Pembukaan IOI di Yogya, Kolaborasi untuk Kemajuan Teknologi Informasi – KRJOGJA - WisataHits
Yogyakarta

Pembukaan IOI di Yogya, Kolaborasi untuk Kemajuan Teknologi Informasi – KRJOGJA

BANTUL, KRJOGJA.com – Di era transformasi digital, dihadapkan pada tantangan masa depan dimana teknologi informasi berkembang pesat dengan inovasi yang masif, dibutuhkan talenta digital yang cerdas dan kritis serta kerjasama antar negara.

“Hingga 50 juta anak Indonesia siap berkarya dan berprestasi, di antaranya 8 pemuda Indonesia mengikuti ajang ini bersama pemuda dari 90 negara peserta,” ujar Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, saat membuka acara Olimpiade Internasional Informatika (I0I), 34 Februari 2022, di Laboratorium ISI Yogyakarta, Selasa (8/9/2022).

IOI akan diadakan di Yogya dari tanggal 7-15 Agustus 2022, dihadiri oleh 350 orang mahasiswa, ketua tim/tamu/komite internasional 300 orang, panitia/LO 250 orang. Terdiri dari 65 negara di situs dan 25 negara online. “Indonesia bangga menjadi tuan rumah acara hybrid online setelah 2 tahun berturut-turut. Untuk terus menjadi yang terbaik dalam kompetisi, bekerja sama,” kata Nadiem.

Pembukaan dimeriahkan dengan pengenalan Musik IOI oleh Direktur SMK Negeri 2 Kasihan Bantul, Pertunjukan Orkes di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul, Presentasi Balet Siswa ISI Yogyakarta, Delegasi Delegasi Peserta IOI 2022 dan Life Achievement Award 2022 yang diserahkan oleh Nadiem Iggriani Liem (dosen ilmu komputer ITB 1979- 2018).

Sekjen Kemendikbud RI Suharti didampingi Ketua IOI 2022 Brian Marshal, Presiden IOI Benjamin Burton dan Ketua Ikatan Alumni TOKI Reinhart Hermanus serta Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. . M Agus Burhan MHum mengatakan acara ini diikuti oleh 90 negara, sebagian besar peserta hadir secara langsung. “Semua peserta mendapatkan pengalaman yang luar biasa baik saat olimpiade maupun saat menikmati keramahan dan keindahan Yogya,” kata Suharti.

Sementara itu, Brian Marshal mengatakan bahwa acara ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sejak tahun 1989 dan telah hadir sejak tahun 1995. Rangkaian Acara IOI 34/2022 dengan Lomba, Pertemuan GA, Wisata Edukasi Malam Budaya berlangsung di Hyatt Regency, The Rich Jogja Hotel, ISI Yogya, Taman Wisata Candi Borobudur – Prambanan hingga Closing Ceremony pada Minggu (14/08). 2022) di Ramayana Ballet Open Stage,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Pan Asia Pacific Region Acer Inc. Andrew Hou secara virtual menyebut Acer sebagai perusahaan ICT terkemuka di dunia dan pemain utama di industri PC Indonesia sebagai pendukung resmi IOI dengan menawarkan laptop kepada semua peserta di Design yang mempresentasikan algoritma dan melakukan tugas pemrograman . (Anggur)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button