Pantai Bosur, pantai indah dengan panorama alam yang indah di tengah kota Tapanuli - WisataHits
wisatahits

Pantai Bosur, pantai indah dengan panorama alam yang indah di tengah kota Tapanuli

Pantai Bosur, pantai indah dengan panorama alam yang indah di tengah kota Tapanuli

Pantai Bosur adalah nama lain dari Pantai Indah Pandan. Pesonanya sangat epik dengan berbagai fasilitas yang memadai. Sebelum berangkat, simak ulasannya terlebih dahulu!

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Diantaranya, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Indonesia merupakan negara bahari yang memiliki banyak pantai yang indah. Di tengah Tapanuli ada satu yang menjadi tujuan wisata unggulan, yaitu Pantai Bosur. Namanya bisa sangat aneh. Namun jangan salah, ternyata banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke sini.

Biasanya mereka menyerbu pantai pada hari libur dan akhir pekan. Memang di tengah tapanuli masih banyak tempat wisata yang bertemakan gunung, perbukitan, dll, namun pantai ini tetap menjadi idola.

Panorama alam yang disajikan dijamin tidak mengecewakan pengunjung. sebaliknya, mereka akan dimanjakan dengan suasana yang bermanfaat yang dapat menyegarkan semangat. Berikut ulasan lengkapnya!

Objek wisata pantai Bosur

Objek Wisata Pantai BosurKredit gambar: Google Maps usman riau

Jika seseorang sedang berlibur, tentu ingin bersantai dan mencari ketenangan. Sayangnya, tidak semua dari mereka dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Destinasi wisata alam yang banyak dipilih selain pegunungan adalah pantai karena dipercaya dapat meningkatkan mood dan semangat.

Mulai saat ini setiap pantai pasti memiliki daya tarik tersendiri yaitu singularitas atau keunikan tempat tersebut. Berikut beberapa tempat wisata di Bosur:

1. Simpan sejarah yang menarik

Ada fakta menarik, kenapa pada akhirnya pantai ini diberi nama Bosur. Bosur sendiri merupakan nama yang diambil dari gabungan nama bupati Tapanuli Tengah yaitu Bondara Situmeang dan wakilnya Sukran Tanjung.

Saat pilkada, nama mereka memang disingkat menjadi Bosur. Namun karena masa jabatannya sudah habis dan masyarakat setempat ingin memperbaikinya, maka nama tersebut dihapus dan diganti dengan Pantai Indah Pandan atau PIP.

Perubahan nama tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menanggapi aspirasi masyarakat setempat. Harapannya, pantai ini lebih dikenal luas dengan nama yang indah.

Jadi sebelum disebut Bosur dan berganti nama, pantai ini bernama Pantai Kahona dan akhirnya berganti nama pada tahun 2019.

2. Pantai Bosur mendapat perhatian khusus

Pantai Bosur atau PIP mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat setempat. Hal itu dibuktikan dengan antusiasme pergantian nama yang telah dipaparkan sebelumnya.

Pantai ini memang terbilang masih muda karena baru diresmikan sekitar tahun 2013. Seiring berjalannya waktu, pihak pengelola pariwisata terus melakukan pembenahan dan pemeliharaan fasilitas agar wisatawan dapat nyaman saat berada disini.

Kabar yang tersiar, pemerintah setempat siap merogoh kocek sekitar 12 miliar untuk membuat browser lebih sempurna. Beberapa fasilitas tambahan adalah taman bermain anak, perahu, jet ski, banana boat, food court dan masih banyak lagi.

Selain itu, juga telah dibangun masjid terapung, melengkapi deretan masjid lainnya seperti yang ada di pantai Losari, Makassar. Pemerintah juga membangun tanda besar “Saya Cinta Tapeng” di Bosur. Hal ini menguatkan bukti bahwa pantai menawan ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

3. Panorama alam yang indah

Pantai ini terkenal dengan panoramanya yang luar biasa. Namun, Pantai Bosur memiliki nilai plus. Pasir putih yang terbentang dari satu ujung ke ujung lainnya. Dan pantai ini dekat dengan rumah warga, sehingga di sepanjang garis pantai pengunjung akan melihat banyak warga yang beraktivitas sehari-hari.

Air lautnya sangat biru. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan awan dan air akan menyatu menjadi satu, sangat menyegarkan mata setiap orang yang melihatnya.

Meski pantai ini berganti nama, namun tidak menyurutkan niat wisatawan untuk mengunjunginya. Apalagi saat ini masih dilakukan renovasi yang membuat pantai ini semakin cocok untuk dikunjungi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Tiket Masuk Pantai BosurKredit Gambar: Kura-kura Bersayap Google Maps

Pantai Bosur, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terletak di Sumatera Utara. tepatnya di Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah. Tapak tersebut memang diapit oleh posisi-posisi terkoordinasi yang sangat strategis. Kawasan ini juga dikelilingi oleh beberapa pulau yang indah.

Contohnya Pulau Sarudik, Poncan, Mursala dan masih banyak lainnya. Tak heran jika pantai ini diberi nama Bali Sumatera Utara karena keindahannya dan banyaknya wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin mengunjunginya.

Nah, untuk menuju ke tempat ini, wisatawan harus mengarahkan kendaraannya ke desa Kalangan di kecamatan Pandan. Ada tiga jalur yang bisa ditempuh yaitu darat, udara dan laut:

1. Telepon rumah

Wisatawan dapat memulai perjalanannya saat berada di kawasan Tapanuli Utara. Arahkan kendaraan menuju Sibolga kemudian menuju Barus. Jalan terus hingga menemukan Jalan Ade Irma Suryani dan Jalan Sutoyo Siswomiharjo.

Lokasi pantai sangat dekat dengan jalan raya. Biasanya wisatawan memanfaatkan fitur Google Maps di ponselnya masing-masing, dan tentunya sangat mudah untuk dideteksi.

2. Jalan napas

Yang kedua adalah jalan napas. Wisatawan bisa singgah di Bandara Kuala Namu kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum hingga langsung tiba di sana.

3. Jalur laut

Yang ketiga adalah laut. Wisatawan harus terlebih dahulu tiba di Pelabuhan Belawan. Lanjutkan perjalanan ke Terminal Amplas dan naik bus menuju Terminal Tarutung. Bus akan membawa wisatawan melewati pintu masuk ke pantai.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga tiket masuk yang dikenakan saat tiba di lokasi ini adalah :

Informasi Harga
Tiket masuk Rp5.000
Parkir roda dua Rp3.000
Parkir untuk roda empat Rp5.000

Harga tiket di atas cukup murah jika dibandingkan dengan pemandangan indah yang Anda dapatkan. Ingatlah untuk menganggarkan ekstra untuk menikmati kuliner di sekitar pantai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Bosur

Aktivitas menarik di Pantai BosurKredit gambar: Google Maps Wendryk Pangaribuan

Setelah membaca ulasan di atas, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Bosur? Mempertimbangkan daya tariknya, itu luar biasa:

1. Bepergian dengan perahu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah berkeliling pulau menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola wisata. Wisatawan akan melihat Batu Gajah dan Batu Lubang yang terletak di dasar teluk.

2. Menikmati matahari terbenam

Sudah bukan rahasia lagi kalau pantai adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset. Begitu juga di sini pengunjung bisa melihat proses matahari terbenam yang indah.

Penampilan warna kuning keemasan dan oranye ditambah dengan udara segar benar-benar tidak boleh dilewatkan.

3. Bermain air dan berenang

Karena ombak di Pantai Bosur cukup landai, wisatawan diperbolehkan untuk berenang dan bermain air. Tapi selalu aman, terutama bagi yang mengajak anak-anak.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai BosurKredit gambar: Google Maps mel sagala

Pengelola pantai cantik ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Parkir luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat.
  • Ada gazebo untuk menikmati makanan dan bersantai.
  • Sarana sanitasi yang bersih dan memadai.
  • Ruang ganti.
  • Kursi santai di pantai.
  • Perjalanan olahraga air
  • Berbagai tempat kuliner seperti restoran dan warung makan sederhana.

Pantai Bosur memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi saat ini sudah banyak renovasi dan pemutakhiran yang dilakukan oleh pemerintah dan warga setempat agar pengunjung nyaman berwisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button