Pembangunan Masjid Al-Jabbar selesai pada 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Pembangunan Masjid Al-Jabbar selesai pada 2022

Pembangunan Masjid Al-Jabbar selesai pada 2022

Jawa Barat – Pembangunan Masjid Raya Al Jabbar dimulai pada 2017 dan dijadwalkan selesai pada 2020. Namun, perbandingan tersebut harus ditunda karena pandemi Covid-19.

Banyak warga Jabar yang mendukung dan berharap pembangunan masjid megah ini segera selesai dan siap digunakan. Namun, tak sedikit pula komentar negatif dari masyarakat, baik soal keterlambatan proses pembangunan maupun besarnya anggaran yang dihabiskan di tengah banyaknya janji politik Gubernur Ridwan Kamil yang belum terpenuhi. Misalnya terkait infrastruktur jalan dan jembatan, rumah sakit, sekolah, menghilangkan stunting dan menciptakan lapangan kerja.

“Dikatakan pembangunan masjid senilai Rp 1 triliun itu akan selesai seluruhnya pada Desember 2022,” kata Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanandy di akhir sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Terlepas dari pasang surut di masyarakat, Daddy percaya bahwa Masjid Agung Al Jabbar pada akhirnya adalah sebuah karya monumental yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

“Pembangunan monumental ini harus diselesaikan. Tidak mungkin kita bisa berhenti. Anggaran yang dialokasikan untuk Masjid Raya Al-Jabbar memang sangat besar, namun merupakan salah satu simbol dan akan menjadi kebanggaan Jawa Barat,” ujarnya.

Masjid Agung Al-Jabbar Ayah tidak hanya menjadi landmark tetapi juga bisa menjadi destinasi wisata religi unggulan.

“Ke depan akan banyak wisatawan lokal yang berkunjung,” ujarnya.

Desain masjid yang dibangun sejak kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan ini terbilang unik dan multifungsi.

“Masjid Raya Al-Jabbar akan memiliki dua lantai. Lantai dua untuk tempat salat sedangkan lantai pertama berisi museum. Museum ini awalnya dimaksudkan untuk dibagi menjadi lima ruangan, termasuk satu tentang Nabi, Ka’bah dan ilustrasi kedatangan Islam di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, “kata perwakilan daerah pemilihan Cirebon-Indramayu.

Daddy yakin konten di setiap ruangan museum akan spektakuler karena bekerja sama dengan pemerintah Arab Saudi.

“Hal ini juga sudah kami sepakati di DPRD Provinsi Jabar dengan memberikan dukungan dana melalui persetujuan dalam APBD. Semoga kehadiran Masjid Raya Al Jabbar dapat memberikan manfaat bagi semua orang,” pungkas Daddy dalam sambutannya. (hanya)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button