Pantai Seruni Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Seruni Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Seruni adalah salah satu tempat hits di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki banyak spot foto dan dikelilingi oleh perbukitan karang yang indah.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pantai Seruni, Kec. Tepous, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menawarkan tempat wisata yang eksotis dan menawan. Bukit-bukit indah ini seringkali menjadi salah satu momen yang selalu dinantikan banyak orang. Memiliki udara yang segar dan dingin membuat wisata Gunung Kidul banyak diminati oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Apalagi jika berbicara tentang keindahan Pantai Gunung Kidul. Pantai-pantai di daerah itu sejajar, sehingga sangat mudah diakses. Dan karena itulah banyak wisatawan yang rela datang ke kawasan Gunung Kidul.

Dengan berkembangnya teknologi, banyak wisatawan muda menemukan pantai yang diakui masih sangat indah di Gunung Kidul, yaitu Pantai Seruni. Pantai ini memang terkenal dengan foto keindahannya yang diposting di Instagram.

Atraksi Pantai Seruni

Aktivitas di Pantai SeruniKredit gambar: Google Maps Totox Nugroho

Meski Pantai Seruni dijejeri beberapa pantai terkenal di Gunung Kidul, namun keindahan pantai ini baru dikenal beberapa tahun saja. Namun yang pasti dari tahun ke tahun pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk itu berikut penjelasan mengenai daya tarik yang dimiliki wahana tersebut:

1. Dikelilingi perbukitan

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini adalah perbukitan yang mengelilingi pantai. Oleh karena itu, pantai yang indah ini tersembunyi di balik perbukitan kapur. Sementara akses jalan yang bisa ditempuh masih berupa jalan darat. Jadi secara tidak langsung Anda berada dalam situasi off-road. Jika Anda tidak hati-hati, kendaraan bisa tergelincir.

Daerah perbukitan memiliki lintasan yang sangat sulit dan cukup berliku-liku. Di ujung jalan, Anda dapat dengan mudah melihat panorama dari laut, tentunya Anda sudah tidak sabar untuk segera sampai di sana.

Pantai Seruni memang merupakan salah satu pantai yang cukup sempit bahkan menjorok ke dalam, yang hampir terlihat seperti teluk kecil. Di sebelah kanan dan kirinya terdapat bukit dan tebing sehingga pemandangan dari pantai ini tak tertandingi.

2. Keunikan biota laut

Seperti yang kita ketahui, pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul memiliki karakteristik yang sangat menarik. Seperti Pantai Seruni yang memiliki kondisi pasir putih, menentukan luasnya formasi batuan yang terdapat di bibir pantai.

Di kawasan ini, wisatawan biasanya dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis habitat laut yang belum pernah ditemui sebelumnya. Di kawasan ini, wisatawan dapat dengan mudah melihat cangkang kerang yang terbelah.

Selain itu, air lautnya sangat bersih dan jernih. Tentukan apakah banyak biota laut yang menjiwai kawasan perairan pesisir ini. Tidak hanya ikan, tetapi spesies alga durian memiliki bulu babi yang pasti akan membuka mata Anda.

3. Ada Bukit Pantai Seruni

Saat Anda tiba di pantai, Anda akan disuguhkan dengan keunikan lain. Yaitu Bukit Pantai Seruni yang terletak di tebing di sisi timur. Bukit ini sendiri menjadi tempat favorit para wisatawan yang datang.

Karena dari sini wisatawan bisa melihat panorama pantai dan laut yang sangat luas, keadaan bukitnya sendiri ditumbuhi hamparan rerumputan hijau yang sangat nyaman. Tak heran jika banyak wisatawan menjadikan bukit ini sebagai tempat paling cocok untuk menikmati pemandangan.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Seruni

Harga Tiket Masuk Pantai SeruniKredit gambar: Google Maps Daniel Dicky

Alamat wisata pantai ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Desa Tepus, sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju lokasi pantai, ada dua jalur yang harus bisa Anda tempuh.

Yang pertama dari Yogyakarta kemudian dibangun menuju Wonosari. Kemudian Anda bisa mengikuti rambu-rambu yang memberikan informasi menuju Pantai Baron. Baru setelah itu anda melewati beberapa pantai yaitu pantai Kukup, pantai Krakal Indrayanti, barulah anda bisa menuju pantai Seruni.

Sedangkan untuk jalur kedua setelah Wono Sari bisa langsung menuju desa Tepus. Jadi Anda bisa langsung mengakses lokasi pantai. Memang jalur menuju pantai ini hampir sama dengan jalur menuju pantai Pok Tunggal.

Untuk bisa masuk ke Pantai Seruni, pengunjung harus membayar tiket masuk. Tenang saja, semua pantai di Gunung Kidul memiliki tiket masuk yang cukup murah. karena pantai ini sendiri biayanya hanya Rp 10.000 untuk 1 orang.

Namun bila pengunjung membawa kendaraan sendiri saat berkunjung. Kemudian akan ada biaya parkir, untuk kendaraan roda dua biaya parkirnya Rp 3000, sedangkan untuk kendaraan roda empat biaya parkirnya Rp 5000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Seruni

Aktivitas menarik di Pantai SeruniKredit gambar: Google Maps ari santo

1. Bersantai di tepi pantai

Pantai Seruni memang menjadi salah satu tempat wisata yang masih sangat jarang dijamah manusia. Lokasinya sendiri juga berdekatan dengan pantai Watunene, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai.

Wisatawan yang tidak suka keramaian bisa memilih untuk mengunjungi pantai ini seorang diri. Anda juga bisa bersantai dengan nyaman sambil menyaksikan pemandangan indah yang tersaji di kawasan pantai ini.

2. Bermain sepak bola

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan adalah bermain sepak bola. Karena pantai ini belum banyak dijamah orang, maka kondisi pantainya selalu bagus. Sebagai contoh, tentunya dari pantai ini masih sangat mulus dan sangat cocok jika dijadikan sebagai venue sepak bola.

3. Memancing

Nah, bagi kamu yang hobi memancing, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut di Pantai Seruni. Karena memang bagian timur merupakan salah satu tempat memancing yang paling digemari banyak orang. Jadi tidak ada salahnya jika anda melakukan aktivitas memancing di pantai ini.

Perlu Anda ketahui bahwa tempat pemancingan di daerah tersebut memiliki air tawar yang tidak terlalu deras mengalir. Sementara banyak ikan yang hidup di zona air tawar.

4. Berburu foto keren

Seperti yang sudah kita ketahui, pantai cantik ini memiliki beberapa spot foto keren yang tidak boleh kamu lewatkan. Dari daerah perbukitan, daerah terumbu karang dan masih banyak lagi. Dengan latar belakang kondisi alam yang masih sangat asri, Anda bisa mendapatkan hasil foto terbaik dan sangat cocok untuk aplikasi media sosial.

5. Perkemahan

Kawasan Pantai Seruni ini memang sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat camping. Bagi wisatawan yang ingin pergi berkemah bersama keluarga atau teman, mereka harus menambahkan pajak sekitar Rp 5.000, yang tentu saja memungkinkan Anda untuk menikmati kehidupan malam di pantai.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai

Homestay Embun SegoroKredit gambar: Twitter Proyek Gigi 2022

1. Homestay Embun Segoro

Penginapan di dekat pantai Seruni adalah Embun Segoro Homestay yang sangat menakjubkan. Karena Anda bisa melihat indahnya pemandangan Samudera Hindia yang memiliki ombak yang kasar.

Untuk area kamar tidur sendiri sangat bersih dan telah dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Yang pasti kamu bisa merasa nyaman saat beristirahat di hostel ini.

2. Resor Inessya

Keistimewaan dari hostel ini adalah adanya infinity pool yang terletak di tepi tebing dengan latar belakang Samudera Hindia yang indah. Ini pasti menjadi salah satu akomodasi terbaik dan sempurna jika dipilih untuk pasangan bulan madu.

3. Villa Alcheringa

Kamar-kamar di villa ini menampilkan keindahan pemandangan pantai, sehingga Anda juga bisa puas melihat dari balkon kamar Anda. Villa ini memiliki banyak fasilitas mulai dari karaoke, penggunaan sepeda gratis, jacuzzi dan juga terdapat restoran.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Seruni Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Seruni Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Rochmat Purwanto

Wisatawan yang datang ke Pantai Seruni tidak perlu khawatir karena terdapat banyak fasilitas yang memadai di tempat wisata tersebut. Ada beberapa toilet yang bisa digunakan pengunjung jika ingin berganti pakaian setelah bermain air.

Pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan warung makan di sekitar pantai. Dimana warung makan dibangun berjejer dengan latar belakang perbukitan. Anda dapat menikmati makanan sambil mengagumi pemandangan.

Bagi wisatawan muslim lokal tidak perlu khawatir karena pengelola pantai juga menyediakan mushola yang selalu bersih. Yang akan memudahkan anda saat ingin beribadah, sehingga anda tidak perlu terlambat untuk sholat lagi.

Demikian sekilas informasi yang dapat kami berikan untuk anda mengenai pantai Seruni di Gunung Kidul. Jika Anda ingin datang, pastikan untuk mempersiapkan kondisi fisik yang sesuai untuk menjelajahi pantai. Dijamin kamu tidak akan menyesal jika masuk ke Pantai Seruni.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button