Destinasi wisata olahraga bertaraf nasional, Yogyakarta menggarap King's Cup Sprint Rally - WisataHits
Yogyakarta

Destinasi wisata olahraga bertaraf nasional, Yogyakarta menggarap King’s Cup Sprint Rally

TEMPO.CO, jakarta – Setidaknya 70 tim Reli Sprint dari berbagai kota di Indonesia ikut ambil bagian dalam acara bertajuk King’s Cup Sprint Rally Jogja 2022 yang berlangsung dari Sabtu hingga Minggu 15 dan 16 Oktober 2022 di Sirkuit Donokerto Turi, Sleman, Yogyakarta yang tidak jauh dari lereng Gunung Merapi yang sebelumnya tidak terpakai. .

Kompetisi club event yang pertama kali digelar tahun ini telah memasuki babak ketiga sejak digelar pada Mei dan Agustus 2022. Total hadiah untuk setiap putaran adalah Rp 30 juta.

Kompetisi lokal ini akan berubah secara bertahap wisata olahraga berstandar nasional dan meningkatkan perekonomian warga sekitar lereng Merapi. “Acara ini sebagai upaya menggairahkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) warga sekitar lereng Gunung Merapi. Restorasi lagi setelah pandemi Covid-19,” kata Gusti Lantika Marrel, event organizer dan leader Gumregah Jogja Motorsports Racing Team, Sabtu 15 Oktober 2022.

Marrell yang juga merupakan cucu dari Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan, sejak acara tersebut, warga sekitar sudah dilibatkan dalam persiapan. Salah satunya melatih warga sekitar untuk menjadi pejabat daerah marsekalorang pertama yang membantu pengemudi yang jatuh atau bermasalah dengan kendaraannya.

“Warga setempat juga pelan-pelan dilatih bagaimana menyiapkan aspek akomodasi bagi peserta dan membuat daftar penginapan yang dapat berfungsi sebagai akomodasi bagi peserta, mendirikan stand UMKM dan menampilkan sajian kuliner dan cinderamata yang menarik,” ujarnya.

“Ini memungkinkan peserta acara yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati layanan seperti turis,” tambah Marrel.

Dalam rangka mempromosikan acara perdana ini agar lebih dikenal dan lebih menarik bagi para hadirin di acara selanjutnya, kata Marrel acara tersebut juga disiarkan secara langsung. Siaran langsung. “Mungkin ini akan menjadi kompetisi reli level klub pertama yang menggunakan live streaming di Indonesia. Kami berharap dapat dikenal dan diikuti oleh lebih banyak lagi peserta,” ujarnya seraya menambahkan peserta kali ini berasal dari daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. .

Pembalap Gusti Lantika Marrel yang berlaga di Sprint Rally Jogja King’s Cup 2022 fokus di Sirkuit Donokerto Turi, Sleman Yogyakarta Sabtu-Minggu 15-16. Oktober 2022. Tempo/Pribadi Wicaksono

Sementara itu, Ketua Panitia Sprint Rally Piala Raja Jogja, Yuda Mahesa Sidharta mengatakan, acara ini awalnya tidak bertujuan menjadi ajang nasional dengan nama-nama pembalap ternama yang ikut serta. “Namun lebih kepada revitalisasi ekosistem otomotif khususnya dunia sprint rally di Yogyakarta yang dapat bersinergi dengan sektor ekonomi kreatif lainnya seperti UMKM dan pariwisata,” ujarnya.

Dengan diadakannya acara ini, panitia berharap dapat memberikan dampak positif di berbagai sektor perekonomian, khususnya masyarakat Kapanewon Turi, Sleman, terutama di masa gejolak akibat pandemi COVID-19.

Ada 16 kelas benih dan tidak ditaburkan akan diadakan pada Babak III, dimana poin atau merit point yang dikumpulkan oleh para peserta hingga babak tersebut akan memenuhi syarat untuk memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X. Meski event lokal, masih ada sejumlah reli terkenal Sprinter dari Yogyakarta, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah, seperti pembalap senior Satya Sunarso.

Keseruan Jogja Sprint Rally King’s Cup Putaran III ditambah lagi dengan lomba mewarnai untuk anak-anak bekerjasama dengan Donokerto Enchantment Tourism Awareness Group dengan Tema Car Rally. Hal ini dilakukan untuk mengajak masyarakat terlibat dalam semangat dan partisipasi, serta memberikan kegiatan yang positif dan menyenangkan untuk meningkatkan bakat, keterampilan motorik dan kreativitas anak.

Baca juga: 10 oleh-oleh khas Jogja untuk tangan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button