Desa Wisata Undisan meraih Juara 3 Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Desa Wisata Undisan meraih Juara 3 Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Desa wisataDesa Wisata Undisan meraih Juara 3 Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Sumber Foto: Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar didampingi Ibu Suciati Diar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiarta dan Manajemen Desa Wisata Undisan menerima Penghargaan Desa Wisata Indonesia, penghargaan di bawah Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Minggu malam (30/10/2022).

Kegiatan yang bertempat di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Arta Ardana Sukawati (Cok Ace), serta seluruh pimpinan daerah dan pengelola desa wisata se-Indonesia yang menerima penghargaan tersebut. Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI).

Ada 2 desa di Provinsi Bali yang berhak mendapatkan penghargaan Indonesia Tourism Village Award Evening, yaitu Desa Wisata Undisan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali, untuk Juara 3, dan Desa Wisata Sudaji Buleleng, Bali, sebagai Juara 2 di Desa Wisata Maju kategori ADWI 2022, sedangkan Juara 1 diraih Desa Wisata Semen di Blitar, Jawa Timur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan selamat dan apresiasi atas terpilihnya 50 desa liburan terbaik dari lebih dari 3.000 desa liburan peserta tahun ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang telah mengikuti ADWI 2022. Ia juga memberikan apresiasi khusus kepada pemerintah dan pimpinan daerah yang telah menggali potensi desa wisata.

“Tujuan diluncurkannya Indonesia Tourism Village Award adalah untuk mendorong motivasi pengelola desa wisata untuk selalu berinovasi dan berkreativitas, berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, perlindungan lingkungan dan perlindungan budaya sebagai bentuk implementasi pariwisata berkelanjutan, dan untuk mendorong pemerintah daerah berinovasi Mendorong keselarasan dan kolaborasi untuk mewujudkan capaian pembangunan pariwisata nasional, sinergi dan kolaborasi program kerja di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta antar kementerian/lembaga,” imbuhnya.

Menparekraf menambahkan, ada tujuh aspek penjurian desa terbaik, dengan tambahan empat kategori. Ketujuh aspek tersebut antara lain desa wisata terbaik kategori kelembagaan desa, daya tarik pengunjung, CHSE, souvenir, digital dan kreatif, homestay dan toilet umum. Tiga kategori tambahan tersebut adalah Desa Wisata Perintis, Desa Wisata Pengembangan, Desa Wisata Maju.

“Akhirnya, desa dengan kategori ‘Desa Terfavorit’ diputuskan berdasarkan perolehan suara terbanyak dari netizen dilihat berdasarkan jumlah likes di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari tanggal 24 hingga 28 Oktober 2022”, ujarnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar bangga dengan prestasi yang telah diraih Desa Wisata Undisan. Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangli, Wakil Bupati Diar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan bekerja keras sehingga Desa Wisata Undisan meraih Juara 3 Kategori Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

Wakil Bupati Diar menambahkan, Pemkab Bangli saat ini sedang melakukan berbagai lompatan pembangunan antara lain pembangunan infrastruktur, pembangunan Lapangan Bangli, pembangunan gedung pemerintahan, melalui visi “Nangun Sat Kerti Loka Bali di Kabupaten Bangli Menuju Era Bangli Baru”, pengembangan pasar , pembangunan RS Bangli, pembangunan gedung DPR, termasuk pembangunan penunjang wisata.

“Semoga keberhasilan ini dapat mendorong pengembangan pariwisata di Kabupaten Bangli, khususnya desa wisata di masa mendatang. Pariwisata yang mampu memanfaatkan sumber daya alam, budaya dan kearifan lokal masyarakat sebagai media promosi pariwisata, yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Kabupaten Bangli,” harapnya.(bpn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button