Pemerintah mendorong pembangunan PSN di berbagai daerah - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah mendorong pembangunan PSN di berbagai daerah

INFORMASI NASIONAL – Pemerintah saat ini berupaya menyelesaikan 200 proyek strategis nasional dan 12 program strategis nasional dengan nilai investasi Rp 5.481,4 triliun yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Penyelesaian proyek ini sesuai dengan Permenko Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022.

PSN merupakan proyek yang memiliki nilai investasi tinggi dan dampak ekonomi yang luas, mis. B. di bidang jalan raya, pelabuhan, rel kereta api, bandar udara, bendungan, energi, listrik dan telekomunikasi. Tersebar di seluruh Indonesia, PSN mencakup 14 program multisektoral dan 12 program yang tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur fisik, tetapi juga pada pemerataan ekonomi, ketahanan pangan, pembangunan perbatasan, teknologi dan pendidikan.

PSN berdampak positif bagi tenaga kerja, menampung sekitar 1,95 juta orang selama periode empat tahun (periode 2020-2024). Dampak ini sesuai dengan perkiraan penyerapan investasi oleh PSN-PSN. Bahkan, potensi penyerapan tenaga kerja untuk pembangunan ekonomi berbasis pembangunan daerah diprediksi akan mencapai 11 juta orang sejak 2016.

“Ke depan, kita semua memiliki peran untuk mewujudkan pemerataan kekayaan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan menyerap tenaga kerja. Jika ini selesai, Indonesia akan memiliki potensi berupa produk domestik bruto (PDB) sebesar US$7 triliun dan akan masuk dalam 5 besar ekonomi dunia,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Sekilas tentang Infrastruktur. Transformasi Menghadapi Indonesia Maju 2045”, secara virtual di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Kamis 27 Oktober 2022.

Setelah Indonesia memegang tampuk kepresidenan G20 Indonesia tahun ini, Indonesia juga akan memainkan peran penting sebagai ketua ASEAN tahun depan. Agenda ini akan mendorong penguatan peran Asia dalam perekonomian dunia dengan tiga pilar utama yaitu: pembangunan kembali pemulihan, ekonomi digital, dan keberlanjutan. Ketiga pilar tersebut merupakan komitmen untuk meningkatkan produktivitas ekonomi, mewujudkan ketahanan, dan mengantisipasi krisis yang akan dihadapi masyarakat global.

“Dinamika kepresidenan ini diharapkan dapat melahirkan ide dan gagasan baru, terutama peran pemuda sebagai agen perubahan yang dapat membawa warna baru bagi pembangunan ekonomi Indonesia,” kata Menko Airlangga di acara yang merupakan bagian dari Ekon Goes. adalah Seri Kampus.

Di sisi lain, selama ini minimnya investasi di sektor infrastruktur, sehingga menimbulkan kesenjangan infrastruktur (kesenjangan infrastruktur) besar. Hal ini menyebabkan Indonesia mengalami defisit infrastruktur selama bertahun-tahun, terutama setelah krisis ekonomi tahun 1998. Pada tahun 2017, Indonesia telah mengejar stok modal infrastruktur baru sekitar 43 persen dan masih di bawah negara-negara G20 yang mencapai rata-rata 70 persen. Persen.

Hal itu dijelaskan Wahyu Utomo, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kesenjangan infrastruktur harus menjadi fokus. Semakin kecil, semakin besar peluang untuk mempercepat pembangunan infrastruktur nasional.

“Selama ini pemerintah berhasil menunjukkan keberhasilan nyata di bidang infrastruktur. Pelan tapi pasti, Indonesia semakin dekat kesenjangan infrastruktur Ini untuk mencapai cita-cita menjadi negara maju dan menyambut Indonesia Emas 2045,” kata Wahyu yang juga menjabat sebagai ketua tim pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Untuk menandai kesempatan tersebut, KPPIP juga meluncurkan buku berjudul “Indonesia Emas 2045: Infrastruktur untuk Ekonomi yang Unggul, Berkeadilan dan Berkelanjutan”. Buku ini mengkaji lebih jelas implikasi dan manfaat pembangunan infrastruktur bagi kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa, yang dimediasi langsung oleh para pemangku kepentingan, termasuk penerima manfaat Program Strategis Nasional (PSN) di berbagai daerah.

Buku ini juga merangkum gambaran langsung manfaat infrastruktur dari aspek ekonomi, sosial dan kemanusiaan di 17 titik di 9 provinsi yang merata di Indonesia. Lokasi PSN yang menjadi tempat pendataan bervariasi mulai dari proyek bendungan dan jaringan pelengkapnya, bandara dan kereta api bandara, proyek pelabuhan, proyek jalan tol, proyek pengolahan sampah menjadi tenaga listrik, proyek metalurgi, proyek integrasi industri manufaktur, proyek teknologi proyek infrastruktur, proyek pengadaan tangki BBM dan proyek pos lintas batas.

“Buku ini ditulis sebagai salah satu upaya KPPIP untuk memberikan gambaran tentang berbagai dampak signifikan yang ditimbulkan oleh pembangunan infrastruktur PSN, termasuk mengkaji isu-isu kunci yang menghambat pembangunan infrastruktur, mulai dari pendanaan, pembebasan lahan dan kendala perencanaan hingga konstruksi,” Wahyu dikatakan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan infrastruktur merupakan modal sosial dasar, sehingga Provinsi Jawa Timur sangat concern terhadap pembangunan infrastruktur.

Dengan jumlah penduduk 40 juta jiwa, Provinsi Jawa Timur merupakan penyumbang terbesar kedua bagi perekonomian nasional, sehingga prioritas pembangunan ekonomi provinsi ini adalah sektor industri, jasa dan PSN.

“Salah satu proyek yang dikejar hingga selesai adalah sistem penyediaan air atau bendungan yang sangat penting untuk mendukung kawasan industri, kemudian sistem perlindungan banjir agar tidak ada masalah logistik, dan juga sistem transportasi dengan mendorong pembangunan tol. jalan, yang banyak Menghubungkan daerah di Jawa Timur,” kata Wakil Gubernur Emil.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button