Pemekaran Kabupaten Tasikmalaya berlanjut, Wakil Ketua BKSAP sependapat - WisataHits
Jawa Timur

Pemekaran Kabupaten Tasikmalaya berlanjut, Wakil Ketua BKSAP sependapat

AdaTah.com – Wacana pemekaran Tasikmalaya menjadi dua kabupaten yaitu Tasikmalaya dan Tasikmalaya Selatan semakin menguat.

Rencana pemekaran Kabupaten Tasikmalaya dan Tasikmalaya Selatan didukung oleh DPR RI.

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (FCSAP) DPR RI, Mardani Ali Sera mendukung pemekaran Tasikmalaya Selatan dari Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Diakuinya, pemerintah masih memberlakukan moratorium pemekaran daerah selama tujuh tahun terakhir, selain dari ketentuan khusus (Lex Specialist) pemekaran Papua.

Baca Juga: 617 KKN UINSA Surabaya di 25 Destinasi Wisata Banyuwangi

“Saya pendukung pemekaran (wilayah Tasikmalaya). Sayangnya, ini masih moratorium hampir tujuh tahun. Hasil moratorium itu bagus, karena hasil kajian Kementerian Dalam Negeri terhadap beberapa produk otonomi baru tidak menyelesaikan masalah, tapi menguatkan. Namun jika melihat 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, sangat mungkin Tasikmalaya bisa berkembang lagi,” kata Mardani.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu membandingkan daerah di Tasikmalaya dengan daerah pemilihannya di Jakarta Timur yang hanya memiliki 10 kecamatan dengan total 44 kecamatan di seluruh DKI Jakarta.

Selain itu, saat ini terdapat tiga provinsi baru di Papua yang ditetapkan beberapa waktu lalu oleh DPR RI bersama Pemerintah dengan menggunakan Undang-Undang (UU) khusus untuk UU Papua, yaitu Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, dan Provinsi Papua. pegunungan.

Baca juga: Truk Diesel Tabrak Dua Pengemudi yang Mencari Tempat Berteduh di Masjid, Seorang Gadis Meninggal

Source: www.adatah.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button