Lomba Konten Kreator Bupati Malang: Disperpusip mengajarkan penyelamatan dokumen melalui unsur komedi - WisataHits
Jawa Timur

Lomba Konten Kreator Bupati Malang: Disperpusip mengajarkan penyelamatan dokumen melalui unsur komedi

WAKTU JATIM – Perpaduan konsep dan penulisan naskah yang baik, materi yang dibawakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Malang ini patut untuk disaksikan.

Meski sedang viral komedi dan unsur diksi di media sosial saat ini, video berdurasi dua menit ini bisa menjelaskan secara detail cara membuat catatan yang baik dan benar.

Baca Juga: Setiap ada warga yang menerima surat kematian, Kapolres Tulungagung rutin memberikan santunan

Merujuk pada akun media sosial resmi Disperpusip Kabupaten Malang yaitu @disperpusipkabmalang. Adegan dimulai dengan seorang pemuda yang tampak gelisah setelah keluar dari gedung perkantoran. Membawa tas di kedua bahu sambil membawa folder aplikasi. Sosok pemuda itu rupanya gagal lagi dalam melamar pekerjaan di sebuah kantor.

Tak berhenti sampai di situ, penderitaan pria itu bertambah saat mengetahui pacarnya memutuskan untuk berpaling ke pria lain. Frustrasi karena terus-menerus ditolak bekerja, pria itu akhirnya memilih jalan yang berbeda. Untuk mencoba peruntungan dalam berbisnis atau berwirausaha.

Adegan berubah ke hari berikutnya. Pria berbaju tie-dye rapi itu masuk ke perpustakaan Disperpusip Kabupaten Malang. Tujuannya untuk mencari referensi tentang perusahaan tersebut. Setibanya di lobby utama, pria tersebut disambut oleh resepsionis yang saat itu terlihat mengenakan hijab.

“Nona, apakah ada buku di sini?” tanya pria itu.

“Kamu bertanya, kamu bertanya-tanya. Kamu kadang-kadang. Lihat, ada banyak buku di sini. Buku apa yang ingin kamu baca?” jawab resepsionis.

Info disko Kabupaten Malang

Tak lama setelah mendapat balasan, lelaki itu pun membaca beberapa buku referensi bisnis dan kewirausahaan di perpustakaan Gayung for tat, kerja kerasnya membuahkan hasil. Di usianya yang masih belia, pria ini sukses membangun bisnis di bidang ikan hias.

Di puncak kesuksesannya, bisnis yang dijalankannya diuji. Yakni, tidak mendapatkan kontrak bisnis bernilai tinggi karena arsipnya hilang. Pria itu juga bertanya-tanya bagaimana cara menyimpan dokumen arsip yang baik dan benar.

Berangkat dari pertanyaan tersebut, staf dan pegawai Disperpusip Kabupaten Malang menjabarkan lima langkah konkrit pengamanan arsip.

Berikut rincian dan penjelasannya:

1. Sortir dokumen

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menyimpan arsip adalah penyortiran. Ada beberapa dokumen yang perlu dipisahkan saat menyimpan. Termasuk dokumen pribadi dan dokumen keluarga.

Dokumen pribadi ini dapat mencakup ijazah sekolah atau perguruan tinggi, sertifikat, ijazah atau penghargaan, dll. Adapun dokumen keluarga dapat dikategorikan sebagai kartu keluarga atau KK, akte kelahiran anak dan anggota keluarga, akte negara, dll dll.

Setelah disortir, asli dan fotokopi juga harus dipisahkan. Karena jika tidak dipilah atau diisolasi. Tentunya dokumen dan arsip akan tercampur aduk dan akan sulit bagi kita untuk mencarinya saat kita membutuhkannya.

2. Jangan laminasi

Mayoritas masyarakat saat ini biasanya memilih untuk melaminasi file, dokumen atau arsip mereka. Alasannya agar lebih aman dan tidak mudah rusak. Jika merujuk ke berbagai sumber, sebenarnya melaminasi dokumen bisa menyebabkan kerusakan. Terutama di bagian tertulis dokumen. Dimana pada saat laminating tulisan pada dokumen menempel pada plastik laminating.

Harap dicatat, dokumen seperti ijazah, sertifikat, surat nikah bebas asam. Jadi, dengan perawatan sederhana, dokumen bisa bertahan hingga 100 tahun tanpa perlu laminasi.

3. Cadangkan dokumen

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti B.hilang atau rusak. Arsip dokumen harus diamankan. Anda dapat melakukan ini dengan memindai atau memfotokopi. Dengan begitu, langkah mengamankan dokumen-dokumen tersebut juga bisa menjadi bukti apakah kita memiliki ijazah, data kependudukan, dll.

4. Simpan dokumen dengan baik

Tip sederhana. Sebaiknya simpan dokumen di tempat yang kering dan tidak lembab. Selain itu, kita juga perlu memastikan bahwa penyimpanan kita aman. Salah satunya aman dari rayap, tikus dan sebagainya.

Alangkah baiknya jika dokumen disimpan di brankas. Untuk menjaga keamanan dokumen ketika terjadi sesuatu yang tidak terduga. Seperti kebakaran, banjir dan sebagainya. Saat ini banyak produk berbentuk brankas yang dikatakan tahan api dan air. Obralnya juga gratis dan bisa didapatkan di beberapa toko atau toko peralatan rumah tangga.

5. Review dokumen secara berkala

Perlu untuk memeriksa dokumen. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa dokumen yang kami simpan aman dan tidak rusak. Jadi jika Anda punya waktu, silakan periksa dokumennya. Tidak perlu terlalu sering atau terlalu jarang. Tentu saja.

“Bacalah buku dengan rajin. Atur arsip, hidup saya akan sejahtera. Literasi menjamur, Malang sukses di Kontes Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022.

Untuk diketahui, Kontes Konten Kreator yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang bekerjasama dengan East Java Times telah berjalan sejak 31 Oktober lalu.

Pertama, penyelenggara memutuskan untuk membatasi masa pendaftaran hingga 23 November 2022. Namun setelah berbagai pertimbangan dan masukan dari calon peserta serta animo yang besar ingin mengikuti Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022, pihak penyelenggara akhirnya memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran.

Dengan keputusan tersebut, batas waktu pendaftaran Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 diperpanjang hingga 10 Desember 2022. Sementara itu, nominasi teratas akan diumumkan pada 13 Desember 2022.

Perlu diketahui, total hadiah yang disediakan panitia adalah Rp 44 juta. Dengan rincian sebagai berikut;

Kategori Harga Umum (tunggal)
sebuah. Juara 1 : Rp 4 juta
b. Juara 2 : Rp 3 juta
c. Juara 3 : Rp 2 juta

Hadiah Kategori Sekolah (Tim)
sebuah. Juara 1 : Rp 7,5 juta
b. Juara 2 : Rp 6 juta
c. Juara 3 : Rp 4 juta

Penghargaan Kategori Organisasi Peralatan Regional (Tim)
sebuah. Juara 1 : Rp 7,5 juta
b. Juara 2 : Rp 6 juta
c. Juara 3 : Rp 4 juta

Adapun peserta dari masing-masing kategori lomba adalah sebagai berikut:

– Umum (Perorangan)
Bisa dikunjungi oleh masyarakat umum segala usia dan karesidenan, tidak harus di kabupaten Malang. Pengelola pariwisata, hotel, dan pemangku kepentingan UMKM juga dapat berpartisipasi.

– Sekolah di Kabupaten Malang (Tim)
Misalnya: SDN 1 Banjararum, SMPN 1 Daarul Ukhuwwah Pakis, SMPN 2 Pakis, MAN Gondanglegi, SMK Diponegoro Tumpang, SMA Ar Rohmah Dau dan sebagainya.

Baca juga: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang dorong penyusunan laporan keuangan tahunan 2022

– Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Malang beserta satuan kerja (tim) di bawahnya
Misalnya : Diskominfo Kabupaten Malang, BKPSDM Kabupaten Malang, RS Lawang, Puskesmas Ampelgading, UPT Kepanjen Bina Marga Dinas, UPT Bapenda Singosari dan sebagainya.

Tema:
“Maju, Sukses Bersama Malang Sejahtera”

Kemudian untuk syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

– Memiliki kartu identitas (KTP/KTP/KTP), atau menggunakan kartu identitas perwakilan jika peserta masih di bawah umur.

– Warga Negara Indonesia (WNI).

– Memiliki akun TikTok dan Instagram.

– Akun tidak boleh ditangguhkan dan tidak boleh mengubah nama pengguna terdaftar.

– Peserta wajib mengikuti akun media sosial berikut:
Instagram @malangkab @kominfokabmlg @jatimtimescom
TikTok @kominfokabmlg dan @jatimtimes.

– Hanya karya terbaik yang diperbolehkan.

– Video bertema kompetisi.

– Durasi video 1 menit hingga 2 menit.

– Unggah ke TikTok dengan tag akun TikTok @kominfokabmlg.

– Selain mengunggah ke TikTok, peserta juga perlu mengunggah video ke akun
Instagram dengan tag akun @malangkab @kominfokabmlg.

– Wajib menggunakan hastag #KabupatenMalang #HUT1262KabMalang #PialaBupatiMalang2022

– Video tidak dapat dihapus selama Periode Kontes hingga pemenang diumumkan.

– Peserta mengisi dan mengirimkan link video pada Google form yang telah disediakan.

– Karya asli dan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi sejenis (dengan penjelasan terlampir).

– Karya tidak melanggar hak cipta/menyinggung isu SARA/tidak vulgar.

-Pesaing yang curang akan didiskualifikasi.

– Keputusan juri bersifat final.

– Unggah surat pernyataan keaslian karya. (Format penjelasan dapat diunduh dari link yang tersedia, atau dapat juga menghubungi contact person di 0881-3115-641 serta website dan sosial media Jatim TIMES.)

Evaluasi:

– orisinalitas
– Kekuatan pesan yang ditransmisikan
– Kualitas gambar
– kreativitas

Pertimbangan:

Semua karya peserta akan diseleksi terlebih dahulu oleh panitia untuk menentukan 10 nominator untuk masing-masing kategori. Kemudian karya-karya dievaluasi dari hasil seleksi para juri yang terhormat, mulai dari Bupati Malang, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Wakil Bupati Malang, Sekda Kabupaten Malang, Kadis Komunikasi dan Informatika Kab. Dinas Kabupaten Malang.

Sekadar mengingatkan, panitia tidak pernah memungut biaya apapun, meski pendaftaran gratis untuk semua peserta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button