International Ultra Trail Bontang, Ajang Wisata Olahraga Dunia - WisataHits
Jawa Timur

International Ultra Trail Bontang, Ajang Wisata Olahraga Dunia

TIMESINDONESIA, BONTANG – Acara lain untuk dihidupkan kembali Hari Jadi Kota Bontang Tahun ke-23 akan berlangsung besok, Minggu (16/10/2022). Seakan acara bertajuk International Ultra Trail Bontang (IUTB) ini tidak ada habisnya, menjadi satu-satunya agenda global di antara puluhan agenda HUT Kota Bontang yang ada.

Bayangkan sejumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari seluruh pulau di seluruh nusantara. Sebut saja dari Makassar, Bandung, Jakarta, Jawa termasuk peserta dari Kalimantan.

Dari 314 peserta yang terdaftar. Ketiga peserta yang lari puluhan kilometer itu berasal dari Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman.

Ketiga peserta tersebut merupakan pelari trail internasional yang telah berlaga di berbagai ajang di Indonesia bahkan dunia.

Berbicara kepada tim media konferensi, ketua panitia David mengatakan, event trail running yang pertama kali diiklankan di Pulau Kalimantan ini rupanya sudah menarik antusiasme masyarakat sejak dilepasliarkan dari Bontang hingga Kaltim.

Namun karena rute dan jarak yang ditempuh cukup menantang, panitia menyeleksi setiap peserta. Khusus untuk kategori 60K, peserta minimal harus memiliki pengalaman sebagai trail runner di ajang marathon.

“Kami sedang menyaring peserta yang mengikuti kegiatan Ultra ini. Terutama yang 60.000 kilo, itu terkait dengan alasan kesehatan dan keselamatan,” katanya.

Lebih lanjut Lukman menjelaskan, wakil ketua panitia IUTB. Dijelaskannya, di setiap ajang Ultra Trail, keselamatan pelari adalah prioritas. Pasalnya, medan dan rute yang dilalui para pelari menjadi pembeda dari lomba lari pada umumnya.

Setiap lintasan, baik 12 km, 21 km atau bahkan 60 km, dilalui para pelari melewati kawasan hutan di kawasan perkebunan warga, Taman Nasional Kutai dan pegunungan.

Tak hanya itu, khusus untuk lomba 60km, pihaknya sudah menyiapkan rute yang melewati titik gua. Gua tersebut kini menjadi salah satu tempat yang diperkenalkan panitia sebagai objek wisata di Kabupaten Kutai Timur.

Ultra-Trail-Bontang-2.jpgAipda Ahmad Bajuri, Ketua ALTI Bontang menjelaskan persiapan kegiatan kepada awak media (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

“Pelari kita harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter, terutama untuk pelari 60k yang sudah berlari minimal satu kali maraton. Tim kami, baik tim kesehatan maupun tim sweeping, sudah ditempatkan di lokasi,” katanya.

Selain itu, Lukman menjelaskan, panitia berharap dapat menjaga tingkat kebugaran para peserta. Pihaknya melibatkan tim medis dari RS Pupuk Kaltim dan RS Islam Bontang. Seperti tim keamanan, panitia bekerja sama dengan pasukan pertahanan anti-rudal dan polisi Bontang.

“Tim medis bekerja sama dengan dua RS dan Puskesmas BU 2 yaitu RS PKT dan RSIB,” ujarnya

Selain itu juga melibatkan masyarakat sekitar lintasan. Setiap titik rute dilokalisasi. Mengingat lokasinya yang terpencil, warga setempat diharuskan memantau arah pelari untuk memastikan mereka tidak meninggalkan sirkuit.

“Kami melibatkan warga sekitar. Di setiap posko kita libatkan warga sekitar, bersama 15 orang dari Polres Kutai Timur,” kata Lukman.

Sementara itu, Ketua ALTI Bontang Aipda Ahmad Bajuri mengatakan, kegiatan pertama dengan hadiah terbesar dalam acara Ultra Trail adalah kegiatan wisata olahraga.

“Memperkenalkan kegiatan lari dan potensi alam yang indah di Kaltim. Tidak hanya di Bontang di Kutai Timur tentunya,” kata Bajuri.

Berolahraga dengan destinasi pariwisata secara sinergis adalah cara terbaik untuk membangkitkan potensi pariwisata di Kota Bontang bahkan di Kaltim.

“Delapan puluh persen rute yang ditempuh berada di Kutai Timur. Potensi ini tidak hanya dikenal di Bontang dan Timor Leste tetapi juga Indonesia dan luar negeri, sehingga mereka memiliki semangat untuk meningkatkan pariwisata di Kota Bontang,” jelasnya.

Tak lupa terima kasih Bajuri atas dukungan dari Pemkot Bontang, DPRD Bontang, semua perusahaan yang membantu, serta uang sponsorship untuk para pekerja media lokal dan nasional.

“Terima kasih atas dukungan Pemkot Bontang, DPRD, perusahaan dan semua pihak. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan aman,” tutupnya.

Hadiah ratusan juta rupiah itu diketahui menjadi hadiah terbanyak di ajang lari ultra trail nasional. Dipastikan 314 pelari International Ultra Trail Bontang (IUTB) akan unjuk gigi dan tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button