Pantai Santolo, Keindahan Alam Pesisir Selatan dan Mitosnya - WisataHits
Jawa Barat

Pantai Santolo, Keindahan Alam Pesisir Selatan dan Mitosnya

PeekLifestyle Celebrities – Pantai Santolo adalah salah satu tempat wisata paling populer di Garut. Mungkin Pantai Santolo masih asing di telinga sebagian orang. Namun, Pantai Santolo memiliki keindahan yang luar biasa.

Bahkan tidak sedikit saat musim liburan tiba, banyak wisatawan lokal yang menyempatkan diri untuk datang ke pantai ini. Kawasan Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat kerap dijadikan tempat pertemuan para nelayan tradisional.

Lantas apa saja hal menarik di pantai Santolo? Penasaran? Yuk simak hal menariknya, harga tiket untuk hal menarik lainnya bisa kamu temukan di pantai Santolo.

gmaps/Yayan Hidayat

Foto: gmaps/Yayan Hidayat

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Pantai Santolo juga digunakan sebagai dermaga atau pelabuhan bagi para nelayan untuk menambatkan perahu atau perahu nelayannya. Anda tidak hanya bisa bermain bebas di sini, tetapi Anda akan dibuat takjub dengan keindahan alam pantai yang luar biasa menakjubkan.

Pasir putih dan lautnya yang berwarna biru kehijauan membuat pantai ini terlihat seperti harta karun bagi wilayah Garut. Belum lagi pepohonan di sekitar pantai yang membuat pemandangan semakin indah.

Tiket Masuk Pantai Santolo

gmaps/INDRA LUBIS

Foto: gmaps/INDRA LUBIS

Bagi Anda yang ingin datang ke Pantai Santolo, tidak perlu memikirkan waktu dan biaya. Pasalnya, Pantai Santolo dibuka untuk umum selama 24 jam. Untuk harga tiket masuknya sendiri, kamu hanya perlu membayar Rp15.000 per orang.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri, Anda juga harus membayar tiket parkir. Untuk motor harus membayar Rp 2.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk mobil. Harganya terjangkau dan pas di kantong. Tak heran jika banyak orang menjadikan Pantai Santolo sebagai salah satu tempat liburan favorit mereka.

Namun, itu hanya informasi bahwa terkadang ada orang yang tidak bertanggung jawab atas pungutan liar yang seharusnya tidak dibayarkan.

objek wisata pantai santolo

gmaps/Tito Aditya

Foto: gmaps/Tito Aditya

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di Pantai Santolo. Penasaran tentang apa saja? Berikut adalah peringkatnya.

1. Pemandangan yang indah

Salah satu daya tarik utama Pantai Santolo adalah pemandangan alamnya. Pantai berpasir putih, laut pirus dan semilir angin yang sejuk memastikan pengunjung betah berlama-lama.

Banyak orang bermain pasir di pantai dan juga bermain di air (bukan berenang). Karena ombaknya cukup besar, cukup berbahaya untuk berenang. Lebih baik bermain pasir di tepi.

Yang lebih indah lagi adalah pemandangan Pantai Santolo saat matahari terbenam. Tak sedikit juga yang mengabadikan momen tersebut dengan mengambil foto siluet dengan latar belakang langit berwarna kuning dan jingga.

Ada juga mercusuar yang agak tinggi. Namun dari atas sini, pemandangan Pantai Santolo menjadi semakin indah jika dilihat dari atas.

2. Pulau Santolo

Anda juga bisa menyeberang ke pulau Santolo. Untuk penyeberangan ke Pulau Santolo harganya juga bervariasi mulai dari Rp 10.000. Namun Anda harus berhati-hati, karena terkadang sebelum sampai di pulau tersebut, Anda diajak untuk mengelilingi laut terlebih dahulu, dan begitu harganya turun, harganya bisa naik dua kali lipat.

Anda juga akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4.000 setibanya di Pulau Santolo. Pemandangan laut yang luar biasa indah menyambut Anda melewati pulau Santolo. Kalau foto di sini lalu diupload, lalu bilang tempat itu Bali, mungkin orang akan percaya. Karena pemandangannya sangat indah.

3. Kuliner dan oleh-oleh

Berkunjung ke tempat wisata tidak lengkap rasanya tanpa mencoba kulinernya. Di sini Anda juga bisa mencoba aneka seafood, harga standar untuk sebuah kawasan wisata. Menikmati sajian kuliner seafood dengan pemandangan laut yang indah akan semakin meninggalkan kesan yang menyenangkan.

Ada juga kios yang menjual berbagai suvenir lucu yang bisa Anda gunakan sebagai oleh-oleh sesampainya di rumah. Anda bisa menawar untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan Anda.

4. Perjalanan dengan kapal

Selama penyeberangan ke Pulau Santolo, pemandangan laut biru akan memanjakan mata Anda. Anda juga bisa berfoto saat berada di atas kapal untuk mengabadikan momen tersebut. Anda juga bisa menangkap ikan-ikan kecil di tepi laut.

Rute menuju pantai Santolo

gmaps/Irfan Muhammad Ramdan

Foto: gmaps/Irfan Muhammad Ramdan

Ada beberapa rute jalan yang bisa Anda gunakan untuk menuju Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat. Salah satunya melalui jalur pertama melalui terminal Garut dan terus ke Santolo.

Rute lainnya adalah melalui Cianjur – Cidaun – Rancabuaya – Santolo, dan rute terdekat bagi wisatawan dari Bandung adalah melalui Ranca Bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Wisatawan dari Bandung dapat mengambil jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan.

Disarankan untuk menggunakan sepeda motor untuk sampai ke pantai ini karena jalannya berkelok-kelok. Tapi sekali lagi, itu semua tergantung pada pilihan Anda.

Mitos dan larangan di pantai Santolo

gmaps/Nopik Purnawan

Foto: gmaps/Nopik Purnawan

Meski memiliki keindahan yang luar biasa, ada mitos yang berkembang di sekitar kawasan Pantai Santolo. FYI Santolo Beach berada di jalur yang sama dengan South Beach. Seperti diketahui masyarakat umum, Pantai Selatan dikenal dengan sosok mistis Nyi Roro Kidul.

Hal ini menimbulkan mitos bahwa wisatawan dilarang berenang di laut. Larangan tersebut biasanya berlaku dua minggu sebelum puasa dan juga setelah Idul Fitri. Karena menurut laporan, banyak wisatawan yang menjadi korban saat tersapu ombak Pantai Santolo.

Namun sampai saat ini mitos tersebut masih belum terbantahkan karena hal-hal yang berbau mistis. Tapi itu murni faktor alam dan kelalaian pribadi. Diketahui, ombak di Pantai Santolo cukup besar. Meski ada mitos yang belum terbukti kebenarannya, ada baiknya Anda meningkatkan kewaspadaan di Pantai Santolo.

fasilitas pantai santolo

Di Pantai Santolo terdapat banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Jika Anda datang dengan mobil sendiri, Anda tidak perlu khawatir tentang tempat parkir. Tempat parkir yang memadai tersedia di sini.

Kemudian ada juga toilet dan mushola untuk beribadah. Bagi anda yang tidak membawa bekal, juga banyak terdapat warung yang menjual makanan sebagai solusi perut anda. Kemudian, bagi Anda yang merasa ingin bepergian jauh dari Pantai Santolo, Anda bisa menyewa penginapan terlebih dahulu untuk beristirahat.

Di sekitar Pantai Santolo juga banyak terdapat penginapan yang disewakan dengan harga yang cukup terjangkau. Itu sekitar Rp 75.000 – Rp 500.000 per malam.

Demikian kumpulan informasi tentang Pantai Santolo. Sekali lagi, perlu diingat bahwa harga yang tercantum dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan Manajer.

Namun demikian, kami berharap hal ini dapat menjadi panduan bagi Anda untuk menentukan biaya liburan. Akhir kata, semoga artikel yang tidak lekang oleh waktu ini dapat bermanfaat bagi Anda dan Selamat Berlibur. (Tidak)

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button