Pantai Cinta Takalar, wisata pantai yang bagus untuk bersantai menikmati matahari terbenam - WisataHits
wisatahits

Pantai Cinta Takalar, wisata pantai yang bagus untuk bersantai menikmati matahari terbenam

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Topejawa, Kec. Mangara Bombang, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pantai Cinta memang menjadi destinasi wisata bahari di Takalar yang bisa menjadi pilihan untuk liburan keluarga. Dengan hamparan pasir putih dan ombak yang tenang, pengunjung bisa bermain air dengan bebas. Kalaupun kadang air pasang tiba-tiba naik, garis pantai sepanjang 800 meter ini cukup lebar sehingga ada tempat untuk bermain dan nongkrong di sekitar pantai.

Pantai ini mulai dikembangkan oleh masyarakat sekitar yang tergabung dalam kelompok sadar wisata. Kementerian Pariwisata juga membantu memberikan saran. Pengembangan destinasi wisata ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tojawa, Takalar. Apalagi wisata pantai ini memiliki potensi wisata yang menjanjikan.

Salah satu cara untuk mengembangkan kawasan pesisir ini adalah dengan melengkapi berbagai fasilitas dan fasilitas bagi pengunjung. Adanya berbagai fasilitas akan membuat pengunjung semakin nyaman berada di kawasan pantai ini. Tak heran, perkembangan fasilitas dan sumber daya membuat Pantai Cinta kini banyak dikunjungi pengunjung untuk liburan keluarga.

Atraksi Pantai Cinta

Objek wisata yang dimiliki oleh Love BeachKredit Gambar: Instagram.com @irpan_hasbikhatami

Pantai yang menawan ini memiliki daya tarik yang menjadikannya sebagai objek wisata favorit bagi pengunjung. Semakin berkembangnya masyarakat sekitar, fasilitas dan amenitas yang ada menjadi salah satu faktor banyaknya pengunjung yang datang. Tak hanya itu, pemandangan alamnya juga layak untuk dilihat. Berikut adalah atraksi dari Pantai Cinta ini.

1. Gelombang pantai

Ombak di pantai ini sangat tenang, sehingga Anda bisa berenang dan bermain di air yang dangkal tanpa khawatir hanyut oleh ombak. Anak-anak juga bisa berenang dan bermain air di sekitar pantai. Karena ombak dan lautnya yang cukup aman, menjadi daya tarik bagi pengunjung sebagai pilihan liburan keluarga.

Meski ombaknya cenderung tenang, terkadang air laut bisa naik tiba-tiba dan airnya cukup dalam. Saat air pasang, pengunjung harus lebih berhati-hati dan waspada. Pengunjung tidak boleh terlalu banyak bermain di tengah, cukup di pinggir pantai saja. Meski tidak basah, air laut di tepian dan pasir halusnya tetap menjadi daya tarik tersendiri.

2. Tempat menarik

Pantai Cinta memiliki banyak spot menarik yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu spotnya adalah payung warna-warni yang digantung secara estetis agar terlihat cantik dan menarik. Tempat ini terlihat seperti Pantai Kuta di Pulau Dewata pada pandangan pertama. Oleh karena itu, pantai ini bisa menjadi alternatif liburan tanpa harus jauh-jauh ke Bali.

Tempat menarik lainnya adalah ayunan yang sangat bagus sebagai tempat untuk berfoto. Ayunan yang berada di dekat pantai memiliki bentuk khas pantai. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk merasakan duduk di ayunan ini dan berfoto. Jika tidak duduk di ayunan, pengunjung juga bisa duduk di kursi pantai dan beanbag yang tersedia.

Memang banyak juga deckchairs dan poufs di pantai untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Dengan warna cerah dan warna-warni, menarik pengunjung untuk datang ke kawasan ini. Karena banyaknya tempat menarik tersebut, Pantai Cinta memiliki pesona tersendiri.

3. Matahari terbenam

Wisata alam juga dimiliki selain situs buatan manusia. Matahari terbenam merupakan keindahan alam yang sangat ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Dari pantai ini, matahari dapat terlihat dengan sangat jelas di antara lautan. Sangat indah dengan langit berwarna merah jingga. Pengunjung biasanya datang pada sore hari untuk duduk dan bersantai sambil menunggu matahari terbenam.

Setelah matahari terbenam dan malam tiba, pantai akan mulai dihiasi dengan lampu-lampu yang membuat suasana menjadi romantis. Pengunjung tidak perlu buru-buru pulang karena pemandangan di malam hari tidak kalah indahnya. Ditambah dengan lampu dan suara deburan ombak yang membuat keindahan malam hari begitu sempurna.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Cinta

Alamat pantai cintaKredit gambar: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta tidak terlalu jauh dari Kabupaten Takalar di Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 15 kilometer. Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk melakukan perjalanan. Akses menuju lokasi pantai juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat, untuk menuju pantai ini.

Anda bisa mengambil jalan Jl Kapak Takalar – Jeneponto yang merupakan rute tercepat. Untuk perjalanan awal, Anda mengambil arah barat laut menuju Jl. Nuruddin Bontocinde. Kemudian belok kanan menuju Jl.Kapak Takalar – Jeneponto lalu belok kiri di jalan yang sama. Kemudian belok kanan sejauh 2,9 kilometer sebelum berbelok sedikit ke kanan menuju lokasi.

Pantai ini bisa menjadi destinasi wisata bahari untuk liburan keluarga. Untuk masuk ke destinasi wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 5.000 per orang.

Dengan biaya masuk yang sangat murah, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan berfoto di spot-spot menarik yang tersedia di area pantai.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Cinta

Aktivitas di Pantai CintaKredit gambar: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta merupakan destinasi wisata dengan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung. Berbagai fasilitas dan fasilitas yang memadai akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan dengan aktivitas yang seru. Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah sebagai berikut.

1. Permainan air

Ombaknya yang bersahabat memungkinkan pengunjung untuk bermain air dengan bebas. Kegiatan ini pasti menyenangkan untuk dilakukan di liburan Pantai Cinta Anda. Selain bermain air, Anda dan keluarga juga bisa berenang di perairan dangkal yang tidak jauh dari bibir pantai. Banyak pengunjung yang membawa keluarga dan anak-anaknya untuk bermain dan berenang di pantai ini.

2. Menikmati matahari terbenam

Menunggu matahari terbenam memang menjadi kegiatan yang sering dilakukan pengunjung. Anda juga bisa datang ke pantai indah ini pada sore hari dan duduk-duduk menikmati matahari terbenam. Cuaca yang cerah sehingga matahari yang terlihat jelas di langit jingga tidak akan membuat Anda menyesal menunggu dan menikmati sunset di pantai ini.

3. Bersantai

Tur ini menyediakan kursi pantai dan beanbag untuk Anda bersantai dan menikmati pemandangan. Plus, ada juga gazebo sehingga Anda dan keluarga bisa duduk bersama sambil menikmati suasana pantai. Di sekitar gazebo terdapat banyak pepohonan sehingga suasananya sejuk dan rindang.

4. Berburu Foto

Kegiatan ini sendiri tidak bisa dilewatkan karena tempat yang sudah disediakan. Spot foto favorit pengunjung adalah The Old Sunset cafe. Di kafe ini terdapat berbagai spot foto seperti jembatan gantung, ranting pohon yang tertata apik, dll. Jika Anda mengunjungi pantai Cinta, pastikan untuk mampir ke kafe ini.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di Pantai CintaKredit gambar: Booking.com

1. Resor Pantai Topejawa

Hostel ini adalah yang paling dekat dengan pantai. Kamar-kamar di resor ini sangat nyaman. Anda juga dapat melihat pantai dan gunung. Fasilitas yang disediakan resort ini juga cukup lengkap. Anda akan menghargai fasilitas parkir, kolam renang, tetapi juga akses ke pantai.

2. Resor BATIKITE

Hostel ini berjarak sekitar 32 kilometer dari pantai, atau sekitar 42 menit. Kamar hostel sangat nyaman dan juga ada kamar mandi dengan shower dan air bersih. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai, seperti parkir, kolam renang dan juga sangat dekat dengan pantai.

3. Guest House Punagaya

Hostel ini terletak di Jeneponto, cukup dekat dengan pantai. Jaraknya hanya sekitar 22 kilometer atau 28 menit. Dengan suasana yang nyaman, hostel ini juga dekat dengan tempat-tempat umum seperti masjid, warung makan dan toko serba ada. Fasilitasnya juga memadai, apalagi dengan adanya AC di setiap kamar.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Cinta Takalar

Fasilitas pantai cintaKredit gambar: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta memiliki fasilitas yang akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Didukung dengan fasilitas dan fasilitas yang memadai, pantai ini menjadi tempat favorit untuk dikunjungi untuk berlibur. Salah satu fasilitasnya adalah gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat berkumpul dan bersantai.

Ada juga spot foto yang menarik. Payung gantung yang estetis membuat tempat ini banyak dilirik pengunjung. Ada juga banyak beanbag dan kursi pantai, serta lampu hias untuk pengunjung yang ingin menikmati pantai di malam hari.

Pemerintah Kabupaten Takalar sendiri berencana membangun warung untuk menjual makanan khas takalar dan oleh-oleh. Kios-kios ini kemudian akan dikelola oleh kelompok sadar wisata. Pengembangan fasilitas seperti kios cedera mata memungkinkan pengunjung untuk berburu kenang-kenangan khusus selama kunjungan mereka.

Pantai Cinta di Takalar yang memiliki ikon payung cantik semakin menarik pengunjung. Oleh karena itu, pengembangan fasilitas juga diperlukan agar pengunjung lebih nyaman berada di kawasan pantai. Spot yang tersedia sangat cocok untuk spot foto, ombak yang tenang juga cocok untuk wisata keluarga untuk bisa bermain air dan berenang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button