Dataran Tinggi, Pengertian, Ciri dan Jenisnya - WisataHits
Jawa Barat

Dataran Tinggi, Pengertian, Ciri dan Jenisnya

Plateau atau dataran tinggi adalah suatu bentuk permukaan bumi yang terletak pada 700 meter di atas permukaan laut (massa) ke atas. Bentuk permukaan bumi dibentuk oleh erosi dan sedimentasi. Terkadang dataran tinggi muncul karena kalderanya luas dan tertimbun material dari pegunungan di sekitarnya.

Ada beberapa daerah dataran tinggi yang terkenal di Indonesia seperti Malang, Bogor dan Bandung. Ada juga dataran tinggi yang ketinggiannya lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, seperti Dataran Tinggi Dieng dan Bromo. Di banyak negara, dataran tinggi menjadi salah satu tujuan wisata karena pemandangan alam dan iklim yang sejuk.

Salah satu ciri dataran tinggi adalah memiliki suhu dingin jauh di bawah dataran rendah yang bersuhu antara 23 dan 28 derajat Celcius (0 °C). Selain itu, dataran tinggi memiliki ciri lain yang membedakannya dengan dataran rendah.

Fitur Dataran Tinggi

kutipan sciencegeography.com, umumnya memiliki empat fitur dataran tinggi. Empat ciri dataran tinggi adalah sebagai berikut:

1. Budidaya teras

Ciri yang menonjol dari dataran tinggi adalah pertanian mereka dalam bentuk terasering. Teknik budidaya ini menyerupai tangga untuk mencegah erosi tanah. Konsep terasering juga mudah dikenali dan mudah diterapkan. Perawatan lantai juga dipermudah dengan adanya terasering.

2. Udara kering dan kurang lembab

Dataran tinggi dicirikan oleh udara kering. Dataran tinggi lebih kering di udara dibandingkan dengan dataran lain yang tidak terlalu tinggi. Ciri-ciri dataran tinggi yang konsisten dengan kegersangan udara adalah kurangnya kelembaban.

3. Suhu dingin

Dataran tinggi terkenal dengan iklimnya yang sejuk. Suhu dingin di dataran tinggi karena ketinggiannya. Semakin tinggi tanah, semakin dingin suhunya. Oleh karena itu, dataran ini sering menjadi tujuan wisata.

Secara umum suhu rata-rata di dataran tinggi adalah 15-20 0C pada siang hari dan 10 0C pada malam hari.Pada pagi hari, suhu udara di dataran tinggi bisa agak ekstrim, dengan suhu 0 0C yang mengarah ke embun beku.

4. Jarang hujan

Keistimewaan dataran tinggi berikutnya adalah jarang turun hujan. Meski suhu di dataran ini sangat dingin, ternyata jarang turun hujan. Pada musim hujan, banjir sering terjadi di dataran rendah, tetapi jarang di dataran tinggi karena jarang turun hujan.

tipe dataran tinggi

Setelah memahami ciri-ciri dataran tinggi, ternyata dataran tinggi juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah jenis-jenis dataran tinggi secara lengkap.

1. Dataran Tinggi Vulkanik

Jenis dataran tinggi yang pertama adalah dataran tinggi vulkanik. Dataran ini terbentuk oleh letusan gunung berapi kecil dan perlahan terakumulasi dari waktu ke waktu. Contoh dataran tinggi vulkanik tersebut adalah Gunung Tongariro, Gunung Ruapehu dan sebagainya.

2. Dataran tinggi terputus

Jenis dataran tinggi terpotong adalah dataran tinggi yang terbentuk oleh gerakan ke atas dari kerak bumi. Dataran tinggi yang terpotong ini menyerupai Dataran Tinggi Colorado di Amerika Serikat (AS) di sebelah barat.

Tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi

Dataran Tinggi merupakan dataran yang unik dan sejuk, terdapat tumbuhan yang cocok dengan ciri khas dataran ini. Berkaitan dengan hal tersebut, tanaman yang dapat bertahan hidup di dataran tinggi memiliki kualitas yang tentunya tidak sesuai jika ditanam di dataran rendah. Untuk mengetahui lebih lanjut, tanaman berikut ini cocok ditanam di dataran tinggi.

1. wortel

Sayuran yang identik dengan warna oranye ini cocok ditanam di dataran tinggi. Jenis tanaman ini banyak mengandung vitamin A. Wortel dapat bertahan hidup di dataran tinggi pada suhu sekitar 15 hingga 21 derajat Celcius. Suhu ini membantu wortel dalam fotosintesis, transpirasi, penyerapan, metabolisme dan sebagainya.

2. Kentang

Tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi adalah kentang. Kentang merupakan umbi-umbian yang bisa dijadikan sebagai pengganti makanan pokok. Kentang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Suhu dingin di dataran tinggi juga dapat membantu proses pertumbuhan tanaman ini.

3. Stroberi

Strawberry juga termasuk tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi. Strawberry merupakan buah yang dapat dibuat menjadi berbagai macam makanan dan minuman.

Stroberi cocok untuk budidaya dataran tinggi karena membutuhkan penyinaran pukul 10 pagi per hari dengan curah hujan 600-800 mm per tahun. Suhu yang cocok untuk stroberi tumbuh subur adalah 20 0C.

4. Kubis

Kubis merupakan tanaman yang dapat bertahan hidup di dataran tinggi. Kubis sangat mudah ditemukan di dataran tinggi. Suhu dan udara yang dingin dapat mendukung pertumbuhan tanaman ini.

Demikian penjelasan mengenai dataran tinggi beserta ciri-cirinya, jenis-jenis dataran tinggi dan tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi. Selain itu, dapat dilihat bahwa dataran tinggi merupakan dataran yang mewakili suhu dingin.

Meskipun suhunya dingin, hujan jarang turun di dataran tinggi. Level ini cocok untuk tanaman yang tidak tahan suhu panas. Dataran tinggi juga sering menjadi objek wisata karena sejuk.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button