Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Pasca pencabutan PPKM, Menparekraf: Kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat signifikan - WisataHits
Jawa Barat

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Pasca pencabutan PPKM, Menparekraf: Kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat signifikan

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia |  Pasca pencabutan PPKM, Menparekraf: Kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat signifikan

Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir membahas peningkatan kegiatan ekonomi dan pariwisata pasca pencabutan PPKM jelang rapat terbatas di Kantor Presiden di Jakarta, Senin (30/01/2023). (Foto: Humas Setkab/Agung)

Kegiatan ekonomi khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) meningkat tajam pasca pencabutan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir tahun 2022.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan pers bersama Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada Senin (30/01/2023) di Kantor Presiden, Jakarta. . usai mengikuti rapat terbatas untuk menggenjot kegiatan ekonomi dan pariwisata pasca pencabutan PPKM yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Aktifitas ekonomi khususnya pariwisata dan industri kreatif meningkat signifikan, dengan tingkat hunian kamar mencapai 80-90 persen di beberapa destinasi bahkan mencapai 100 persen untuk destinasi terpopuler Bandung, Yogyakarta, dan Bali,” kata Sandiaga.

Seiring pemulihan sektor pariwisata, pemerintah menargetkan peningkatan jumlah wisman pada 2023. Untuk membantu mencapai tujuan itu, Menparekaf mengatakan jumlah penerbangan internasional juga akan ditambah.

“Pak Presiden sebelumnya juga telah mengeluarkan instruksi untuk mempercepat pengembangan kawasan ekonomi khusus (kawasan ekonomi khusus) wisata guna menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Sandiaga, pemerintah juga memberikan kemudahan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan, mulai dari MICE (Pertemuan, insentif, kongres dan pameran), musik hingga olahraga, yang diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri.

“Ada juga deregulasi atau kemudahan implementasi acara yang diharapkan dapat memicu kegiatan MICE, serta kegiatan event berbasis musik, berbasis olah raga, yang diharapkan dapat mendongkrak terciptanya kunjungan wisman sebesar 7,4 juta di tutup dan pergerakan pariwisata nusantara dengan 1,4 miliar wisman, ” dia berkata.

Merujuk pada upaya pemenuhan target penciptaan lapangan kerja baru hingga 4,4 juta orang di sektor pariwisata dan industri kreatif pada 2024, Sandiaga mengatakan pihaknya memiliki sejumlah program unggulan, seperti penguatan usaha mikro, usaha kecil, dan menengah. UMKM), desa wisata dan desa kreatif.

“Tujuannya menciptakan lapangan kerja dengan beberapa program unggulan, seperti B. Pemberdayaan UMKM dan desa wisata dan kreatif, kami berharap dapat mencapai target 2024 menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas,” pungkasnya. (MEI/UN)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button