Pantai Tanjung Bloam, pesona pantai yang asri dan asri yang memikat hati - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Bloam, pesona pantai yang asri dan asri yang memikat hati

Harga tiket: Rp150.000, Jam operasional: -, Alamat: Jl.Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki sejuta sumber daya alam. Salah satunya adalah wisata Pantai Tanjung Bloam di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai yang dikelilingi perbukitan ini memang belum banyak dijamah orang. Hal ini membuat air pantai masih jernih dan daerah sekitarnya sangat bersih.

Wisata ini dikenal sebagai kawasan konservasi penyu yang tersebar luas di sepanjang garis pantai. Hal lain yang menambah estetika adalah adanya tebing di kanan kiri yang mengapitnya. Ada juga banyak perahu nelayan kecil yang hilir mudik di pantai. Tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke sini terpesona dengan nuansa alam yang masih alami.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa mendaki bukit untuk menikmati keindahan setiap sudut pantai. Suasana dan udaranya cukup menyejukkan, sehingga cocok untuk bersantai. Jika Anda pernah mengunjungi Tanjung Ringgit sebelumnya, maka akan mudah untuk menemukan akses jalan menuju Pantai Tanjung Bloam karena jaraknya yang dekat.

Atraksi Pantai Tanjung Bloam

Aktivitas di Pantai Tanjung BloamKredit Gambar: Google Maps Jess Prince

Pantai tersembunyi Lombok ini tidak diragukan lagi memiliki keindahan alamnya. Banyak pengunjung dari berbagai daerah datang ke sini untuk menyegarkan diri. Apalagi pantai indah di Lombok Timur ini juga menawarkan pesona tersendiri yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya.

1. Memiliki tebing dan bebatuan yang eksotis

Salah satu daya tarik pantai ini adalah 2 tebing yang membatasinya. Di sisi kanan ada tebing berbatu dan sisi kiri tebing terlihat seperti sanggul. Pemandangan alam yang indah menjadi ciri khas pantai ini. Apalagi ada juga perbukitan di antara tebing-tebing yang menawan.

Ada juga bebatuan yang memiliki warna kuning keemasan. Batu ini terlihat seperti lukisan oleh seorang pelukis ulung. Corak hitamnya sangat kontras dengan air laut yang biru jernih. Bebatuan ini tampak menyala di malam hari, menambah keindahan pantai.

2. Air pantai yang jernih

Sejauh mata memandang, wisatawan berhak menikmati jernihnya air pantai. Ini karena sedikit orang yang pernah berkunjung ke sini. Ombak di Pantai Tanjung Bloam tidak terlalu besar, namun pengunjung harus berhati-hati saat bermain atau berenang. Saat kita menginjakkan kaki di pantai, kita bisa melihat keindahan alam bawah laut.

Uniknya, pengunjung bisa melihat nelayan mencari ikan di sini. Daerah sekitarnya juga sangat bersih. Tidak heran Anda jarang menemukan sampah di sini. Tempat ini juga merupakan tempat penyu bertelur.

3. Hamparan pasir putih yang luas

Pantai Tanjung Bloam juga memiliki pasir putih yang sangat lembut. Bahkan banyak pengunjung yang tidak memakai sepatu saat bermain di pasir. Pantai ini juga memiliki garis pantai yang panjang. Wisatawan juga bisa membawa mainan pasir saat berkunjung ke sini.

Di sepanjang tepi pantai juga terdapat beberapa bebatuan yang tersusun secara acak. Jika cuaca bagus, garis biru langit bertemu dengan birunya air laut, dan pasir putih akan memanjakan pengunjung. Setiap sudut pantai selalu menawarkan berbagai keindahan alam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung BloamKredit gambar: Google Maps Shannon

Pantai Tanjung Bloam terletak di Desa Temeak, Dusun Tangsi, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bisa dibilang perjalanan ke pantai ini sangat menguras tenaga. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang tersembunyi di antara hutan jati. Pengunjung ke Mataram akan memakan waktu 2-3 jam untuk sampai ke pantai.

Jika dari arah Tanjung Ringgit tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke wisata bunga ini. Hanya saja jalannya tidak begitu lebar dan cukup lebar untuk dilalui mobil. Anda hanya perlu berbelok ke kanan dan Anda akan menemukan petunjuk menuju pantai.

Sebelum memasuki kawasan pantai, wisatawan akan menemukan pendopo kecil. Jalannya masih terlihat alami berupa tanah dengan kerikil, yang membuat pantai ini terlihat jarang dikunjungi banyak orang. Meski perjalanan terasa cukup panjang, namun akan terbayar dengan pemandangan alam yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung BloamKredit gambar: Google Maps Ricky Tanza

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Tanjung Bloam, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 150.000 saja. Kelihatannya cukup mahal, namun jika sudah memasuki kawasan pantai, pengunjung pasti ingin kembali lagi ke sini. Wisata ini juga bisa dibilang private karena pengunjungnya tidak seramai pantai lainnya.

Jika pengunjung ingin datang ke pantai ini namun tidak memiliki budget yang banyak, ada cara lain untuk masuk. Triknya adalah melalui hutan Jerowaru. Tetapi hanya sedikit orang yang tahu tentang rute ini, hanya penduduk setempat yang mengetahuinya. Persiapan daya tahan menjadi salah satu hal yang penting saat akan berlibur ke pantai ini.

Aktivitas Seru Di Tanjung Bloam

Aktivitas Seru Tanjung BloamKredit gambar: Instagram Ayo!

1. Abadikan momen melalui potret

Saat mengunjungi wisata ini tidak lengkap rasanya jika tidak membawa kamera atau handphone. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pantai biru dan pasir putih. Selain itu, bukit dan bebatuan juga bisa dijadikan spot foto menarik. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di sekitar perahu nelayan yang berjejer di pesisir pantai.

2. Snorkeling

Air lautnya yang biru jernih membuat tamasya ini banyak digunakan untuk snorkeling. Namun area sekitar pantai tidak menyediakan persewaan alat snorkling, sehingga Anda perlu membawa sendiri dari rumah. Ikan dan terumbu karang dapat terlihat dengan jelas dan indah di bawah laut, wisatawan juga dapat mengabadikannya melalui kamera aksi tahan air.

3. Berenang

Tidak enak rasanya jika berkunjung ke Pantai Tanjung Bloam tapi tidak membawa perlengkapan renang. Namun sebaiknya wisatawan hanya mandi di pinggir pantai agar tidak menggulung ombak. Itu cukup untuk mencuci setelah perjalanan yang cukup panjang ke pantai.

4. Kunjungi penangkaran penyu

Aktivitas Seru di Tanjung BloamKredit gambar: Google Maps Shannon

Wisata ini memang terkenal dengan habitat penyu yang berkembang biak di daerah sekitar pantai. Beberapa batu karang yang menjorok ke laut juga menjadi tempat favorit penyu. Wisatawan yang datang bisa bermain dengan penyu atau sekedar berfoto. Penangkaran ini juga dikelola oleh masyarakat setempat.

5. Jalan-jalan di pantai

Pengunjung yang menyukai petualangan dapat menikmati keindahan pantai melewati perbukitan dan hutan Jerowaru. Penduduk setempat dapat menemani Anda untuk menemukannya. Selain itu, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk bersantai di sekitar pantai.

6. Bermain pasir

Hamparan pasir putih di sepanjang pantai memang menjadi ciri khas Pantai Tanjung Bloam. Pengunjung juga bisa bermain di pasir ini dengan membawa sejumlah peralatan. Di area berpasir ini juga dimungkinkan untuk bermain voli pantai.

Penginapan murah di sekitar pantai

Penginapan murah di sekitar pantaiKredit Gambar: Akun Instagram Resmi Puri Asia®

1. Kamp Pantai Jeeva Bloam

Asrama beratap jerami ini sangat unik karena terbuat dari kayu yang terlihat estetis. Jaraknya sendiri tidak jauh dari pantai. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah berkat balkon yang menghadap ke laut, perpustakaan kecil, kamar mandi dengan air dingin atau panas dan masih banyak lagi.

2. Desa Pantai Panorama Cottages

Cottage ini adalah salah satu akomodasi yang direkomendasikan di dekat Pantai Tanjung Bloam. Fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari kolam renang, wifi gratis hingga hewan peliharaan yang dibawa pengunjung diperbolehkan. Selain itu, akomodasi ini hanya menerima pembayaran tunai.

3. OYO 1837 Telone Bungalow

Wisatawan yang ingin bermalam dalam suasana tenang dan jauh dari peradaban bisa datang ke hostel ini. Harganya juga sangat terjangkau mulai dari 150.000 saja per malam. Kamar rawat inap juga dilengkapi dengan AC dan housekeeping juga dilakukan setiap hari. Selain itu, kamar mandinya juga dilengkapi dengan shower.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Tanjung Mekar.  Fasilitas pantaiKredit gambar: Google Maps

Pantai Tanjung Bloam memiliki fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung, namun tidak selengkap pantai lainnya. Ini karena kondisinya masih alami.

Pengunjung harus benar-benar membawa perlengkapan lengkap jika ingin bersantai berlama-lama menikmati pesonanya. Ada juga beberapa warung di sekitar pantai, jadi wisatawan harus membawa makan siang sendiri. Kamar mandi juga hanya tersedia beberapa.

Parkir dekat dengan pantai meskipun perjalanan sangat ekstrim. Anda yang berkunjung ke pantai ini tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang minim. Karena keindahan alamnya sangat jarang ditemukan di pantai lain dan dijamin betah di sini.

Demikian ulasan lengkap Pantai Tanjung Bloam Lombok Timur dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Anda yang sedang berlibur di Lombok bisa menjadikan wisata ini salah satu tempat yang harus dikunjungi. Hal terpenting yang dibutuhkan sebelum datang ke sini adalah tenaga dan persiapan anggaran yang cukup.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button