotel sekarang untuk lebih berhemat

TEMPO.CO, jakarta – Liburan akhir tahun bisa menjadi momen yang dinanti-nanti orang sepanjang tahun. Saat ini merupakan kesempatan bagi seluruh anggota keluarga untuk berkumpul dan berlibur bersama. Tahun ini tidak terkecuali.

Apalagi tahun ini, liburan akhir tahun bisa dirasakan lebih leluasa dengan situasi Covid-19 yang cukup bersahabat, dan banyak orang yang sudah divaksin. Pegipegi, aplikasi pemesanan perjalanan, juga melihat kinerja pemesanan yang baik.

“Kami melihat keinginan untuk berwisata relatif baik menjelang akhir tahun 2022. Oleh karena itu, wisatawan perlu merencanakan perjalanan akhir tahun lebih awal agar mendapatkan tarif yang lebih terjangkau dan hemat biaya,” kata Ryan Kartawidjaja, Vice President Commercial and Marketing Pegipegi, dalam keterangannya.

Ya, perencanaan perjalanan itu penting sebelum Anda pergi berlibur. Apalagi di penghujung tahun ketika mungkin beberapa orang akan melakukan hal yang sama.

Cari akomodasi liburan dan transportasi di akhir tahun

Harga akomodasi dan transportasi menjelang liburan akhir tahun akan lebih mahal dari waktu normal. Jadi orang harus memesan lebih cepat agar biaya bisa ditekan.

Berdasarkan data Pegipegi median harga hotel di 19 daerah populer di Indonesia, rata-rata kenaikan harga hotel saat ini adalah musim ramai 15 persen cenderung lebih mahal daripada periode musim sepi. Di Yogyakarta, misalnya, kenaikan harga hotel bisa mencapai 36 persen.

Hal yang sama berlaku untuk tiket. Pada musim liburan akhir tahun, misalnya, diperkirakan terjadi kenaikan tiket pesawat sekitar 10 hingga 20 persen.

Pelancong yang memesan lebih awal dapat menghemat 15 hingga 35 persen untuk akomodasi dan 10 hingga 20 persen untuk transportasi.

Sebelum pandemi Covid-19, tren kenaikan harga akomodasi menjelang liburan akhir tahun biasanya dimulai pada bulan Desember. Namun, kenaikan harga pascapandemi diperkirakan akan tertunda pada pertengahan atau akhir November. Sementara itu, tren kenaikan tarif angkutan udara dimulai pada akhir November dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2022.

“Pada periode Oktober hingga November, harga akomodasi dan tiket transportasi belum naik, jadi ini saat yang tepat untuk melakukan pemesanan. Traveler bisa memanfaatkan promo pesan lebih awal disajikan Agen Perjalanan Online (OTA) untuk mendapatkan harga akomodasi dan tiket transportasi yang lebih murah,” kata Ryan.

Destinasi liburan populer di akhir tahun

Pegipegi melihat lonjakan pemesanan akomodasi di sejumlah destinasi selama musim liburan akhir tahun. Ada 10 kota dengan transaksi semalam terbesar yakni Malang, Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Bali, Semarang, Surabaya, Bogor, Solo, dan Banjarmasin.

Selain itu, Pegipegi mencatat penggunanya yang melakukan perjalanan udara diharapkan melakukan perjalanan ke destinasi populer seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, Bali, Batam, Pekanbaru, Yogyakarta, dan Palembang. Siapa yang melatih, bus u Bepergian untuk liburan akhir tahun diharapkan berwisata ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bekasi, Tangerang, Malang, Bogor, Solo, Purwokerto, Surakarta dan Tegal. Sementara Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Australia menjadi prakiraan destinasi wisata mancanegara yang banyak dicita-citakan wisatawan.

Baca juga: Simak 15 tips menghindari stres selama liburan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button