Pemerintah Kabupaten Garut akan segera mengesahkan Perda Pelestarian Domba Garut - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Garut akan segera mengesahkan Perda Pelestarian Domba Garut

PESAN PRIBADI – Pemerintah Kabupaten Garut terus berupaya melestarikan domba Garut yang merupakan salah satu ikon Garut. Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk penyusunan Perda Konservasi Domba Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan saat ini populasi domba di Garut sudah mencapai 1,3 juta ekor. Dari jumlah tersebut, 30.000 domba memiliki kualitas kelincahan atau domba aduan.

Menurutnya, domba ketangkasan atau domba adu garut memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis domba lainnya.

Baca Juga: Banyak Warga Garut Sakit, Dinas Kesehatan Garut Kirim Petugas ke Lapangan

Pasalnya, harga domba aduan Garut bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah per ekor.

“Populasi domba di Garut sangat besar, mencapai 1,3 juta ekor, dan sekitar 30.000 ekor di antaranya adalah domba aduan atau lebih dikenal dengan domba Garut. Harga domba Garut sangat tinggi, apalagi kalau sudah memenangkan persaingan, bahkan bisa mencapai ratusan juta,” kata Rudy.

Menurut Rudy, domba Garut kini tersebar di mana-mana. Tidak hanya di kabupaten/kota lain di Jawa Barat Domba Garut juga dipelihara di luar Jawa Barat.

Baca Juga: Perusahaan Pariwisata di Garut Ikuti Pelatihan Digital Marketing

Melihat hal tersebut, Rudy mengapresiasi pentingnya menjaga kelestarian domba Garut. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Pemerintah Kabupaten Garut membuat kerangka hukum berupa peraturan daerah tentang konservasi domba Garut.

Ia mengatakan peraturan daerah tentang konservasi domba Garut akan segera disahkan. Rencananya, pengesahan perda ini akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2022.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button