Pameran foto di Vredeburg Jogja, presentasi Obyek Wisata Tersembunyi DIY-Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Pameran foto di Vredeburg Jogja, presentasi Obyek Wisata Tersembunyi DIY-Jawa Tengah

jogja

Pameran foto berlangsung di kompleks museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta. Para pemeran memperkenalkan tempat wisata tersembunyi DIY-Jawa Tengah.

Kurator pameran, Ismar Patrizki menjelaskan, ada dua pameran dari 23 Desember hingga 1 Januari 2023. Pameran diselenggarakan oleh Badan Otorita Borobudur (BOB), Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) dan Wartawan Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta.

“Ada sekitar 200 foto yang dipajang. Rinciannya 80 foto dari Antara dan 120 foto dari pameran Jawimanijinasi BOB (dan PFI Jogja),” kata Ismar saat ditemui di Museum Benteng Vredeburg, Jogja, Jumat (23/12/2022).

Pameran pertama dari GFJA dengan tema “Naik Menuju Endemik”, menghadirkan berbagai foto transisi dari pandemi ke endemik. Foto-foto yang menunjukkan prestasi pemerintah dalam memerangi endemik.

“Melanjutkan BOB memanipulasi citra negara Jawa, ada foto-foto wisata budaya di wilayah kerja BOB,” ujarnya.

Suasana pameran foto di Museum Benteng Vredeburg, Jogja, Jumat (23/12/2022).Suasana pameran foto di Museum Benteng Vredeburg, Jogja, Jumat (23/12/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Pameran ini, kata Ismar, bertujuan untuk menampilkan tempat-tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah yang mulai berkembang pascapandemi.

“Yang ingin kami sampaikan dengan pameran ini adalah kita terbebas dari pandemi, tempat wisata bangkit kembali dan aktivitas masyarakat menuju endemik,” ujarnya.

Soal kurasi foto, Ismar mengaku kesulitan. Namun akhirnya Ismar menemukan benang merah yang menghubungkan kedua pameran tersebut.

“Kesulitannya adalah menyatukan dua pameran menjadi satu. Menghubungkan benang, cerita, gambaran besar,” ujarnya.

Sementara itu, Marketing Director BOB Tourism Agus Rochiyardi mengatakan, pameran ini merupakan kerjasama pertama BOB.

“Kegiatan ini bertajuk Rise to Endemic with Jawimanijinasi. Itu menggambarkan foto-foto tempat wisata di sekitar tiga destinasi pariwisata nasional, Jogja-Borobudur dan sekitarnya, Solo-Sangiran dan sekitarnya, Semarang-Karimunjawa dan sekitarnya,” ujarnya.

Suasana pameran foto di Museum Benteng Vredeburg, Jogja, Jumat (23/12/2022).Suasana pameran foto di Museum Benteng Vredeburg, Jogja, Jumat (23/12/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya….

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button