Pantai Sari Ringgung Pesawaran - Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Sari Ringgung Pesawaran – Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Sari Ringgung salah satu destinasi wisata favorit Pesawaran, lampung dengan karakter unik masjid terapung di tengah laut dan dikelilingi perbukitan yang indah.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Ratai Road No.KM.14, Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Wisata pantai di daerah Lampung memang sedang naik daun cukup lama. Tidak hanya tentang kekayaan kuliner yang dibutuhkan bumbu khas Lampung, tetapi juga tentang bagaimana pengunjung dimanjakan dengan pemandangan laut.

Pantai yang menyandang nama Sari Ringgung ini terletak di dekat kota Bandar Lampung. Pengunjung yang akan datang ke pantai ini tidak perlu menghabiskan banyak waktu dari pusat kota. Bahkan waktu yang Anda tempuh tidak lebih dari satu jam perjalanan.

Karena letaknya yang strategis, nama Pantai Sari Ringgung semakin dikenal oleh masyarakat luas. Didukung dengan fasilitas yang memadai dan bervariasi, pantai ini bisa menjadi pilihan wisata bagi Anda ketika memilih pantai sebagai tempat liburan Anda.

Atraksi Pantai Sari Ringgung

Aktivitas di Pantai Sari RinggungKredit gambar: Google Maps Siti Neneng Nurjanah

1. Tempat bersih dan nyaman

Lingkungan wisata yang bersih menjadi salah satu faktor dalam pemilihan pengunjung yang akan datang ke suatu destinasi. Suasana yang bersih dari sampah akan membuat Anda nyaman dan tentunya udara di sekitarnya lebih sehat.

Wisata Sari Ringgung mengutamakan salah satu faktor tersebut, lingkungan di sekitar pantai ini jauh dari kata kotor. Dari pintu masuk pertama ke pantai, Anda tidak akan menemukan sampah plastik/kardus berserakan.

Pengelola setempat sudah menyediakan tempat sampah di setiap sudut lokasi pantai, mereka juga membedakan masing-masing jenis sampah itu sendiri. Pemilahan langsung sampah ini untuk nantinya dibuang di akhir akan lebih menghemat waktu.

Lingkungan yang asri ini akan membuat pengunjung betah dan ingin berlama-lama di Pantai Sari Ringgung.

2. Masjid Tunggal

Sebagian besar masjid di Indonesia dibangun di atas tanah, bukan? Namun, di Pantai Sari Ringgun terdapat bangunan masjid unik yang menjadi ikon tersendiri dari pantai tersebut. Namanya Masjid Al-Aminah, memiliki warna dominan putih dan hijau tua.

Tempat ibadah umat Islam ini diresmikan oleh pemerintah Lampung sejak tahun 2015. Keramba ikan di dekat masjid juga milik masyarakat sekitar yang dijadikan mata pencaharian sehari-hari.

Awalnya, masjid ini hanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki rumah terapung di dekat keramba ikan. Agar masyarakat tidak perlu bolak-balik antara pantai dan tengah laut, akhirnya mereka membangun tempat ibadah yang bisa dekat dengan rumah.

Di sisi kiri masjid terapung ini terdapat warung kecil yang menawarkan aneka minuman. Penjual toko ini adalah marbot masjid, yang tinggal dan menjaga Masjid Al-Aminah setiap hari.

Karena tempatnya mengapung di laut lepas, banyak pengunjung Pantai Sari Ringgung yang datang ke pura ini. Bisa jadi pengalaman baru buat kamu, dimana kamu berdiri di masjid yang terapung mengikuti arus laut.

Tapi jangan khawatir jatuh ke air, kandang-kandang masjid ini bisa dipasang dengan aman. Binding yang terpasang diberi celah yang agak longgar agar tidak terombang-ambing saat terkena ombak besar.

Masjid terapung ini merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh pengunjung pantai. Karena keunikannya, banyak pengunjung yang rela menunggu dan bergiliran memasuki masjid karena luasnya yang tidak terlalu besar.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Sari Ringgung

Harga Tiket Masuk Pantai Sari RinggungKredit Gambar: Google Maps Norman J

Terletak di desa Sidodadi yang merupakan bagian dari kecamatan Padang Cermin. Lokasi pantai ini mudah ditemukan, apalagi jika Anda sudah sering bepergian ke daerah Bandar Lampung.

Jika anda berangkat dari Kota Bandar Lampung, perjalanan yang akan anda tempuh sekitar 40-50 menit. Cari saja lokasi Padang Cermin, di sepanjang perjalanan Anda akan menemukan banyak wisata pantai lainnya.

Saat melewati Jalan Way Ratai, perhatikan sekitar. Karena jalan ini merupakan jalan yang menuju ke pintu masuk pantai. Terus cari plakat yang bertuliskan Pantai Sari Ringgung, jangan sampai ketinggalan.

Wisata tepi laut yang masih berada di Kabupaten Pesawaran ini memiliki jalan yang rusak setelah memasuki gerbang utama. Jadi sebelum Anda berangkat, pastikan kendaraan Anda sudah dipersiapkan dengan baik untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tiket masuk dikenakan biaya Rp 20.000 per orang. Ada biaya parkir yang harus Anda bayarkan juga saat membayar tiket masuk, untuk kendaraan roda dua adalah Rp 5000.

Total biaya yang dikeluarkan untuk pemberangkatan sepeda motor adalah Rp 25.0000. Untuk mobil sendiri biayanya Rp 70.000 – Rp 80.000 per mobil. Cukup mahal memang, jika Anda memilih ke sana menggunakan kendaraan roda empat.

Tempat parkir di pantai ini tidak jauh dari pantai, sehingga kendaraan akan langsung menghadap ke laut.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Sari Ringgung

Aktivitas Seru di Pantai Sari RinggungKredit gambar: Google Maps Ayo pergi ke Serbia

1. Bola voli pantai

Olahraga ini terutama dilakukan oleh wisatawan di pantai Sari Ringgung. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif untuk mencari teman baru. Karena membutuhkan jumlah anggota yang banyak, pengunjung lain akan ikut bergabung dalam permainan bola voli Anda.

Tidak perlu bingung mencari bola untuk digunakan bermain, pengelola pantai menyediakannya sehingga pengunjung tidak perlu repot membawa bola sendiri.

Bermain voli di pantai bersama teman-teman akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Aktivitas yang membakar kalori akan membuat tubuh Anda lebih sehat. Bermain tetapi juga membakar kalori, manfaat tersembunyi dari berlatih olahraga ini.

2. Menara Air

Pengunjung yang suka naik banana boat ekstrim akan dimanjakan di Pantai Sari Ringgung. Jet ski juga disediakan bagi Anda yang suka memacu adrenalin dengan kecepatan hingga 45 km/jam.

Waterboom di tepi laut dibuat untuk anak-anak bermain pasir dan air laut, terdapat tong-tong air yang sesekali menumpahkan air dalam jumlah banyak.

3. Perkemahan

Malam di pantai adalah sesuatu yang harus Anda coba saat berkunjung. Anda bisa mendirikan tenda di dekat pantai atau di perbukitan di sisi kiri pantai. Kedua spot ini sama bagusnya, kamu akan mendapatkan pemandangan laut yang biru.

Anda akan ditemani indahnya matahari terbenam sambil mendirikan tenda untuk berkemah semalaman. Setelah sore hari, kegiatan seperti memanggang ikan, jagung atau menyalakan api unggun bisa menambah suasana perkemahan menjadi lebih nyaman.

Suara deburan ombak akan terdengar saat pertama kali Anda bangun di pagi hari. Kali ini Anda harus bangun sebelum subuh, karena merupakan kesempatan untuk melihat pesona matahari terbit di pantai Sari Ringgung.

4. Pasir timbul

Aktivitas Seru di Pantai Sari RinggungKredit gambar: Google Maps Aang Juliansyah

Gumuk pasir yang terlihat seperti pulau dilihat dari pantai ini disebut pasir relief. Pada saat air pasang, pasir yang terangkat ini akan hilang karena laut lepas menyebabkannya tenggelam.

Jarak dari tujuan ini ke pantai sekitar 2 km ke tengah laut, Anda bisa menggunakan perahu untuk sampai ke pasir yang terangkat. Perahu nelayan telah diubah menjadi transportasi pengunjung yang ingin menginjakkan kaki di pasir yang terangkat.

Biaya yang dikeluarkan untuk transportasi laut ini akan lebih murah jika Anda berangkat secara rombongan. Karena kapasitas perahu bisa mencapai 10 sampai 15 orang sekaligus.

Setibanya di lokasi pasir layang, akan tersedia beberapa spot foto bagi pengunjung. Kayu berbentuk hati dengan ukuran besar, atau ayunan yang semuanya berlatar belakang laut lepas.

Hamparan pasir Pantai Sari Ringgung juga sering dijadikan spot foto prewedding oleh banyak pasangan. Pemandangan laut biru yang eksotis dan langit yang cerah, mampu menghasilkan foto yang lebih indah tanpa harus melalui proses editing.

5. Olahraga air

Ternyata banyak juga olahraga yang bisa dimainkan di liburan pantai, sambil bermain kamu juga bisa berolahraga.

Berolahraga sambil menikmati pemandangan bawah laut yang indah bisa dilakukan dengan snorkeling. Perlengkapan yang diperlukan untuk mendukung kegiatan ini sudah tersedia, Anda tinggal memasangnya lalu terjun ke air laut.

Bagi Anda yang tidak puas hanya melihat ikan di pinggir pantai, menyelam adalah pilihan yang tepat. Saat Anda memasuki wilayah laut yang lebih dalam, Anda akan menemukan ekosistem bawah laut yang lebih kompleks.

Ikan yang lebih besar akan berenang bersama Anda dalam perjalanan Anda. Setiap pengunjung yang menyelam di pantai yang menawan ini akan didampingi oleh seorang ahli. Kalaupun ada pengunjung yang terbiasa menyelam ke kedalaman laut, pendamping tetap akan menemani mereka.

Penginapan murah di sekitar pantai Sari Ringgung

Akomodasi Pantai Sari RinggungKredit Gambar: Google Maps Rezky “OrganyX” Ramadhani

Ada 3 hostel yang bisa Anda sewa untuk beristirahat setelah lelah berlibur di Pantai Sari Ringgung.

1. Sari Ringgung Homestay

Homestay ini terletak di Jalan Hanura, Padang Cermin. Jarak ke pantai hanya sekitar 4,4 km, waktu yang Anda tempuh dari pantai ke hostel ini adalah 12-13 menit. Harga sewa kamar yang Anda dapatkan di tempat ini juga cukup murah.

2. Meisya Homestay

Hostel kedua adalah Meisya Homestay, 5,4 km dari pantai. Ada banyak homestay di kawasan wisata pantai ini yang bisa Anda pilih dengan fasilitas lengkap yang Anda butuhkan.

3. D’nitte Cottage Anda Resort

Jika Anda bosan dengan homestay, Anda dapat memilih D’nitte Cottage and Resort jika Anda mencari akomodasi yang lebih mewah. Namun, jarak 9,5 km cukup jauh jika memilih yang satu ini.

Dibutuhkan hampir 25 menit ketika Anda berangkat dari resor untuk mencapai pantai Sari Ringgung. Namun fasilitas yang diberikan resort ini tidak mengecewakan, mulai dari taman hingga tempat parkir yang cukup luas bisa Anda dapatkan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sari Ringgung, Lampung

Fasilitas di Pantai Sari Ringgung, LampungKredit gambar: Google Maps Andri Surya Praja

Berbicara tentang fasilitas pantai Sari Ringgung, pertama-tama Anda akan mendapatkan tempat parkir yang luas untuk kendaraan dan melihat langsung laut lepas.

Di pantai ini terdapat beberapa gazebo yang bisa disewa oleh pengunjung. Anda bisa bersantai sambil menikmati semilir angin laut yang menerpa wajah Anda. Atau jika Anda sudah lelah selama perjalanan, Anda bisa merebahkan diri di gazebo yang beratap daun kelapa.

Mengambil wisata pantai dengan panorama perbukitan daerah Lampung bisa menjadi rencana liburan anda bersama teman atau keluarga. Pantai Sari Ringgung di Pesawaran Lampung bisa dibilang cocok untuk dikunjungi untuk menghabiskan waktu seharian.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button