Apakah ada Björka di Madiun? Jelas adalah hutan pinus Nongko-Ijo dan monumen Kresek - WisataHits
Jawa Timur

Apakah ada Björka di Madiun? Jelas adalah hutan pinus Nongko-Ijo dan monumen Kresek

TEMPO.CO, jakarta – Madiun belakangan ini menjadi sorotan karena seorang pemuda penjual es krim asal Desa Banjaransari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun ditangkap oleh tim cyber polisi, tersangka Bjorka. Hacker diburu oleh pemerintah karena membocorkan banyak data pribadi pejabat dan beberapa tokoh di Indonesia.

Terlepas dari masalah tersebut, Madiun memiliki daya tarik wisata yang menyaingi daerah lain. Kutipan dari p2k.unkris.ac.idKota Madiun disebut juga sebagai kota gadis (perdagangan, pendidikan dan industri), memiliki destinasi wisata yang beragam mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Daftar Wajib Kunjungi Destinasi Wisata Madiun

1. Hutan Pinus Nongko-Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur memanjakan mata pengunjung dengan pepohonan pinus yang menjulang tinggi yang sangat indah. Hutan ini berada di kaki Gunung Wilis, sehingga udara disana terasa sangat sejuk.

Selain itu, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan camping ground bagi pengunjung. Berbagai fasilitas menarik seperti restoran, rumah pohon dan ruang terbuka untuk relaksasi juga dihadirkan di hutan pinus Nongko-Ijo ini.

2. Taman Wisata Gunung Kendil

Taman Wisata Gunung Kendil terletak di Pilangrejo, Wungu, Madiun. Destinasi wisata ini menawarkan suasana pegunungan yang luas dan indah mulai dari perbukitan, hutan hingga persawahan yang bisa dilihat dari taman wisata ini. Taman wisata ini memiliki keunikan yaitu perbukitan Gunung Kendil yang didominasi warna coklat berupa tebing tanpa pepohonan.

Selain sebagai tempat tujuan wisata, Gunung Kendil juga dijadikan arena sepeda motor dan mobil off-road. Tempat ini juga merupakan tempat yang populer untuk melihat keindahan matahari terbenam.

3. Kawasan Wisata Anggur

Destinasi wisata terdekat terletak lima belas kilometer dari kota Madiun, tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Di Wana Wisata Grape menyuguhkan hamparan hutan yang asri berpadu dengan panorama persawahan dan perbukitan.

Jika Anda mencari tempat untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk suasana kota, Wana Wisata Anggur adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Untuk Gen Z, tempat ini cocok obat.

4. Air Terjun Severu

Mulai dari samping disparpora.madiunkab.go.id, Air Terjun Seweru terletak di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata di Madiun yang wajib dikunjungi. Namun, untuk sampai ke Air Terjun Seweru perjalanannya cukup berat, sehingga nantinya segala usaha akan terbayar dengan keindahan sajiannya.

Letaknya yang berada di lereng Gunung Wilis dan berada pada ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut seluas sekitar 6 hektar memberikan pemandangan dan suasana yang istimewa pada air terjun Seweru.

5. Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus terletak di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro. Destinasi wisata ini berupa waduk yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi warga setempat dan juga sebagai tempat rekreasi. Selain itu banyak ditemukan fosil purbakala di sekitar Waduk Kedungbrubus dimana menurut penelitian para ahli Sungai Kedungbrubus merupakan sungai purba dan berkerabat dengan Trinil di Ngawi.

6. Tugu Kresek

Destinasi wisata selanjutnya adalah tempat bersejarah yang bernama Tugu Kresek. Lokasi Tugu Kresek hanya berjarak 8 kilometer arah timur Kota Madiun.

Tugu ini merupakan salah satu destinasi wisata di Madiun yang dibangun untuk memperingati tragedi politik berdarah tahun 1948. Tragedi pemberontakan PKI di Madiun tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Pasalnya, tragedi ini menelan banyak korban jiwa di Desa Kresek, mulai dari anggota TNI, aparat desa hingga warga biasa.

RACHEL FARAHDIBA R

Baca: Wisata Sejarah Kota Madiun, Datanglah ke Madiun Tempoe Doeloe

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button