Pantai Bangka Emas Tikus, Pantai Unik Indah Dihiasi Pohon Cemara - WisataHits
wisatahits

Pantai Bangka Emas Tikus, Pantai Unik Indah Dihiasi Pohon Cemara

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket Pantai Tikus Emas satu dari tujuan pantai favorit di sungai tanah liat, Bangka. Pantai yang indah ini memilih hamparan pasir yang lembut, sebuah ikon patung tikus emas dan deretan pohon cemara yang rindang.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Paris Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tikus Emas merupakan salah satu tujuan wisata pantai di Pulau Bangka. Menawarkan pemandangan pantai yang indah dan asri, wisata ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat musim liburan akhir pekan atau bahkan saat perayaan malam tahun baru.

Perairan pantai ini berwarna biru sejuk. Tak hanya itu, pasir putih bersih yang menutupi hampir seluruh pantai rupanya menjadi daya tarik tersendiri di Golden Rat. Pemandangan seperti ini pasti akan menjadi kombinasi yang indah dan memukau jika dilihat dari ketinggian.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah kapan saja. Namun, untuk menghindari paparan terik matahari, lebih baik dinikmati pada sore hari sambil menunggu matahari terbenam. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang ada, seperti flying fox dan lainnya.

Daya Tarik Pantai Rat d’Or

Atraksi Pantai Tikus EmasKredit Gambar: Google Maps Suryanto tjan

Menghabiskan liburan di Pulau Bangka, tanpa mengunjungi wisata Pantai Emas Tikus, tentu terasa kurang lengkap. Sirkuit unik ini menjadi pilihan destinasi wisata keluarga menjelang datangnya perayaan akhir tahun. Untuk itu, pantai ini akan sangat cocok dijadikan sebagai daftar tunggu destinasi liburan keluarga Anda.

1. Patung Tikus Emas

Salah satu daya tariknya adalah terdapat patung tikus emas yang sengaja dibangun. Banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai spot foto karena dianggap cukup unik dan langka. Ada banyak cerita di balik penamaan tikus emas di pantai Pulau Bangka.

Beberapa sumber menyebut nama ini karena banyaknya penambang timah atau emas ilegal yang mendistribusikan hasil tambangnya tanpa izin. Cerita lain menyebutkan, pemberian nama ini karena kawasan ini dulunya banyak dihuni tikus, bahkan jika dilihat dari kejauhan, bentuk pantai ini hampir mirip tikus.

2. Pantai yang mudah diakses

Lokasi pantai ini berada di Pulau Bangka, tepatnya di kawasan Sungailiat. Dari Bandara Shoe Amir, kawasan ini berjarak hampir 47 kilometer. Saat anda berkunjung ke wisata pantai Bangka ini, anda akan melihat betapa indahnya Kabupaten Sungailiat. Dilihat dari pantai, kawasan ini akan sangat indah di malam hari.

Akses jalan yang sudah dalam kondisi sangat baik membuat para pengunjung berlomba-lomba untuk bisa mengunjungi pantai ini. Jalan dengan aspal mulus seperti ini membuat Tikus Emas sangat mudah dijangkau. Maka tak heran jika pantai ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat hari libur.

3. Pinus rindang

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan perairan pantai ini pada siang hari, namun takut panas, Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda tetap bisa menikmatinya tanpa kepanasan. Ada area di sekitar pantai yang ditumbuhi pohon pinus. Daerah ini akan sangat sejuk sekitar tengah hari.

Anda bisa menikmati keindahan pantai ini sambil berlindung di bawah hamparan pohon pinus yang tinggi. Tentunya akan sangat seru karena Anda tidak akan lagi merasakan panasnya matahari yang sudah berada di atas kepala Anda. Sambil berlindung, Anda bisa mengambil beberapa foto dengan hamparan pohon pinus sebagai latar belakangnya.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Tikus Emas

Alamat Pantai Tikus EmasKredit gambar: Google Maps Mamang Kito

Pantai Tikus Emas merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata bahari yang terdapat di Pulau Bangka. Lokasi tepatnya berada di Parit Padang, Kabupaten Sungailiat, dan termasuk dalam Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya hampir dekat atau mungkin berdekatan dengan pantai lain di Bangka, yaitu Pantai Tanjung Pesona.

Bagi Anda yang ingin berlibur atau sekedar berkunjung ke pantai ini, ada berbagai rute yang bisa Anda tempuh. Namun ada jalur umum yang biasanya ditempuh oleh pengunjung yang berwisata dan berkunjung ke pantai ini, yaitu jalur dan keberangkatan dari kota Pangkal Pinang.

Sesampainya di Kota Pangkal Pinang, Anda harus melanjutkan perjalanan ke Jalan Lingkar Timur. Dari Pangkal Pinang menuju Lingkar Timur diperkirakan memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan. Waktu ini dapat berubah jika ada kepadatan kendaraan di sepanjang jalan menuju lokasi pantai.

Nanti anda akan sampai di pantai Tanjung Pesona setelah melakukan perjalanan. Dari Tanjung Pesona, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke pintu masuk pantai. Waktu tempuh ini tergolong singkat karena jalan beraspal dan mulus dengan kondisi sangat baik.

Harga Tiket Masuk Golden Rat Tour

Harga Tiket Masuk Golden Rat TourKredit Gambar: Google Maps Muhammad Haidir Haidir

Tidak jauh berbeda dengan wisata pantai pada umumnya, Pantai Tikus Emas juga mengenakan biaya masuk atau tiket masuk untuk setiap pengunjungnya. Biaya tersebut tentunya akan digunakan untuk memperbaiki berbagai fasilitas yang ada agar dapat terus menarik pengunjung yang datang ke pantai.

Anda tidak perlu takut dengan biaya masuk yang mahal dan sulit dijangkau. Pengelola pantai mengenakan biaya sebesar Rp5.000 untuk seorang turis. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi tentunya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Tikus Emas

Aktivitas seru di Pantai Tikus EmasKredit gambar: Google Maps Yon Mansyah

1. Mengunjungi Vihara Puri Agung

Saat berlibur di pantai ini, mengunjungi Vihara Puri Agung merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Bangunan candi yang bagus dan indah membuatnya banyak diburu dan dijadikan sebagai spot foto. Menariknya, saat Anda memasuki area vihara, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk atau gratis.

2. Berkuda

Sambil menikmati pemandangan alam laut, Anda bisa menikmatinya dengan menunggang kuda. Ada tempat persewaan kuda yang bisa Anda coba bersama keluarga. Cukup merogoh kocek Rp 10.000,- per kuda, Anda sudah bisa jalan-jalan dan bersantai di pinggir pantai sambil menunggangi kuda.

3. Memancing di spot terbaik

Ada beberapa spot mancing yang sengaja disediakan oleh pengelola pantai. Bagi Anda yang menyukai kegiatan memancing, tentunya juga bisa melakukannya di sini. Anda pasti akan dengan mudah menemukan berbagai jenis ikan air asin di Tikus Emas. Anda dapat membawa pulang pancing atau memakannya segera setelah dimasak.

4. Mainkan sepeda gunung

Aktivitas Seru di Pantai Tikus EmasKredit gambar: Google Mapsvanscaknun#

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah bermain sepeda gunung. Game ini akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai tantangan. Anda dapat melakukan ini dengan teman dan kerabat. Tidak ada harga pasti yang tertera terkait harga sewa sepeda gunung. Namun, perkiraan harga sewa ATV ini mencapai puluhan ribu rupiah.

5. Naik jet ski

Selain bermain sepeda gunung, petugas wisata pantai juga menawarkan persewaan jet ski. Dengan harga sekitar Rp 200.000,- per 15 menit, Anda akan merasakan sensasi ombak pantai ini. Ini akan menjadi kegiatan menyenangkan yang tidak akan mudah dilupakan. Jangan lupa untuk berfoto selfie sambil bermain Jet Ski.

6. Berjemur dan bermain air

Meski sedang berlibur, Anda juga perlu menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, jangan lupa berjemur saat liburan di wisata tepi laut. Bermain air di benih pantai ini, juga akan menjadi kegiatan yang sangat seru dan mendebarkan. Agar kulit tidak terbakar, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dan tabir surya saat liburan ke pantai.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Airy Premier Laut Kampung Pasir BangkaKredit gambar: Twitter udara indonesia

1. Airy Premier Laut Kampung Pasir Bangka

Rekomendasi hostel yang terletak di sekitar pantai Tikus Emas ini sangat cocok sebagai tempat menginap bagi keluarga. Hal ini dikarenakan tersedianya fasilitas private booking khusus. Ini akan menambah keseruan liburan keluarga Anda.

2. Resor dan Spa Pantai Tanjung Pesona

Menyediakan kamar yang bersih dengan pemandangan pantai yang indah, Tanjung Pesona Beach Resort merupakan salah satu hostel di sekitar pantai yang mendapat rating tinggi. Berikan layanan yang ramah, buat masa inap nyaman.

3. Homestay Charsy

Fasilitas yang paling menarik di Rumah Charsy Homestay adalah adanya fasilitas memasak di dalam kamar. Selain itu, hostel ini menawarkan kamar-kamar ber-AC. Charsy Homestay sangat ramah anak karena fasilitas bermain anak.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tikus Emas Bangka

Fasilitas Pantai Tikus Emas BangkaKredit gambar: Google Maps Rina Rahmawati

Karena semakin banyaknya pengunjung yang datang ke Pantai Tikus Emas, pengelola pantai menambah fasilitas yang ada. Fasilitas ini, tempat parkir baru yang lain cukup luas, kamar mandi bersih dan nyaman. Selain itu, ada juga tempat ibadah yang ditata sedemikian rupa.

Tidak hanya itu, pengelola pantai juga menyediakan kursi pantai yang berjejer rapi di pinggir laut, fasilitas ini tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi setiap pengunjung yang datang ke pantai ini. Oleh karena itu pengelola berharap pantai ini akan lebih banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Tikus Emas yang bisa Anda jadikan referensi sebelum mengunjungi wisata pantai ini. Pantai ini sangat cocok sebagai tujuan liburan keluarga. Ingatlah untuk mengabadikan setiap momen saat menghabiskan liburan Anda di pantai populer di Bangka.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button