Menyambut Tahun Baru Islam di Wisata Pantai Lon Malang Alih-alih Memetik Laut - WisataHits
Jawa Timur

Menyambut Tahun Baru Islam di Wisata Pantai Lon Malang Alih-alih Memetik Laut

Spanduk 300250

Harianmerdekapost.com, Sampang Madura, Jawa TimurMenyambut perayaan tahun baru Islam, para nelayan di pesisir pantai kabupaten Sokobanah menggelar tradisi mancing laut pada Minggu (31 Juli 2022).

Pemkot bersama pengelola wisata Pantai Lon Malang menggelar acara mancing laut yang sangat meriah dengan berbagai macam makanan khas Madura seperti dekorasi perahu nelayan, serta tarian dan hiburan menarik yang disaksikan oleh pengunjung dari luar negeri.

Tradisi ini dipertahankan selama setahun sebagai rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas melimpahnya hasil laut para nelayan.

Memetik laut merupakan warisan leluhur dan bentuk rasa syukur masyarakat terhadap laut yang telah menjadi tempat mencari makan selama setahun. Setiap tahun nelayan setempat mengadakan acara petik laut tradisional.

Begitu pula dengan perayaan tradisional petik laut lainnya seperti Desa Tamberu Timur dan Tambru Agung Batu Marmar, namun mereka bekerjasama dengan Desa Bira Tengah dan bergerak ke tengah laut dengan menggunakan perahu. dan dilengkapi dengan alat musik khas Madura

Ketua panitia petik laut mengatakan, pihaknya merencanakan kegiatan ini kurang dari sebulan, mengingat hajatan petik laut di Bula Suro tidak hanya diadakan di Bira Tengah tetapi juga dihadiri oleh tetangga Dasa.” Katanya. ,

Ditambahkan ketua panitia, tradisi ini dilestarikan untuk memohon kepada Tuhan agar nelayan diberi keselamatan dan banyak makanan selama mereka bekerja di laut.

Camat Abdul dan Kapolsek Sokobanah Iptu Ivan Danara Octavian, S.Tr.K., SIK Kapolsek. Mereka yang turut hadir mengapresiasi kegiatan petik laut di Pantai Lon Malang dan persiapan panitia penyelenggara yang menggelar prosesi petik laut dengan sangat meriah.

Pantai Lon Malang, tempat memancing di laut, memiliki pemandangan pantai yang cukup bagus.

(HMP/Korwil Jatim)

Source: harianmerdekapost.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button