Pemkot Semarang akan membangun kembali Wonderia sebelumnya - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkot Semarang akan membangun kembali Wonderia sebelumnya

Pemkot Semarang berencana membangun kembali eks taman hiburan Wonderia di Jalan Sriwijaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan, eks taman hiburan Wonderia sedang dibangun kembali. Sementara itu, konsep pembangunan sedang disusun oleh Dinas Tata Ruang Kota Semarang (Distaru).

Iswar mengatakan beberapa artis di Kota Semarang juga mengajukan proposal pembangunan eks taman hiburan Wonderia.

“Para seniman dan budayawan mengusulkan agar Wonderia dibangun menjadi ruang publik dan diisi dengan masjid, gereja, dan fasilitas umum lainnya,” kata Iswar, Kamis (3 November).

Selain itu, Iswar mengatakan ada konsep lain yang bisa diterapkan di Wonderia. Misalnya, tempat parkir bus pariwisata. Pasalnya, Kota Semarang belum memiliki lahan parkir yang cukup untuk wisatawan.

“Karena yang menjadi masalah di Kota Semarang adalah ketersediaan lahan parkir untuk bus wisata,” jelasnya.

Iswar mengatakan, kedua konsep tersebut sedang dibahas kembali dengan berbagai pihak. Konsep tersebut ditawarkan kepada pihak ketiga untuk mengambil alih pembangunan bekas taman hiburan Wonderia. Namun, menurut Iswar, saat ini belum ada minat dari pihak ketiga. Karena di tengah-tengah bekas Wonderia ini terdapat sebuah makam.

“Ke depan kami akan lebih intensif berkoordinasi untuk pembangunan eks taman hiburan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Sih Rianung mengatakan eks taman hiburan tersebut harus dibangun karena potensinya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini sejalan dengan fakta bahwa Taman Singosari akan dimasukkan ke dalam Simpang Lima kedua pada tahun 2023 dan ditempatkan sebagai pusat kuliner alami di kawasan Jalan Singosari.

Rianung mengatakan DPU akan membangun jalan lingkar di Taman Singosari, termasuk membangun jalan dengan memblokir saluran air di depan eks taman hiburan Wonderia.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button