10 Tempat Wisata Sejarah di Surabaya, Pernah Berkunjung Ke sana? : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

10 Tempat Wisata Sejarah di Surabaya, Pernah Berkunjung Ke sana? : Okezone Travel

KOTA Surabaya menjadi saksi peristiwa 10 November 1945. Saat itu, bangsa Indonesia bersikeras mempertahankan kemerdekaan setelah proklamasi 17 Agustus 1945.

Maka tidak heran jika kota Surabaya disebut sebagai kota pahlawan. Penyematan julukan sebagai bentuk penghormatan atas terjadinya peristiwa tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 tempat wisata sejarah di Surabaya yang bisa Anda kunjungi.

1. Monumen Pahlawan

Tugu Pahlawan didirikan untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek Suroboyo berperang melawan Sekutu bersama Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia.

Tugu Pahlawan ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November dan memperingati peristiwa tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam Perang Revolusi.

Hotel ini terletak di Jalan Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, atau tepatnya dan dekat dengan kantor Gubernur Jawa Timur. Dan menjadi ikon kota Surabaya sebagai kota pahlawan.

Tugu Pahlawan Surabaya

(Foto: Instagram/@anas_fw)

2. Jalan Gula dan Jalan Gum

Buat kamu yang mencari spot foto vintage, kawasan Jalan Gula dan Jalan Karet Surabaya bisa jadi salah satu rekomendasinya, lho. Saat berada di sini, Anda akan merasakan suasana kolonial yang cukup padat.

Seperti diketahui, Jalan Gula pernah menjadi pusat pabrik tembakau Belanda. Terletak di Jalan Karet, kawasan ini dikenal sebagai pusat niaga yang ramai di Surabaya pada masa penjajahan Belanda.

3. Rumah Rokok

Berikutnya adalah Gedung Cigar yang berlokasi di Jalan Rajawali, Anda akan merasakan suasana tempo dulu saat berkunjung ke gedung tersebut.

Disebut Gedung Rokok karena gedung yang satu ini sangat unik dengan menara yang menyerupai cerutu. Terlepas dari namanya, bangunan ini tidak ada hubungannya dengan merokok.

4. Hotel Yamato

Masih ingatkah Anda dengan peristiwa di mana bendera Belanda dirobek menjadi bendera merah putih? Peristiwa bersejarah ini terjadi di atas Hotel Yamato, dan sampai hari ini bangunan tersebut masih berfungsi secara umum sebagai hotel.

Hotel Yamato

(Foto: ecosaputro287.blogspot.co.id)

Namun seiring berjalannya waktu, Hotel Yamato berganti nama menjadi Hotel Majapahit. Situs ini terletak di Jalan Tunjungan, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

5. Monumen Jenderal Soedirman

Wisata sejarah di Surabaya lainnya adalah Monumen Jenderal Soedirman di Jalan Yos Sudarso, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Seperti diketahui, Jenderal Soedirman adalah pahlawan besar Indonesia dan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang pertama.

Untuk memperingati jasa-jasanya dan memperingati Hari Pahlawan, maka didirikanlah monumen Jenderal Soedirman pada tanggal 10 November 1970.

Baca juga: Peduli Pejuang Kanker Donasi Rambut Bersama Lifebuoy x MNC Peduli Sedang Berlangsung!

6. Jembatan Merah

Jembatan Merah juga merupakan salah satu wisata sejarah di Surabaya. Dulunya dibangun untuk menghubungkan Surabaya timur dengan wilayah barat.

Jembatan ini dibangun sebagai tempat pertahanan para pejuang saat Pertempuran Pemuda Surabaya dengan pasukan Brigadir Jenderal Mallaby. Kini tempat itu bisa dilintasi sesuka hati dan dikenang sejarahnya.

7. Penjara Kalisosok

Lalu ada penjara Kalisosok, dimana tempat ini menjadi saksi sejarah peristiwa 10 November 1945. Itu adalah tempat pemenjaraan tokoh-tokoh penting Indonesia seperti Soekarno, KH Mas Mansyur, WR Soepratman dan HOS Tjokroaminoto.

Tembok penjara Kalifigur

(Foto: Instagram/@dh_geraldus)

Penjara Kalifigur dibangun pada masa Gubernur Jenderal Herman Williams Daendels, sebuah penjara yang didirikan pada tahun 1808 dan masih beroperasi hingga sekarang.

8. Rumah Sakit Darmo

Rumah sakit yang dulu bernama Soerabaiasche Zieken Verpleging (SZV) ini didirikan pada tahun 1897 oleh pemerintah Belanda.

Dahulu, Rumah Sakit Darmo merupakan markas penting militer Belanda. Saat ini RS Darmo masih eksis dengan mempertahankan bangunan khas jaman dulu dan merupakan salah satu RS tertua di Surabaya.

9. Makam Peneleh

Makam Peneleh sudah ada sejak tahun 1814 dan merupakan makam seorang warga negara Belanda. Kuburan ini memiliki ciri khas pemakaman Eropa bergaya gothic.

Saat Anda memasuki area pemakaman ini, jangan heran jika Anda melihat banyak patung Romawi dan batu nisan yang masih terlihat jelas.

Makam Peneleh

(Foto: Instagram/@didi_herde)

10. Museum Surabaya atau Gedung Siola

Museum ini dulunya merupakan gedung perusahaan yang menjual pakaian khas Inggris dengan nama White Laidlaw.

Sejarah menyebutkan bahwa bangunan ini dulunya merupakan tempat pertahanan Sekutu, namun setelah kemerdekaan, bangunan ini berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan dan sekarang bangunan Siola digunakan sebagai museum.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button