Pantai Sipelot, pantai indah yang mempesona dan air terjun yang eksotis di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Sipelot, pantai indah yang mempesona dan air terjun yang eksotis di Malang

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tirtoyudo, Pujiharjo, Kec. Tirto Yudo, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Sipelot merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang paling populer di Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Tirtoyudho, Desa Pujiharjo. Pantai ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang datang mengunjunginya. Tujuan wisatawan ke pantai ini tidak lain adalah untuk menikmati berbagai keindahan yang disajikan oleh pantai.

Terletak di selatan Kabupaten Malang, tempat ini mampu menyuguhkan banyak keindahan. Di antara kawasan pesisir lainnya yang juga berada di kabupaten ini, Sipelot mampu menawarkan pengalaman berbeda bagi setiap pengunjung yang datang.

Atraksi Pantai Sipelot

Aktivitas di Pantai SipelotImage Credit: Instagram INFO WISATA MALANG BATU

Berada di antara gugusan pantai yang mengelilingi Malang bagian selatan, menjadikan Pantai Sipelot salah satu destinasi wisata untuk bisa melepas penat setelah lelah beraktivitas. Pantai yang berbatasan langsung dengan kawasan perbukitan ini mampu menyuguhkan panorama hijau yang asri.

1. Tempat Dek yang Indah

Bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama berupa jembatan gantung yang panjang dan letaknya mengarah ke laut, maka tempat ini mampu melayani keinginan pengunjung.

Jembatan gantung yang dimaksud terletak tidak jauh dari pantai. Posisinya hanya 20 hingga 30 meter dari jalur pantai, dan pengunjung bisa langsung menuju puncak jembatan gantung.

2. Bukit Kapur yang Menjulang

Kawasan di sekitar pantai Sipelot juga dikelilingi perbukitan kapur yang menjulang tinggi. Matahari tidak akan selalu bersinar di wilayah ini.

Hal ini dapat menjaga suhu udara tetap dingin. Dan pengunjung akan terpacu untuk berlama-lama di pantai.

3. Air Terjun yang Menyegarkan

Karena dekat dengan daerah perbukitan, pantai ini bersentuhan langsung dengan dataran tinggi. Hal ini juga membuat tempat wisata di sekitar pantai semakin bervariasi.

Selain di pantai, pengunjung juga bisa menikmati wisata air terjun di dekat pantai. Pengunjung dapat mencium bau air dingin yang jatuh dari atas atau berenang di bawah air terjun yang deras.

4. Berbagai Habitat Ikan

Selain bisa menenangkan diri di pantai dan air terjun. Pengunjung juga bisa memancing di area sekitar pantai.

Banyak habitat ikan hidup di sekitar pantai Sipelot. Pengunjung dapat menggunakannya untuk melakukan aktivitas seperti memancing atau menikmati pemandangan dari atas kapal.

5. Spot foto besar

Objek wisata pantai SipelotKredit gambar: Google Maps hreezy_

Baik di sore hari maupun di malam hari, pantai ini selalu menyuguhkan spot-spot foto yang indah. Pengunjung dapat memilih beberapa sudut yang dapat digunakan sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

Pengunjung bisa memanjat jembatan gantung atau di bawah air terjun. Pengunjung juga bisa menaiki perahu nelayan untuk menikmati indahnya dasar laut.

6. Senja yang Luar Biasa

Keindahan pantai yang berada di antara hutan belantara dan perbukitan kapur akan membuat sunset semakin indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari pantai atau cabana yang tersedia.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari bebatuan di sekitar pantai. Pengunjung juga dapat melihat matahari terbenam dari atas bukit kapur yang tinggi.

7. Vegetasi hutan yang rimbun

Pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai Sipelot terkenal dengan diameternya yang tinggi dan rimbun. Hal ini dapat terjadi karena masyarakat setempat memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan.

Sehingga membuat perjalanan ke pantai begitu indah dipandang mata. Pulang dari pantai tak kalah indahnya, karena banyak pohon bakau yang berjejer.

8. Karang Kasar

Seperti titik yang menjadikan terumbu karang sebagai tiang jembatan. Tentu saja, ini bisa terjadi karena terumbu karang bisa menjadi sangat besar.

Karang di kedua sisi jembatan gantung tumbuh subur dan kuat. Hal ini memungkinkan penduduk setempat untuk membangun jembatan di kedua sisi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SipelotKredit gambar: Google Maps mengapa nf

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai Sipelot tidak perlu khawatir. Karena moda transportasi untuk menuju kawasan ini cukup tersedia.

Pengunjung dapat datang ke Kota Malang, Jawa Timur melalui jalur darat maupun udara. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju kecamatan Tirtoyudho menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kendaraan pribadi.

Begitu sampai di kecamatan Tirtoyudho, pengunjung bisa mengikuti rambu menuju desa Pujiharjo. Di sana, pengunjung bisa mengikuti jalur yang sudah disediakan pengelola.

Mendaki beberapa menanjak dan menurun membagi wilayah bukit. Pengunjung akan sampai di pantai setelah kurang lebih 2 jam perjalanan.

Namun, pengunjung tidak perlu takut karena mereka akan bosan selama perjalanan. Karena bukit yang mengelilingi pantai menawarkan pemandangan hutan yang indah.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai SipelotKredit Gambar: Malang Batu Instagram Travel Information

Biaya masuk yang harus disediakan pengunjung untuk menikmati keindahan pantai Sipelot hanya Rp 15.000. Biaya ini berlaku untuk pengelolaan pantai serta biaya pembersihan.

Juga, jika pengunjung datang menggunakan kendaraan pribadi. Kemudian, pengunjung harus membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 7.000 untuk kendaraan roda empat.

Jika pengunjung ingin menggunakan fasilitas seperti toilet umum. Pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp 2.000 untuk setiap penggunaan.

Biaya lain yang harus dikeluarkan pengunjung adalah jika mereka datang dengan kendaraan umum atau kendaraan sewaan. Untuk angkutan umum, biayanya berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

Sedangkan untuk sewa kendaraan dari Kota Malang, pengunjung perlu merogoh kocek lebih dalam. Biasanya layanan sewa untuk setiap mobil adalah Rp 200.000 hingga Rp 400.000 tergantung berapa lama pengunjung akan menghabiskan waktu di pantai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai Sipelot

Aktivitas di Pantai SipelotKredit gambar: Google Maps Kuri zemon87

1. Memancing

Pengunjung dapat menangkap berbagai jenis ikan di kawasan pantai. Karena di sini biota laut yang hidup memiliki beragam spesies.

Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan tempat yang bagus untuk memancing. Karena pantai ini menawarkan banyak spot khusus untuk para pemancing.

2. Menyelam

Penduduk setempat juga menyediakan peralatan snorkeling bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan bawah laut. Pengunjung dapat menyewa peralatan seperti kacamata renang dan sepatu khusus.

Pengunjung juga dapat membawa peralatan menyelam pribadi. Dan pengunjung bisa langsung menikmati keindahan bawah laut kawasan ini.

3. Nikmati pemandangannya

Karena memiliki beberapa spot yang indah, pengunjung bisa memanfaatkannya untuk menikmati panorama. Pantai ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah.

Area di sekitar pantai dipenuhi dengan pepohonan hijau yang rimbun. Juga karena pemandangan dari atas bukit dan pantai sama-sama indah.

4. Jalan-jalan di pantai

Pengunjung bisa menyewa perahu dari nelayan sehingga bisa menikmati keindahan pantai dari kejauhan. Pengunjung dapat membawa perlengkapan pribadi untuk kebutuhan fotografinya.

Pengunjung juga bisa berenang ke tengah laut menggunakan pelampung. Pengunjung bisa menyewa ban untuk dijadikan pelampung dari warga sekitar.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi Dekat Pantai SipeletKredit Gambar: Google Maps Steven Westony

1. Akomodasi Tumpak Sewu

Hostel ini memiliki banyak fasilitas yang membantu menjaga kenyamanan pengunjung selama menginap, termasuk sarapan dan parkir gratis, kamar ber-AC, dan area bebas rokok. Karena letaknya yang tidak jauh dari kawasan pantai Sipelot membuat panorama hostel ini sangat menarik.

2. Akomodasi Traveler yang terhormat

Apalagi ada hostel yang didesain khusus untuk backpacker, hostel ini sendiri memiliki kisaran harga yang sesuai dengan kantong pengunjung. Kamar tersedia untuk 1 hingga 6 orang dalam satu kamar, yang berarti pengunjung dapat dengan bebas menyewa kamar untuk diri sendiri atau rombongan.

3. Perumahan Yanto

Penginapan terbaru di dekat pantai adalah Yanto Homestay, pengunjung akan menikmati fasilitas berupa air minum, sarapan pagi dan Wi-Fi gratis, serta tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, pengunjung juga dapat memesan hostel ini secara langsung secara online.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai SipelotKredit Gambar: Malang Batu Instagram Travel Information

Jika pengunjung datang ke Pantai Sipelot pada akhir pekan, pengunjung bisa mendapatkan fasilitas tambahan berupa gubuk gratis untuk berteduh. Namun jika pengunjung datang pada hari biasa, fasilitas yang didapatkan pengunjung tidak kalah menarik.

Pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa toilet umum, tempat ibadah dan juga tempat sampah umum. Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan spot foto yang indah, serta jembatan gantung yang menghubungkan pulau-pulau di kawasan sekitar pantai.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati pengunjung di pantai ini adalah perahu-perahu nelayan milik para nelayan. Pengunjung dapat menggunakan jasa kapal untuk berwisata pantai.

Itulah beberapa fasilitas, manfaat, atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Sipelot Malang. Sebagai daerah yang menjadi tujuan wisata bagi banyak pengunjung, tentunya Kota Malang terus berbenah agar dapat menghasilkan kawasan wisata yang lebih baik kedepannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button