Pemkab Pekalongan luncurkan program Jembatan Digital di kawasan pegunungan - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkab Pekalongan luncurkan program Jembatan Digital di kawasan pegunungan

Pekalongan (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah meluncurkan program Jembatan Digital untuk memberikan kemudahan layanan jaringan teknologi informasi dan komunikasi kepada masyarakat di kawasan pegunungan Kabupaten Lebak Barang.

“Pada hari itu, bersama Icon Plus, anak perusahaan PLN, kami membuka jaringan fiber optik di 11 kantor desa, 1 kecamatan, 4 sekolah dan 1 puskesmas di Kecamatan Lebak Barang,” kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq di Pekalongan, Rabu.

Menurutnya, pemasangan “Jembatan Digital” membutuhkan kabel jaringan serat optik sepanjang 51 kilometer.

Keberhasilan pemasangan jaringan teknologi informasi dan komunikasi ini berkat kerjasama antara pemerintah kabupaten dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Icon Plus.

“Kami berharap program Jembatan Digital ini bisa diterapkan di kecamatan lain sehingga hak-hak masyarakat terpenuhi,” ujarnya.

Fadia Arafiq mengatakan, di era transaksi digital ini, pengusaha dan masyarakat akan didukung dengan dibangunnya jaringan internet ini.

Baca Juga: Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Dorong Koperasi Adopsi Teknologi Digital

“Saya yakin para pebisnis akan lebih antusias dengan fiber ini. Kami juga berharap jaringan internet dapat mempromosikan desa wisata kepada warga di daerah ini,” ujarnya.

Hendrik Permajaya, General Manager Icon Plus Semarang PT Indonesia Comnets Plus, mengatakan Icon Plus sebagai anak perusahaan PT PLN yang bergerak di bidang telekomunikasi berhak melakukan penarikan jaringan melalui tiang PLN.

“Dengan penggunaan tiang PLN yang berlebihan, insyaallah kita bisa mengirimkan kebutuhan di daerah dengan kerjasama yang akan dilakukan nanti. Kami mampu memperluas jaringan telekomunikasi ke daerah-daerah yang sulit dijangkau, termasuk daerah tanpa jaringan (kosong spot),” ujarnya.

Hendrik berharap jaringan internet yang dibangun akan semakin mempermudah efisiensi kerja dan meningkatkan produksi usaha bagi para pelaku usaha.

“Dengan adanya jaringan telekomunikasi ini mudah, dapat meningkatkan efisiensi kerja, produktivitas dan tatanan ekonomi yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga: G20 EMPOWER Dorong Pertumbuhan Ketahanan dan Keterampilan Digital Perempuan
Baca Juga: Jogo Konco, Cara Ganjar Pranowo Cegah Kekerasan Terhadap Anak Secara Digital

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button