Pekerjaan Jalan Baru Tepus Jerukwudel Selesai, Progres JJLS DIY Dikebut - El Jabar - WisataHits
Yogyakarta

Pekerjaan Jalan Baru Tepus Jerukwudel Selesai, Progres JJLS DIY Dikebut – El Jabar

JOGJAKARTA, eljabar.com — Pembangunan ruas jalan Tepus – Jerukwudel di Jalan Lintas Selatan (JJLS) Daerah Istimewa Yogyakarta sudah rampung 100 persen.

Pekerjaan infrastruktur konektivitas di Kegubernuran Gunungkidul dikerjakan oleh PT Deltamarga Adyatama dan menelan biaya APBN Rp 149,83 miliar, sedangkan nilai jaminan pelaksanaan berdasarkan SPPBJ No PB.02.01-PJNWilDIY/P1.2/619 sebesar 7,49 miliar Rp.

Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi DIY Madia Gunawan mengatakan, PPK 1.2 Provinsi DIY akan memberikan informasi teknis terkait proyek strategis nasional tersebut.

“Silakan langsung ke PPK Pak Rokhmad,” kata Madia.

PPK 1.2 Provinsi DIY, Rokhmad Purnomo membenarkan bahwa pembangunan jalan baru tersebut sudah rampung. Bahkan sudah dilakukan serah terima tahap konstruksi pertama (PHO).

“Semua pekerjaan sudah selesai dan PHO sudah ada,” kata Rokhmad dalam keterangan tertulis yang diterima eljabar.com, Kamis, 1 Desember 2022.

Namun, Rakhmad tidak menjelaskan kapan serah terima pekerjaan tahap pertama akan dilakukan.

Berdasarkan data yang dihimpun eljabar.com, pembangunan jalan baru Tepus – Jerukwudel sepanjang 11 kilometer.

Selain mempermudah akses masyarakat, penyelesaian pembangunan tol Tepus-Jerukwudel juga akan membantu perekonomian sejalan dengan tujuan pembangunan JJLS.

Sedangkan progres konstruksi JJLS sepanjang 80 kilometer yang menghubungkan Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Wonogiri, diharapkan bisa tersambung pada 2024.

Sedangkan JJLS juga diharapkan dapat terkoneksi di wilayah Kabupaten Gunungkidul mulai dari Kapanewon Rongkop, Girisubo, Tepus, Tanjungsari, Saptori, Panggang hingga Purwosari.

Berbagai kalangan yang dihubungi eljabar.com mengaku optimis dengan dibangunnya jalan baru yang membelah perbukitan Gunungkidul akan mempercepat pemerataan pembangunan di Yogyakarta.

Sebelumnya, Kepala BBPJN Jateng-DIY Wida Nurfaida mengatakan pembangunan JJLS di wilayah DIY sepanjang 92,81 kilometer. Secara keseluruhan, pembangunan jalur Pansela DIY harus selesai pada akhir tahun 2024.

Terpisah, warga yang rumahnya berada di Jalan Raya Tepus Jerukwudel Purwanto mengaku sebagian besar warga menyambut baik pembangunan JJLS ruas Tepus – Jerukwudel. mendapat respon positif dari masyarakat. Mereka berharap setelah JJLS beroperasi dan ramai, mereka bisa membuka toko di jalan yang akan menjadi jalur utama pariwisata. (*pucat/merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button