Pantai Teluk Penyu Cilacap - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Teluk Penyu Cilacap – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pandanarang, Cilacap, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Di tengah sejumlah destinasi wisata yang semakin populer, ternyata Cilacap masih memiliki daya tarik wisata yang semakin populer. Kota kabupaten Jawa Tengah ini memiliki pantai di pesisir selatan Jawa yang dikenal dengan Pantai Teluk Penyu. Pantai yang konon dikenal sebagai rumah bagi penyu dengan populasi yang cukup besar ini semakin menarik peminatnya. Seperti apa keindahan komponen wisata alam ini? berikut informasi lengkapnya.

Atraksi Pantai Teluk Penyu

Atraksi Pantai Teluk PenyuKredit Gambar: Bambangirwantoripto.com

Terletak di bagian selatan Cilacap, tepatnya di pantai selatan Jawa, ketika pertama kali tiba di sana, Anda akan dihadapkan dengan angin, ombak besar dan pasir hitam. Itulah beberapa ciri khas pesisir pantai Jawa yang terkenal dengan keganasan ombak lautnya. Namun tentu saja hal ini tidak menghilangkan daya tarik dan rasa penasaran wisatawan. Keindahan pantai selatan selalu tampak eksotis bagi pengunjung.

Ombak yang tinggi seolah memberikan kesan berbeda yang tidak didapatkan seperti itu. Ditambah dengan kontrasnya laut biru dan pantai hitam, menjadi daya tarik tersendiri di hati beberapa pengunjung. Selain berfoto di pantai, masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Turtle Bay. Salah satunya sampai di Benteng Pendem yang letaknya tidak jauh dari pantai penyu ini.

Tempat ini tentunya akan menawarkan aktivitas yang berbeda bagi pengunjung yang mencari hal baru. Benteng Pendem sendiri merupakan benteng yang sangat tua. Yang membuat menarik adalah bangunannya yang menjorok ke laut, meski benteng ini dibangun pada tahun 1861-1871 M, ternyata benteng pertahanan pangkalan tentara Belanda ini masih berdiri dan bahkan bisa dikunjungi oleh para pelancong untuk menjelajahinya. .

Tidak sampai di situ saja, Turtle Bay juga memiliki bangunan seperti jembatan panjang yang sudah dibangun dan mengarah ke tengah laut.Jembatan yang biasa digunakan para nelayan ini bisa menjadi tempat yang menarik bagi pecinta foto atau selfie. Berfoto di tempat ini memberikan perasaan yang unik dan juga pengambilannya tidak akan sama dengan di pantai. Foto Anda akan terlihat bagus dengan latar belakang birunya air laut dan langit yang mengiringinya.

Apakah Anda suka memancing? Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi jembatan ini dan menguji kemampuan memancing Anda. Anda dapat dengan mudah mengakses dan ikut berburu ikan bersama pemancing lainnya di lokasi ini. Menghabiskan waktu dengan memancing, saat sore hari bergulir di sekitar jembatan ini akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Mereka datang untuk berburu dan mengabadikan momen indahnya sunset dari pantai.

Alamat dan arah ke Pantai Teluk Penyu Lokasi

Alamat Pantai Teluk PenyuKredit gambar: Google Maps 3 Purwo

Pantai Teluk Penyu terletak di Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, di bagian selatan Pulau Jawa yang penuh dengan pantai-pantai indah. Sebagai destinasi wisata yang semakin populer, akses menuju pantai dinilai baik (sudah beraspal) karena posisinya yang cukup dekat dengan pusat pemerintahan kabupaten Cilacap. Sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung untuk sampai ke tempat tersebut.

Lokasi persis pantai ini adalah sekitar 2 km sebelah timur Cilacap yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum. Baik Anda datang dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, pada umumnya rute yang dipilih untuk mencapai lokasi adalah dari terminal Cilacap. Dari terminal ini, rute yang dipilih akan membawa Anda langsung ke pantai. Apalagi bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan bus atau angkutan umum.

Terminal ini menawarkan transportasi umum yang bisa Anda gunakan untuk menuju pantai. Bagi Anda yang bepergian dengan kendaraan pribadi, terminal ini juga bisa dijadikan sebagai landmark untuk memulai perjalanan. Dari terminal, ikuti saja jalan utama menuju Pantai Penyu. Jarak dan kelancaran jalan akan membuat perjalanan lebih nyaman dan cepat karena hanya membutuhkan waktu 12 menit untuk sampai ke sana.

Tiket Masuk Pantai Turtle Bay

Tiket Masuk Pantai Turtle BayKredit gambar: Google Maps Tjokro Ali

Dan harga tiketnya? Jangan khawatir, destinasi wisata alam ini hanya membutuhkan maintenance fee berupa tiket masuk seharga Rp 5000 saja. dengan harga tersebut anda sudah bisa mengunjungi tempat wisata ini yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 19.00. Tentu saja harga tersebut terkesan sangat murah dengan segala keindahan dan apa saja yang bisa Anda temukan di pantai selatan ini.

Namun ternyata harga tersebut hanya termasuk tiket masuk ke pantai itu sendiri dimana Anda bisa bermain pasir, menikmati pantai, atau mengikuti jembatan untuk memancing di pantai penyu itu. Lain halnya jika Anda berencana mengunjungi Benteng Pendem. Harga tiket masuk benteng peninggalan Belanda ini belum termasuk HTM, jadi siapkan saja biaya untuk membeli tiket masuk tambahan.

Aktivitas Menarik di Pantai Turtle Bay

Aktivitas Pantai Teluk PenyuKredit gambar: Google Maps andriansyah alfajri

Jika Anda berada di pantai, Anda memiliki sejumlah kegiatan yang harus dilakukan. Meski pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan ganas, aktivitas pantai bisa menjadi alternatif yang tidak kalah menyenangkan. Salah satunya adalah bermain air di pantai. Perlu diketahui bahwa berenang tidak dilarang, tetapi sangat disarankan untuk tidak berenang di tengah laut, hal ini untuk menghindari hal-hal buruk karena ombaknya tinggi.

Sebagai gantinya, Anda bisa berkumpul bersama orang tersayang bermain air di sepanjang pantai. Jika Anda masih khawatir dengan deburan ombak, pasir pantai yang hitam lembut bisa menjadi sasaran ide kreatif. Hamparan pasir hitam yang lembut nan indah banyak dimanfaatkan para traveler untuk bermain. Seperti membangun istana pasir, menggambar, bahkan mengubur diri untuk merasakan panasnya pasir.

Tak hanya itu, pantai penyu ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah memukau. Mengambil foto saat matahari masih hangat memberikan latar belakang yang indah dengan pola samudra biru. Namun, tempat wisata ini juga menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin mengejar sunset. Luangkan waktu untuk menginap hingga sore hari dan abadikan momen indah tersebut sebagai kenangan foto liburan yang tak terlupakan.

Jangan lupakan jembatan yang menjorok ke laut, spot ini menawarkan kesempatan bagi para pemancing yang jeli untuk mencoba peruntungan menangkap ikan. Dengan ratusan pemancing, semilir angin pantai dan deburan ombak, waktu memancing Anda pasti akan berkesan. Akhiri perjalanan Anda dengan berburu suvenir seperti perhiasan kerang, gelang, dan banyak lagi. yang dapat dibeli di toko-toko dekat pantai.

Akomodasi di dekat Pantai Turtle Bay

Akomodasi di Pantai Teluk PenyuKredit gambar: Google Maps Arter Pandaan

Karena lokasinya yang relatif dekat dengan Cilacap, Anda tidak perlu khawatir dengan akomodasi. Setidaknya ada lebih dari lima hotel dan penginapan di sekitar pantai ini. Harga yang tersedia juga bervariasi, dari hotel saku hingga hotel bintang lima. Buat kamu yang sedang mencari penginapan dengan budget murah bisa mencoba datang ke Guest House di Jalan Gatot Soebroto No 136B dengan harga mulai dari 85 ribu.

Beberapa hotel murah lainnya adalah Wisma Ketapang yang menawarkan kamar dengan tarif mulai dari 100.000. Ada juga hotel Omah Cilacap, Ramayana Cilacap, Santi Sanjaya, Grand Liana, Nusantara yang menawarkan tempat istirahat dengan harga, fasilitas dan pelayanan yang berbeda. Ketujuh hotel tersebut hanyalah sebagian kecil dari semua hostel yang bisa ditemukan di dekat Teluk Penyu di kawasan sekitar pusat pemerintahan Cilacap.

Fasilitas yang tersedia di Turtle Bay Beach

Fasilitas Pantai Teluk PenyuKredit gambar: Google Maps Syifa Ul Husna

Di pantai ini sudah ada beberapa fasilitas dasar dan juga beberapa tambahan yang bagus. Toilet, kamar mandi, gazebo, mushola dan tempat parkir tersedia di sekitar lokasi. Selain itu, Anda juga dapat menemukan fasilitas tambahan berupa lapangan voli, kolam pemancingan, water sport, warung makan dan minum, hingga layanan naik perahu yang akan mengantar Anda ke pulau Nusa Kambangan (dengan biaya tambahan).

Bisa dibilang destinasi wisata tepi laut ini merupakan salah satu pilihan tempat liburan yang mudah dijangkau dan sangat dekat dengan kota. Pantai ini memiliki pesona gaya pantai selatan dengan pasir hitam dan ombak yang tinggi. Namun pemandangan, keberadaan jembatan dan benteng pendem semakin menambah daya tariknya. Oleh karena itu tidak heran jika pantai ini dapat menarik banyak pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button